ETAX-40002: Error di service – Tidak dapat melakukan koneksi dengan service

 

ETAX-40002 Error di service

Saat ini pesan error seperti diatas mulai booming. Kenapa bisa?

Error tersebut berarti bahwa aplikasi efaktur tidak berhasil melakukan koneksi dengan sistem DJP karena ada “masalah” pada file sertifikat digital yang digunakan. Jika berbicara tentang “masalah” yang berhubungan dengan file sertifikat digital, maka sederhananya bersumber pada dua poin. Poin pertama yaitu file sertifikat digital corrupt dan poin kedua yaitu file sertifikat digital telah expired. Saat ini masalah pada poin kedua lah yang sering muncul.

Kita akan membahas dari poin pertama. File sertifikat digital yang kita simpan di komputer dapat saja “rusak” atau corrupt saat komputer terinveksi virus. Hal seperti ini sebenarnya wajar-wajar saja apalagi jika pengguna kurang menjaga komputer dari ancaman virus. Solusi dari kondisi ini pun juga sebenarnya sederhana. Pengguna cukup dengan men-download file sertifkat digital kembali pada web efaktur.pajak.go.id pada menu Download Sertifikat Digital. Proses ini dapat disebut dengan istilah memperbaharui file sertifikat digital yang terpasang pada aplikasi.

Saat melakukan download, pengguna perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pada beberapa komputer, preview dalam menu Download Sertifikat Digital tidak dapat memperlihatkan tampilan yang penuh, seperti pada gambar berikut:
    efaktur error
  2. Tampilan pada gambar tersebut tidak memperlihatkan seluruh bagian. Tampak pada bagian bawah tampilan terpotong, namun saat di-scroll ke bawah tetap tidak bisa menampilkan bagian tersebut. Keberadaan bagian bawah ini menjadi penting karena disana terdapat tombol “OK” yang harus diklik untuk melanjutkan proses download. Sepertinya memang pada menu ini ada masalah pada tampilan resolusinya.
  3. Untuk bisa menemukan tombol “OK” yang dimaksud silahkan tekan tombol Ctrl dan – (tanda minus) pada keyboard secara bersamaan atau dapat juga dengan menekan tombol Ctrl dan scrolldown pada mouse. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengecilkan tampilan pada browser. Setelahnya perhatikan tombol “OK” pada bagian bawah seperti pada gambar berikut:
    efaktur error
  4. Klik tombol “OK”, kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:
    efaktur_error_d
  5. Lanjutkan denan klik tombol “Unduh” dan perhatikan proses download yang akan berjalan. Silahkan perhatikan juga masa berlaku Sertifikat Digital yang muncul (penjelasan lanjutan tentang masa berlaku ada di poin berikutnya).
  6. Selanjutnya cek direktori penyimpanan file sertifikat yang baru saja didownload.
  7. Jalankan aplikasi efaktur dan buka menu Referensi kemudian pilih Administrasi Sertifikat, seperti pada gambar berikut:
    efaktur_error_g
  8. Klik Open dan arahkan pada direktori tempat file Sertifikat Digital disimpan, pilih file tersebut kemudian isikan Passphrase pada tampilan yang selanjutnya muncul. Jika penulisan Passphrase keliru maka akan muncul tampilan warning, namun jika benar akan ditemui tampilan berhasil. Perlu diperhatikan bahwa Passphrase ini dibuat sendiri oleh Pengurus saat mengajukan permohonan Sertifikat Digital, baik permohonan awal ataupun permohonan perpanjangan. Penjelasan tentang proses permohonan dan bagaimana melihat Passphrase jika lupa ada pada pembahasan sebelumnya, atau silahkan klik link berikut https://pajak.efaktur.id/2016/07/15/sertifikat-digital-dan-passphrase/.
  9. Jika telah berhasil silahkan dapat mencoba melakukan Start Uploader kembali.

Poin kedua yang menyebabkan error etax-40002 adalah masa berlaku file sertifikat yang telah habis. Perlu diketahui bahwasannya file sertifikat digital memiliki masa berlaku 2 (dua) tahun sejak diajukan pertama kali. Masa berlaku ini juga dapat diketahui sebagaimana gambar pada huruf d diatas. Ini berarti bawha tiap dua tahun PKP harus melakukan permohonan perpanjangan sertifikat. Jika sebagian besar pengguna efaktur pertama kali mengajukan permohonan pada pertengahan tahun 2015, maka saat ini sudah sampai pada jangka waktu 2 tahun.

Pada tiap proses tersebut, baik permohonan awal ataupun perpanjangan, sejatinya adalah mengulangi proses yang sama persis, baik dari segi dokumen yang diperlukan sampai pada pengurus yang harus hadir langsung menyampaikan permohonan.

Dasar hukum masa berlaku file Sertifikat Digital adalah sebagimana yang tertuang pada Pasal 6 Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-28/PJ/2015.

Pasal 6 Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-28/PJ/2015

Formulir dan daftar dokumen yang dilampirkan untuk permohonan Sertifikat Digital dapat diunduh pada link berikut Formulir Permohonan Sertifikat Digital.

Setelah pengguna memperpanjang masa berlaku file Sertifikat Digital, maka file tersebut harus digunakan atau dimasukan pada aplikasi efaktur. Cara melakukannya dapat dengan mengikuti petunjuk poin-poin diatas yaitu dari poin a sampai poin i.

Untuk pengguna yang akan mengakses permintaan jatah NSFP melalui web efakur.pajak.go.id juga perlu memperbaharui/impor ulang file sertifikat yang baru ke dalam browser yang digunakan, berikut petunjuknya Manual Penggunaan File Sertifikat Elektronik.

 

Cek Masa Berlaku Sertifikat Elektronik eFaktur

 

Author: @infoefaktur

Artikel ditulis oleh @infoefaktur

18 thoughts on “ETAX-40002: Error di service – Tidak dapat melakukan koneksi dengan service

  1. Dear Admin…
    saya mau tanya, bulan juli saya membuat faktur keluaran insentive distributor 9juta lebih, harusnya 10 lebih, nah saya sudah bikin faktur pengganti. yang jadi masalahnya.bagaimana cara membuat pembetulan spt masa juli.

  2. Dear Admin!
    Bagaimana cara pembagian nomor efaktur pada 3 user perekam faktur pajak? apa semua user masing2 merekam Referensi nomor faktur yang akan dipake, atau bagaimana. mohon penjelasannya

  3. Dear Admin,
    Saya mau tanya untuk mengurus sertifikat yang telah habis berapa lama ya? Tata cara mengurusnya bagaimana?

    Terimakasih

  4. ETAX-40006: Error Update
    tidak dapat mengambil file download.
    Ini Bagaimana mengatasinya? dan kenapa efaktur saya?
    Padahal saya sudah inpput sertifikat Elektronik yg terbaru ke administrasi sertifikat secara manual tidak dikoneksikan ke internet/Wifi.

    1. TETAP TIDAK BISA DI DOWNLOAD..?? dengan cara yg bpk kasih tsb? semua sudah saya lakukan. Termasuk Sertifikat Elektronik yg baru secara Offline ke efaktur saya??
      Tampila di layar monitor kami di efaktur ; ETAX-40006 (BUKAN etax-40002)
      tertulis : Error Update (bukan Error di Service)??
      tidak dapat mengambil file download??
      Bagaimana cara mengatasi problem ini??

  5. ETAX-40006: Error Update
    tidak dapat mengambil file download.
    Ini Bagaimana mengatasinya? dan kenapa masalahnya efaktur saya?
    Padahal saya sudah inpput sertifikat Elektronik yg terbaru ke administrasi sertifikat tapi secara manual tidak dikoneksikan ke internet/Wifi.? karena kalau pakai wifi ada tulisan tsb diatas tidak bisa di klik apapun, jika di klik OK langsung hilang semua..

    1. Jika proses pengajuan harus ke KPP, tapi kalau pengajuannya sudah disetujui maka file sertifikat bisa didownload di web enofa

  6. Selamat siang
    apakah saat ini sistem pajak sedang ada gangguan, sy sedang buat pajak keluaran dari pagi, tp status reject truss, sdh coba upload ulang keteranganya ETAXSERVICE-40008 : service error, lakukan upload ulang, could not send massage

    1. Saat ini sistem sudah pulih, silahkan coba lagi. Sabtu minggu ada beberapa laporan senada, sepertinya ada problem akses ke server DJP.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *