Untuk Update versi terbaru (versi 2.2) dapat diakses disini
Langkah-langkah untuk update efaktur dari versi 1.0.0.46 menjadi versi 2.0
- Update versi aplikasi bisa dilakukan dengan dua cara, cara pertama jalankan autoupdate dan cara kedua update secara manual
- Cara autoupdate adalah cara yang paling simple dan lebih baik untuk coba dijalankan lebih dulu, jika gagal baru lakukan update manual
- Autoupdate dijalankan dengan cara membuka aplikasi efaktur seperti biasa, atau menjalankan file etaxinvoice lalu tunggu proses update
- Langkah no. 3 akan berhasil jika sebelum menjalankan file etaxinvoice komputer sudah terkoneksi internet dengan baik, cek juga proxy jika ada
- Langkah autoupdate ini biasanya hanya memerlukan waktu 4 menit, tapi tetap tergantung juga dengan koneksi internet yang digunakan dan faktor lainnya
- Untuk lebih aman coba hindari jam-jam sibuk untuk menjalankan autoupdate
- Saat autoupdate berhasil maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut
- Dalam hal gagal autoupdate silahkan jalankan proses update secara manual, caranya dilanjutkan dengan point dibawah
- Download file aplikasi efaktur versi 2.0 di web enofa atau bis juga di link http://barcodefaktur.com/efaktur2/ , dan download disesuaikan dengan spesifikasi komputer
- Ekstrak file tersebut sampai berbentuk file folder aplikasi efaktur, direktori penyimpanan bebas bisa dimana saja
- Ambil folder DB dari aplikasi efaktur yang lama (versi 1.0.0.46) bisa dicopy, lalu paste di dalam folder aplikasi efaktur yang baru
- Setelahnya, di dalam folder aplikasi efaktur yang baru silahkan jalankan file “etaxinvoiceupd.exe” untuk mengupgrade versi file DB
- Pastikan koneksi internet telah tersedia dan dalam kondisi yang stabil, tunggu proses loading 3-4 menit
- Setelah proses selesai tidak akan ditemui notifikasi berhasil, hanya preview proses loadingnya saja yang akan hilang
- Coba untuk menjalankan etaxinvoice atau membuka aplikasi efaktur seperti biasa (pastikan di file folder yang baru – versi 2.0)
- Jika saat membuka aplikasi ada warning yang isinya perbedaan antara versi aplikasi dan versi DB maka proses update yang dilakukan tadi belum berhasil
- Jika ada warning versi DB masih versi 1.0.0.46 ulangi langkah nomor 11 dan seterusnya
Semoga berhasil 🙂
tidak bisa membuka halaman terakhir dari setiap menu seperti faktur keluar, referensi barang dan jasa. apakah memang seperti ini?
Kami menerima beberapa keluhan yang mirip. Sementara ini silahkan manfaatkan filter terlebih dahulu untuk pencarian.
Setelah di update tidak bisa cetak pdf pada pc client
Silahkan daftarkan sertifikat elektronik di computer client.
maksudnya gimana dan caranya bagaimana yach ? tolong di share prosesnya karena kondisi yang di alami, pc client baik yang di pusat maupun di cabang tidak bisa save pdf
Pak Ahmad,
Coba ikuti thread ini :
http://goo.gl/HgSqti
Terutama dihalaman 3.
Hasil copy paste:
dear rekan yang masih belum bisa create pdf di client, mau sharing, kebetulan kita baru berhasil setelah sebelumnya gagal create pdf di client (hanya bisa di server).
1. copy db server ke client, agar di client bisa login dengan user super admin
2. login di client dengan user super admin, agar menu administrasi sertifikat keluar
3. masuk ke menu administrasi sertifikat, kemudian upload ulang utk sertifikatnya
4. keluar, baru coba login ulang dengan user biasa (perekam)
5. baru bisa cetak pdf, ada warning sih, tapi di OK in aja.
skrg sih udah lancar utk create pdf nya. semoga berhasil.
credit:radzimierz
halamannya diketik manual dulu mas, jangan dulu pakai tab next, kalo sudah pernah terbuka baru selanjutnya pakai tab next atau pakai tanda panah atau apalah namanya itu 🙂
Terima kasih Pak Muhsin
KLIK “HITUNG TOTAL RECORD” DULU..
TERIMAKASIH PAK EKO COMMENT ANDA SANGAT MEMBANTU SAYA,SEKALI LAGI TERIMAKASIH
Terima kasih sudah up, selamat beraktivitas.
Min, saya uda update ke versi 2 beberapa waktu lalu dan tidak ada masalah. jadi faktur keluaran muncul sampai tanggal 1 november. begitu input yang tanggal 2, tiba-tiba tidak mau muncul hasilnya. padahal sudah terecord. jumlah FK nya juga sudah bertambah. saya sudah refresh berulang2 & sudah copy balik database juga untuk input ulang, tetap tidak bisa muncul. bagaimana ya solusinya? terima kasih
Input ini manual atau impor? Apakah ada notif gagal simpan atau gagal impor? Coba juga cari data faktur menggunakan menu filter
Terima kasih Pak Eko telah berbagi
min, Setelah update koq ga bisa upload faktur yah??
Infonya di situ anda harus terkoneksi internet.. Padahal ada koq koneksi internetnya.. Dicoba buka email atau google bisa…
Mohon infonya… Tq.
Bu, dicoba lagi. Biasanya terjadi karena koneksi full ke server DJP.
Pak saya mo tanya kita bisa buka server baru cuma mo apload loading mohon infonya,,,???
Beberapa saat kedepan sepertinya akan kesulitan upload karena server DJP sedang penuh trafiknya. Silahkan dicoba beberapa kali, upayakan di jam-jam tidak sibuk.
saya sudah bisa update, bisa buka e faktur versi 2, tapi halamannya ga mau pindah ya di posisi halaman 1 terus,kenapa ya ?
Kami menerima beberapa keluhan yang mirip. Sementara ini silahkan manfaatkan filter terlebih dahulu untuk pencarian.
min, saya juga mengalami masalah yang sama,
sudah pakai filter tetap tidak muncul,
bagaimana ya?
Bisa di screenshot? Screenshotnya coba kirim via facebook/twitter @efaktur atau bisa juga email ke support @barcodefaktur.com
ubah yg di bawah kiri yg d bwh total record, dlm kotak isi saja dengan angka 1000 atau 10000.. maka akan terlihat semuanya. tks. 🙂 #fad
Terima kasih Pak Fadli 🙂
Min mau tanya kenapa update otomatis efaktur saya tidak berjalan ??
padahal komputer sudah terkoneksi dengan internet…
Mau Update secara manual takut database sebelumnya hilang semua, bagaimana solusinya min… thanks.
Silahkan diikuti langkah-langkah yang di artikel ini. Tidak perlu khawatir, yang terpenting sebelum-nya backup dulu folder eFaktur Anda. Jadi jika terjadi apa-apa yang tidak diinginkan, Anda masih memiliki file backupnya. Jika Anda tetap menginginkan update otomatis, silahkan dilakukan di jam-jam yang tidak terlalu padat. Misalnya pagi atau malam hari pada saat tidak ada antrian di server DJP.
Min kok saya gak bisa update.
pas login local data base disuruh masukin nomor npwp sertifikat dan kode aktivasi.
pas regristasi kok gak bisa ya?
Coba di cek kembali langkah-langkahnya, sepertinya ada yang terlewat.
Admin ini saya mengalami sama spt Mas Ari. Sdh berkali2 mskin NPWP, sertifikat & Kode aktifasi tp tetap sll blg registrasi nul. Kode Aktifasi itu yg mana sebenarnya. sdh sy cb semua tetap g bs.
Apakah ini terjadi saat mengisi data sewaktu register etax? Sebelumnya, apakah sudah pernah menjalankan efaktur? Ataukah baru pertama kalinya?
Admin ini sdh bs msk aplikasinya. Sy jg sdh copy DB di folder efaktur yg baru. Tp saat copy apakah DB yg di folder baru itu akan terreplace sm db yg kt pindahkan itu. Krn sll muncul mau copy atau mau replace? Apa yg harus dipilih? Wktu itu sy pakai replace. & sekarang di data efakturnya semua kosong. Mohon penjelasannya. Btw kami pakai efaktur semenjak efaktur realese dr pajak.
Seharusnya jika menggunakan update manual, tidak ada folder db yang di replace, jadi seharusnya tidak ada pesan akan tereplace. Coba deh diulangi lagi.
pak ada beberapa pertanyaan yang mau saya ajukan
1. bagaimana cara melihat status database sudah terganti ke versi baru??
2. jika saat mengupload pajak masukan yang keluar adalah etax -40001 padahal koneksi internet lancar??
mohon bantuannya . terimakasih
1. Database dapat di jalankan di versi aplikasi baru
2. Saat ini Server DJP sedang penuh trafiknya, silahkan dicoba kembali.
Sy sudah mencoba dari kemarin sore sampai skg masi etax 40001 padahal koneksi ok.
Hari ini bagaimana Pak?
untuk error 40001, coba di download lagi sertifikat digital elektroniknya. dikarenakan untuk versi pajak 2.0 yang baru ini tidak mengenal sertifikat digital elektronik di versi sebelumnya.
Terima kasih Pak Neko untuk informasinya. Selamat beraktivitas.
Data administrasi faktur kenapa hilang ya?cuma bisa muncul tahun 2015 saja
Bisa jadi data DB dari tempat yang lama ada masalah. Atau kemungkinan tidak mengcopy database dari aplikasi efaktur yang benar. Ada beberapa kasus di PC user ada lebih dari 1 aplikasi efaktur. Coba pastikan kembali DB yang di copy adalah DB yang digunakan terakhir kali.
mimin..saya mengalami hal yang sama juga nih..dah cb kopi sertifikate segala tapi masih saja belum bisa ke upload data 2017nya..mohon petunjuk lanjutannya dunk min
Errornya bisa di informasikan?
Errornya, data yg ada cm keupload 2016, saya hanya menggunakan 1 pc saja dan file db adalah yg paling update
Pak Angga, coba gunakan filter atau klik hitung total record terlebih dahulu.
sama … data kami juga hilang.. yg ada cuma tahun 2015
Apakah bisa dicek kembali langkah-langkah updatenya?
Pastikan data yang dicopy yang terakhir dan benar. Kemudian cek juga filter-filter yang digunakan di administrasi faktur.
ini aplikasinya beneran ngga? soalnya bukan dari situs resmi. situs resminya di https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi
Aplikasinya kami mirror dari DJP. Karena DJP sulit diakses.
oke, soalnya saya saya dapat info dari sini Min, https://economy.okezone.com/read/2017/10/01/20/1786507/muncul-aplikasi-e-faktur-versi-2-0-yang-asli-hanya-di-ditjen-pajak
Terima kasih infonya. Selama bisa di download dari DJP silahkan dilakukan. Tetapi sampai saat ini download masih sulit direct ke DJP, jadi kami melakukan mirror dari DJP. Semoga bermanfaat.
Oke min, sangat bermanfaat
Min tanya, saya sudah mengikuti langkah-langkahnya yang pake manual, trakhir kok minta Register Etax Invoice ?…
kan kita sudah register hasilnya jd erorr ETAX 40005
TRIMS
Ini ada langkah yang terlewat atau belum tepat. Sepertinya belum copy folder DB yang lama ke tempat baru, jadimya muncul register etax lagi.
saya sudah copy folder DB ke tempat baru, tapi tetap minta Register Etax Invoice…
hasilny error Etax 40005
Pak Franky, etax 40005 sepertinya error karena Anda reset aplikasi.
kalau MAC gimana yaa
MAC jika update manual, pilih yang versi MAC untuk di download.
Dear Admin,
Saya gagal membuat PDF ..apa yang salah ya ? Tks
Di PC client coba setting ulang file sertifikat digitalnya dulu, bisa menggunakan user login super admin untuk settingnya saja lalu nanti dikembalikan ke user yang biasa
sudah dilakukan …masih gagal belum bisa print PDF.
Bisa di screenshot? dan kirim ke @efaktur (facebook/twitter) atau ke support @barcodefaktur.com
setelah update ke versi 2. proses export ke PDF di sisi client/network tidak bisa digunakan. error ETAX-300009 : report tidak dapat dibuat general error. sekarang export hanya bisa digunakan di server efakturnya.
Di PC client coba setting ulang file sertifikat digitalnya dulu, bisa menggunakan user login super admin untuk settingnya saja lalu nanti dikembalikan ke user yang biasa
aplikasi di client versi 2 tidak bisa setting setificate jika login network.
jika login local di client, maka harus registrasi dulu aplikasinya. itupun gagal terus / tidak bisa registrasi dengan NPWP yg sudah di register.
Coba Koneksi DB nya ke network, dan untuk instalasi serifikatna, user login nya gunakan super user/admin.
jika konek dengan Network DB, menu admin certificate tidak ada.
Sudah login menggunakan super admin?
Saya sudah berhasil update ke versi 2 tapi setelah login masuk data laporan faktur keluaran untuk tahun 2017 data tidak ada atau hilang dan saya cek lawan transaksi sebagian ada yang hilang ,juga data barang dan data input faktur untuk 2017 tidak ada,
mohon batuanya ..terimakasih
Bisa jadi data DB dari tempat yang lama ada masalah. Atau kemungkinan tidak mengcopy database dari aplikasi efaktur yang benar. Ada beberapa kasus di PC user ada lebih dari 1 aplikasi efaktur. Coba pastikan kembali DB yang di copy adalah DB yang digunakan terakhir kali.
Min kalo setelah diupdate ke yang baru tapi ko yangmuncul cumansampe2015 kenapa ya ?
Coba search/cari menggunakan filter. Apakah ketemu? Pastikan database yang dicopy adalah folder database efaktur lama yang digunakan. Banyak kasus copy folder databasenya dari aplikasi efaktur lama yang tidak digunakan. Jadi kemungkinan di komputer tersebut ada lebih dari satu aplikasi efaktur, khawatirnya filenya copy dari folder efaktur yang salah.
Maaf, kalau seperti ini, “nomor faktur ……tidak diperkenankan untuk tanggal faktur 04/10/2017
Cek kapan tanggal jatah NSFP tersebut diperoleh
min, saya mau download dari link mirror yg ada di atas kok gagal terus ya…?
Kelihatannya full juga link-nya.
Jika pakai windows bisa pakai alternatif ini juga
Windows 64bit
https://drive.google.com/file/d/0B9_o5v2XK9z_QWNiMkhfTkFHU1E/view
Windows 32bit
https://drive.google.com/file/d/0B9_o5v2XK9z_aTVBZ01BdTEyYWM/view
ini aman? walaupun salinan filenya ?
Mudah-mudahan aman 🙂
Setelah di update faktur tidak bisa dibuat menjadi PDF atau cetak, hanya bisa di preview, kenapa ya?
Silahkan setting ulang file sertifikat digitalnya dulu diaplikasi efaktur
Caranya gimana ya?
Udah bisa, makasih
min, saya di suruh masukkan kode aktivasi. ini kode apa ya?
maksudnya kode aktivasi apa ya?
knp DB lama saya copas ke DB yang baru ga bisa ya?
Jika Anda membuka aplikasi efaktur, silahkan di tutup dulu. Baru kemudian di copy. Jika masih gagal bisa di info pesan error copynya apa?
Malah tinggal halaman 1 aja skg
Gimana tuh
Setiap ada update kok kacau selalu sin
Apakah sedang loading atau hanya keluar satu halaman? Coba di filter pada masa tertentu apakah keluar datanya?
Hanya halaman pertama tidak lanjutannya…
Bisa jadi data DB dari tempat yang lama ada masalah. Atau kemungkinan tidak mengcopy database dari aplikasi efaktur yang benar. Ada beberapa kasus di PC user ada lebih dari 1 aplikasi efaktur. Coba pastikan kembali DB yang di copy adalah DB yang digunakan terakhir kali.
Jika tetap ada data faktur yg kurang silahkan bisa minta salinan data backup ke KPP
Hai Doni,
Tadinya kita mengalami masalah yang sama, solusinya tulis langsung halaman yang ingin dibuka secara manual (mengetikkan angkanya di kolom inputnya), karena tombol next/previous-nya tidak berfungsi.
Selamat mencoba
Terima kasih Pak Butet atas penjelasannya.