Update eFaktur versi 2.0

Untuk Update versi terbaru (versi 2.2) dapat diakses disini

 

Update eFaktur desktop versi 2.2

 


 

Update eFaktur versi 2.0

Langkah-langkah untuk update efaktur dari versi 1.0.0.46 menjadi versi 2.0

  1. Update versi aplikasi bisa dilakukan dengan dua cara, cara pertama jalankan autoupdate dan cara kedua update secara manual
  2. Cara autoupdate adalah cara yang paling simple dan lebih baik untuk coba dijalankan lebih dulu, jika gagal baru lakukan update manual
  3. Autoupdate dijalankan dengan cara membuka aplikasi efaktur seperti biasa, atau menjalankan file etaxinvoice lalu tunggu proses update
  4. Langkah no. 3 akan berhasil jika sebelum menjalankan file etaxinvoice komputer sudah terkoneksi internet dengan baik, cek juga proxy jika ada
  5. Langkah autoupdate ini biasanya hanya memerlukan waktu 4 menit, tapi tetap tergantung juga dengan koneksi internet yang digunakan dan faktor lainnya
    update efaktur 2.0
  6. Untuk lebih aman coba hindari jam-jam sibuk untuk menjalankan autoupdate
  7. Saat autoupdate berhasil maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut
    update efaktur 2.0
  8. Dalam hal gagal autoupdate silahkan jalankan proses update secara manual, caranya dilanjutkan dengan point dibawah
  9. Download file aplikasi efaktur versi 2.0 di web enofa atau bis juga di link http://barcodefaktur.com/efaktur2/ , dan download disesuaikan dengan spesifikasi komputer
  10. Ekstrak file tersebut sampai berbentuk file folder aplikasi efaktur, direktori penyimpanan bebas bisa dimana saja
  11. Ambil folder DB dari aplikasi efaktur yang lama (versi 1.0.0.46) bisa dicopy, lalu paste di dalam folder aplikasi efaktur yang baru
  12. Setelahnya, di dalam folder aplikasi efaktur yang baru silahkan jalankan file “etaxinvoiceupd.exe” untuk mengupgrade versi file DB
  13. Pastikan koneksi internet telah tersedia dan dalam kondisi yang stabil, tunggu proses loading 3-4 menit
    update efaktur 2.0
  14. Setelah proses selesai tidak akan ditemui notifikasi berhasil, hanya preview proses loadingnya saja yang akan hilang
  15. Coba untuk menjalankan etaxinvoice atau membuka aplikasi efaktur seperti biasa (pastikan di file folder yang baru – versi 2.0)
  16. Jika saat membuka aplikasi ada warning yang isinya perbedaan antara versi aplikasi dan versi DB maka proses update yang dilakukan tadi belum berhasil
  17. Jika ada warning versi DB masih versi 1.0.0.46 ulangi langkah nomor 11 dan seterusnya

Semoga berhasil 🙂

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
626 Comments
terdahulu
terbaru voting terbanyak
Inline Feedbacks
View all comments
frendy
frendy
4 years ago

tidak bisa membuka halaman terakhir dari setiap menu seperti faktur keluar, referensi barang dan jasa. apakah memang seperti ini?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  frendy

Kami menerima beberapa keluhan yang mirip. Sementara ini silahkan manfaatkan filter terlebih dahulu untuk pencarian.

Iwan
Iwan
4 years ago
Reply to  admin

Setelah di update tidak bisa cetak pdf pada pc client

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Iwan

Silahkan daftarkan sertifikat elektronik di computer client.

ahmad
ahmad
4 years ago
Reply to  admin

maksudnya gimana dan caranya bagaimana yach ? tolong di share prosesnya karena kondisi yang di alami, pc client baik yang di pusat maupun di cabang tidak bisa save pdf

admin
Admin
4 years ago
Reply to  ahmad

Pak Ahmad,
Coba ikuti thread ini :
http://goo.gl/HgSqti
Terutama dihalaman 3.

Hasil copy paste:
dear rekan yang masih belum bisa create pdf di client, mau sharing, kebetulan kita baru berhasil setelah sebelumnya gagal create pdf di client (hanya bisa di server).

1. copy db server ke client, agar di client bisa login dengan user super admin
2. login di client dengan user super admin, agar menu administrasi sertifikat keluar
3. masuk ke menu administrasi sertifikat, kemudian upload ulang utk sertifikatnya
4. keluar, baru coba login ulang dengan user biasa (perekam)
5. baru bisa cetak pdf, ada warning sih, tapi di OK in aja.

skrg sih udah lancar utk create pdf nya. semoga berhasil.
credit:radzimierz

Muhsin
Muhsin
4 years ago
Reply to  frendy

halamannya diketik manual dulu mas, jangan dulu pakai tab next, kalo sudah pernah terbuka baru selanjutnya pakai tab next atau pakai tanda panah atau apalah namanya itu 🙂

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Muhsin

Terima kasih Pak Muhsin

EKO
EKO
4 years ago
Reply to  frendy

KLIK “HITUNG TOTAL RECORD” DULU..

Filqi
Filqi
4 years ago
Reply to  EKO

TERIMAKASIH PAK EKO COMMENT ANDA SANGAT MEMBANTU SAYA,SEKALI LAGI TERIMAKASIH

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Filqi

Terima kasih sudah up, selamat beraktivitas.

priska
priska
4 years ago
Reply to  admin

Min, saya uda update ke versi 2 beberapa waktu lalu dan tidak ada masalah. jadi faktur keluaran muncul sampai tanggal 1 november. begitu input yang tanggal 2, tiba-tiba tidak mau muncul hasilnya. padahal sudah terecord. jumlah FK nya juga sudah bertambah. saya sudah refresh berulang2 & sudah copy balik database juga untuk input ulang, tetap tidak bisa muncul. bagaimana ya solusinya? terima kasih

admin
Admin
4 years ago
Reply to  priska

Input ini manual atau impor? Apakah ada notif gagal simpan atau gagal impor? Coba juga cari data faktur menggunakan menu filter

admin
Admin
4 years ago
Reply to  EKO

Terima kasih Pak Eko telah berbagi

Nofiyanti
Nofiyanti
4 years ago

min, Setelah update koq ga bisa upload faktur yah??

Infonya di situ anda harus terkoneksi internet.. Padahal ada koq koneksi internetnya.. Dicoba buka email atau google bisa…

Mohon infonya… Tq.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Nofiyanti

Bu, dicoba lagi. Biasanya terjadi karena koneksi full ke server DJP.

jemi doasi
jemi doasi
4 years ago

Pak saya mo tanya kita bisa buka server baru cuma mo apload loading mohon infonya,,,???

admin
Admin
4 years ago
Reply to  jemi doasi

Beberapa saat kedepan sepertinya akan kesulitan upload karena server DJP sedang penuh trafiknya. Silahkan dicoba beberapa kali, upayakan di jam-jam tidak sibuk.

nety sunarty
nety sunarty
4 years ago

saya sudah bisa update, bisa buka e faktur versi 2, tapi halamannya ga mau pindah ya di posisi halaman 1 terus,kenapa ya ?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  nety sunarty

Kami menerima beberapa keluhan yang mirip. Sementara ini silahkan manfaatkan filter terlebih dahulu untuk pencarian.

Deli Ratnasari
Deli Ratnasari
4 years ago
Reply to  admin

min, saya juga mengalami masalah yang sama,

sudah pakai filter tetap tidak muncul,
bagaimana ya?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Deli Ratnasari

Bisa di screenshot? Screenshotnya coba kirim via facebook/twitter @efaktur atau bisa juga email ke support @barcodefaktur.com

Fadli M Abbas Ali
Fadli M Abbas Ali
4 years ago
Reply to  Deli Ratnasari

ubah yg di bawah kiri yg d bwh total record, dlm kotak isi saja dengan angka 1000 atau 10000.. maka akan terlihat semuanya. tks. 🙂 #fad

admin
Admin
4 years ago

Terima kasih Pak Fadli 🙂

Tris
Tris
4 years ago

Min mau tanya kenapa update otomatis efaktur saya tidak berjalan ??
padahal komputer sudah terkoneksi dengan internet…
Mau Update secara manual takut database sebelumnya hilang semua, bagaimana solusinya min… thanks.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Tris

Silahkan diikuti langkah-langkah yang di artikel ini. Tidak perlu khawatir, yang terpenting sebelum-nya backup dulu folder eFaktur Anda. Jadi jika terjadi apa-apa yang tidak diinginkan, Anda masih memiliki file backupnya. Jika Anda tetap menginginkan update otomatis, silahkan dilakukan di jam-jam yang tidak terlalu padat. Misalnya pagi atau malam hari pada saat tidak ada antrian di server DJP.

Ari
Ari
4 years ago

Min kok saya gak bisa update.
pas login local data base disuruh masukin nomor npwp sertifikat dan kode aktivasi.
pas regristasi kok gak bisa ya?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Ari

Coba di cek kembali langkah-langkahnya, sepertinya ada yang terlewat.

Bety
4 years ago
Reply to  admin

Admin ini saya mengalami sama spt Mas Ari. Sdh berkali2 mskin NPWP, sertifikat & Kode aktifasi tp tetap sll blg registrasi nul. Kode Aktifasi itu yg mana sebenarnya. sdh sy cb semua tetap g bs.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Bety

Apakah ini terjadi saat mengisi data sewaktu register etax? Sebelumnya, apakah sudah pernah menjalankan efaktur? Ataukah baru pertama kalinya?

Bety
4 years ago
Reply to  admin

Admin ini sdh bs msk aplikasinya. Sy jg sdh copy DB di folder efaktur yg baru. Tp saat copy apakah DB yg di folder baru itu akan terreplace sm db yg kt pindahkan itu. Krn sll muncul mau copy atau mau replace? Apa yg harus dipilih? Wktu itu sy pakai replace. & sekarang di data efakturnya semua kosong. Mohon penjelasannya. Btw kami pakai efaktur semenjak efaktur realese dr pajak.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Bety

Seharusnya jika menggunakan update manual, tidak ada folder db yang di replace, jadi seharusnya tidak ada pesan akan tereplace. Coba deh diulangi lagi.

dessy arienda
dessy arienda
4 years ago

pak ada beberapa pertanyaan yang mau saya ajukan

1. bagaimana cara melihat status database sudah terganti ke versi baru??

2. jika saat mengupload pajak masukan yang keluar adalah etax -40001 padahal koneksi internet lancar??

mohon bantuannya . terimakasih

admin
Admin
4 years ago
Reply to  dessy arienda

1. Database dapat di jalankan di versi aplikasi baru

2. Saat ini Server DJP sedang penuh trafiknya, silahkan dicoba kembali.

Doni
Doni
4 years ago
Reply to  admin

Sy sudah mencoba dari kemarin sore sampai skg masi etax 40001 padahal koneksi ok.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Doni

Hari ini bagaimana Pak?

neko
4 years ago
Reply to  admin

untuk error 40001, coba di download lagi sertifikat digital elektroniknya. dikarenakan untuk versi pajak 2.0 yang baru ini tidak mengenal sertifikat digital elektronik di versi sebelumnya.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  neko

Terima kasih Pak Neko untuk informasinya. Selamat beraktivitas.

Rama
Rama
4 years ago

Data administrasi faktur kenapa hilang ya?cuma bisa muncul tahun 2015 saja

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Rama

Bisa jadi data DB dari tempat yang lama ada masalah. Atau kemungkinan tidak mengcopy database dari aplikasi efaktur yang benar. Ada beberapa kasus di PC user ada lebih dari 1 aplikasi efaktur. Coba pastikan kembali DB yang di copy adalah DB yang digunakan terakhir kali.

Angga
Angga
4 years ago
Reply to  admin

mimin..saya mengalami hal yang sama juga nih..dah cb kopi sertifikate segala tapi masih saja belum bisa ke upload data 2017nya..mohon petunjuk lanjutannya dunk min

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Angga

Errornya bisa di informasikan?

Angga
Angga
4 years ago
Reply to  admin

Errornya, data yg ada cm keupload 2016, saya hanya menggunakan 1 pc saja dan file db adalah yg paling update

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Angga

Pak Angga, coba gunakan filter atau klik hitung total record terlebih dahulu.

Anti
Anti
4 years ago
Reply to  Rama

sama … data kami juga hilang.. yg ada cuma tahun 2015

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Anti

Apakah bisa dicek kembali langkah-langkah updatenya?
Pastikan data yang dicopy yang terakhir dan benar. Kemudian cek juga filter-filter yang digunakan di administrasi faktur.

muslih
muslih
4 years ago

ini aplikasinya beneran ngga? soalnya bukan dari situs resmi. situs resminya di https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi

admin
Admin
4 years ago
Reply to  muslih

Aplikasinya kami mirror dari DJP. Karena DJP sulit diakses.

muslih
muslih
4 years ago
Reply to  admin
admin
Admin
4 years ago
Reply to  muslih

Terima kasih infonya. Selama bisa di download dari DJP silahkan dilakukan. Tetapi sampai saat ini download masih sulit direct ke DJP, jadi kami melakukan mirror dari DJP. Semoga bermanfaat.

muslih
muslih
4 years ago
Reply to  admin

Oke min, sangat bermanfaat

MAYA
4 years ago

Min tanya, saya sudah mengikuti langkah-langkahnya yang pake manual, trakhir kok minta Register Etax Invoice ?…
kan kita sudah register hasilnya jd erorr ETAX 40005

TRIMS

admin
Admin
4 years ago
Reply to  MAYA

Ini ada langkah yang terlewat atau belum tepat. Sepertinya belum copy folder DB yang lama ke tempat baru, jadimya muncul register etax lagi.

Franky
Franky
4 years ago
Reply to  admin

saya sudah copy folder DB ke tempat baru, tapi tetap minta Register Etax Invoice…
hasilny error Etax 40005

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Franky

Pak Franky, etax 40005 sepertinya error karena Anda reset aplikasi.

ronny
ronny
4 years ago

kalau MAC gimana yaa

admin
Admin
4 years ago
Reply to  ronny

MAC jika update manual, pilih yang versi MAC untuk di download.

Ari Joe
Ari Joe
4 years ago

Dear Admin,
Saya gagal membuat PDF ..apa yang salah ya ? Tks

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Ari Joe

Di PC client coba setting ulang file sertifikat digitalnya dulu, bisa menggunakan user login super admin untuk settingnya saja lalu nanti dikembalikan ke user yang biasa

Ari Joe
Ari Joe
4 years ago
Reply to  admin

sudah dilakukan …masih gagal belum bisa print PDF.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Ari Joe

Bisa di screenshot? dan kirim ke @efaktur (facebook/twitter) atau ke support @barcodefaktur.com

imunk
imunk
4 years ago

setelah update ke versi 2. proses export ke PDF di sisi client/network tidak bisa digunakan. error ETAX-300009 : report tidak dapat dibuat general error. sekarang export hanya bisa digunakan di server efakturnya.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  imunk

Di PC client coba setting ulang file sertifikat digitalnya dulu, bisa menggunakan user login super admin untuk settingnya saja lalu nanti dikembalikan ke user yang biasa

imunk
imunk
4 years ago
Reply to  admin

aplikasi di client versi 2 tidak bisa setting setificate jika login network.
jika login local di client, maka harus registrasi dulu aplikasinya. itupun gagal terus / tidak bisa registrasi dengan NPWP yg sudah di register.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  imunk

Coba Koneksi DB nya ke network, dan untuk instalasi serifikatna, user login nya gunakan super user/admin.

imunk
imunk
4 years ago
Reply to  admin

jika konek dengan Network DB, menu admin certificate tidak ada.

admin
Admin
4 years ago
Reply to  imunk

Sudah login menggunakan super admin?

Setyowahyudi
Setyowahyudi
4 years ago

Saya sudah berhasil update ke versi 2 tapi setelah login masuk data laporan faktur keluaran untuk tahun 2017 data tidak ada atau hilang dan saya cek lawan transaksi sebagian ada yang hilang ,juga data barang dan data input faktur untuk 2017 tidak ada,
mohon batuanya ..terimakasih

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Setyowahyudi

Bisa jadi data DB dari tempat yang lama ada masalah. Atau kemungkinan tidak mengcopy database dari aplikasi efaktur yang benar. Ada beberapa kasus di PC user ada lebih dari 1 aplikasi efaktur. Coba pastikan kembali DB yang di copy adalah DB yang digunakan terakhir kali.

Filqi
Filqi
4 years ago
Reply to  admin

Min kalo setelah diupdate ke yang baru tapi ko yangmuncul cumansampe2015 kenapa ya ?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Filqi

Coba search/cari menggunakan filter. Apakah ketemu? Pastikan database yang dicopy adalah folder database efaktur lama yang digunakan. Banyak kasus copy folder databasenya dari aplikasi efaktur lama yang tidak digunakan. Jadi kemungkinan di komputer tersebut ada lebih dari satu aplikasi efaktur, khawatirnya filenya copy dari folder efaktur yang salah.

syifa
syifa
4 years ago

Maaf, kalau seperti ini, “nomor faktur ……tidak diperkenankan untuk tanggal faktur 04/10/2017

admin
Admin
4 years ago
Reply to  syifa

Cek kapan tanggal jatah NSFP tersebut diperoleh

wini
wini
4 years ago

min, saya mau download dari link mirror yg ada di atas kok gagal terus ya…?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  wini

Kelihatannya full juga link-nya.

Jika pakai windows bisa pakai alternatif ini juga
Windows 64bit
https://drive.google.com/file/d/0B9_o5v2XK9z_QWNiMkhfTkFHU1E/view

Windows 32bit
https://drive.google.com/file/d/0B9_o5v2XK9z_aTVBZ01BdTEyYWM/view

wini
wini
4 years ago
Reply to  admin

ini aman? walaupun salinan filenya ?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  wini

Mudah-mudahan aman 🙂

Septi Wulandari
Septi Wulandari
4 years ago

Setelah di update faktur tidak bisa dibuat menjadi PDF atau cetak, hanya bisa di preview, kenapa ya?

admin
Admin
4 years ago

Silahkan setting ulang file sertifikat digitalnya dulu diaplikasi efaktur

Septi Wulandari
Septi Wulandari
4 years ago
Reply to  admin

Caranya gimana ya?

Septi Wulandari
Septi Wulandari
4 years ago
Reply to  admin

Udah bisa, makasih

wini
wini
4 years ago

min, saya di suruh masukkan kode aktivasi. ini kode apa ya?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  wini

maksudnya kode aktivasi apa ya?

Sheri
Sheri
4 years ago

knp DB lama saya copas ke DB yang baru ga bisa ya?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Sheri

Jika Anda membuka aplikasi efaktur, silahkan di tutup dulu. Baru kemudian di copy. Jika masih gagal bisa di info pesan error copynya apa?

Doni
Doni
4 years ago

Malah tinggal halaman 1 aja skg
Gimana tuh
Setiap ada update kok kacau selalu sin

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Doni

Apakah sedang loading atau hanya keluar satu halaman? Coba di filter pada masa tertentu apakah keluar datanya?

Doni
Doni
4 years ago
Reply to  admin

Hanya halaman pertama tidak lanjutannya…

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Doni

Bisa jadi data DB dari tempat yang lama ada masalah. Atau kemungkinan tidak mengcopy database dari aplikasi efaktur yang benar. Ada beberapa kasus di PC user ada lebih dari 1 aplikasi efaktur. Coba pastikan kembali DB yang di copy adalah DB yang digunakan terakhir kali.
Jika tetap ada data faktur yg kurang silahkan bisa minta salinan data backup ke KPP

Butet
Butet
4 years ago
Reply to  Doni

Hai Doni,
Tadinya kita mengalami masalah yang sama, solusinya tulis langsung halaman yang ingin dibuka secara manual (mengetikkan angkanya di kolom inputnya), karena tombol next/previous-nya tidak berfungsi.
Selamat mencoba

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Butet

Terima kasih Pak Butet atas penjelasannya.