Melakukan dan Menerima Retur

  • Keguaan retur adalah untuk memperbaiki kekeliruan pengisian data faktur yang dilakukan oleh pihak yang menerima faktur atau pembeli.

  • Pasal 5A ayat (1) UU PPN, yaitu bahwa PPN atau PPnBM atas penyerahan BKP yang dikembalikan dapat dikurangkan (retur) dari PPN atau PPnBM yang terutang dalam Masa Pajak terjadinya pengembalian BKP tersebut. Secara umum, nilai retur PPN akan mengurangi Pajak Keluaran yang terutang oleh PKP penjual dan akan mengurangi Pajak Masukan dari PKP pembeli.

  • Pasal 3 dan 4 PMK-65/PMK.03/2010, yaitu bahwa nota retur harus dibuat pada saat BKP dikembalikan. Saat Pengembalian BKP adalah saat BKP tersebut dikembalikan oleh Pembeli. Dalam hal terjadi Pengembalian BKP, Pembeli (baik PKP maupun non-PKP) harus membuat dan menyampaikan nota retur kepada PKP Penjual.

  • Pasal 4 ayat (2) PMK-65/PMK.03/2010, isi dan bentuk nota retur paling sedikit harus mencantumkan hal-hal sebagai berikut, yaitu:

    1. nomor urut nota retur;

    2. nomor, kode seri, dan tanggal Faktur Pajak dari BKP yang dikembalikan;

    3. nama, alamat, dan NPWP Pembeli;

    4. nama, alamat, NPWP Pengusaha Kena Pajak Penjual;

    5. jenis barang, jumlah harga jual BKP yang dikembalikan;

    6. Pajak Pertambahan Nilai atas BKP yang dikembalikan, atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas BKP yang tergolong mewah yang dikembalikan;

    7. tanggal pembuatan nota retur; dan

    8. nama dan tanda tangan yang berhak menandatangani nota retur.

  • Setelah penjual menyampaikan faktur pada pembeli, maka pembeli akan melakukan entry data faktur pada Daftar Pajak Masukan miliknya. Jika dirasakan ada item barang yang tidak sesuai maka pembeli akan mengembalikan barang tersebut disertai dengan Retur atas Pajak Masukan (entry dan upload data Retur di menu Retur Pajak Masukan pada aplikasi efaktur pihak pembeli).

  • Bagi pihak penjual/penerbit faktur, Retur dari pembeli tadi diterima kemudian entry di menu Retur Pajak Keluaran. Nantinya, jumlah Retur bernilai negatif dan akan mengurangi jumlah DPP-PPN pada masa pajak saat data Retur diposting.

  • Data Retur harus di upload, baik dari pihak pembeli yang melakukan Retur (sebelum disampaiakan ke pihak penjual) maupun dari sisi penjual/penerbit faktur. Perlu dperhatikan juga bahwa dokumen Retur akan terposting pada masa pajak sesuai tanggal dokumen returnya.

 

Author: @infoefaktur

Artikel ditulis oleh @infoefaktur

192 thoughts on “Melakukan dan Menerima Retur

  1. Saya mau nanya, bagaimana kalau ternyata lawan transaksi tidak menggunaan e faktur atau tidak ber-npwp?
    sedangkan syarat untuk penjual melakukan retur penjualan harus mendapatkan nomer dokumen dari pembeli yang harus sudah diupload ke server DJP pakai e-faktur?
    bukankah berarti penjual tidak bisa melakukan retur penualan?
    mohon penjelasannya. trims…

    1. Jika kondisi lawan transaksi bukan PKP maka salah satu solusi yg bs dilakukan oleh penjual adalah menerbitkan faktur pajak pengganti atau membatalkan faktur, senilai yang diretur

      1. Dear Admin, terkait case di atas u/ retur dari Customer yg non PKP, kebetulan customer kami mengembalikan semua barang yg dibeli nya dan pengembalian ini sudah lewat beberapa bulan setelah diterbitkannya e-faktur.
        dari sisi Customer karena mereka NON PKP maka tidak bisa menerbitkan Nota Retur Pajak.
        Lalu bagaimana dgn kami sebagai Penjual? bagaimana cara membatalkan transaksi penjualan sebelumnya di aplikasi e-faktur dibulan berjalan ini?
        Mohon pencerahannya.
        Terima kasih

        1. Dari sisi penjual ada 2 hal yang bisa dipilih untuk dilakukan:

          1. tetap entry data returnya, sistem secara otomatis akan mengenali retur dari pembeli yg ber-NPWP tapi non PKP (tetap dapat diupload), kecuali customer tersebut non npwp maka opsi ini tidak akan bisa

          2. karena barang dikembalikan semua dapat juga dipilih opsi membatalkan faktur pajak

          1. Customer tersebut NON NPWP, ketika entry e-faktur no. NPWP nya adl 0.000.000.0.000.000, option 1 tidak bs dilakukan.
            Option 2 kalau membatalkan efakturnya berarti harus membuat pembetulan dong? karena efaktur sudah diterbitkan beberapa bulan sebelumnya, misalnya di bulan April, sedangkan retur dilakukan bulan Agustus.
            Apakah tidak ada cara lain?
            Saya pernah baca soal Pajak yg digunggung, tapi ini u/ Pedagang Eceran, apakah tidak ada cara lain u/ PKP yg menjual ke pedagang eceran u/ membatalkan efakturnya dgn cara normal dibulan sesuai barang dikembalikan agar tidak ada revisi SPT dan lain sebagainya.
            Mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya.

          2. Pembatalan faktur dilakukan dengan posting sesuai masa pajak yg fakturnya dibatalkan.
            Jika dari awal memang mau membuat faktur digunggung bisa saja sepanjang memenuhi syarat untuk bisa jadi pedagang eceran dan melakukan transaksi eceran, jika syarat tidak terpenuhi maka tidak bisa.
            Saat ini kondisinya kan sudah terlanjur faktur terbit, jadi saat memang ada retur semua maka jadi perlu untuk dibatalkan dan lapor SPT lagi

  2. mohon bantuannya, ketika menerbitkan 2 no fp yang berbeda untuk BKP yang sama dan jumlahnya sama juga,contoh :
    1. no fp 010.033.16.11111 u/ PT.A tgl 2/9/16
    2. no fp 010.033.16.11119 u/ PT. A tgl 10/9/16
    fp nomor 1 sudah diserahkan kepada lawan transaksi
    fp nomor 2 belum diserahkan kepada lawan transaksi dan masih belum dilakukan pengkreditan pajak karena pada saat pembuatan fp nomor 2 setelah upload baru tau kalo salah.dan ini ada 6 nomor FP.apa yang harus saya lakukan? lebih baik di retur atau di batalkan saja?

    1. Dr keterangan diatas berarti Anda sebagai penjual (penerbit faktur), betul begitu? Kekeliruan tersebut pada isian informasi apa ya? Pilihannya adalah menerbitkan faktur pengganti atau membatalkan faktur. Kalo retur berarti nota returnya akan dibuat oleh pihak pembeli.

    1. Sampaikan kelawan transaksi dan minta kerjasamanya untuk melakukan penjualan lagi sejumlah selisih yang salah tadi, jadi prinsipnya retur sejumlah yang salah tadi diakui dulu.

    1. Jika salah retur, tidak ada mekanismenya. Jika returnya nilainya kekecilan maka silahkan terbitkan retur lagi, tetapi kalau retur kebanyakan nilainya maka harus komunikasi ke penjuall untuk membuat penjualan lagi sebesar selisihnya.

      1. Jika dr pihak pembeli melakukan retur tetapi retur yg di upload pihak pembeli lebih kecil dr retur yg saya terbitkn dan pihak pembeli menghendaki batal faktur retur, apakah bs pihak pembeli mengupload ulang dg nomor seri yg sama ttpi dg nominal yg benar
        mohon pencerahnya
        terima kasih

        1. Retur pembelian mekanismenya adalah diterbitkan oleh pembeli, jika penerbitan awal nilainya lebih kecil maka terbitkan lagi saja retur yang baru dengan nilai yang kurang dan nomor dokumen yang baru.

          Dokumen retur hanya dapat dibatalkan dengan cara faktur yang diretur dibuatkan pengganti atau dibatalkan fakturnya

          1. Kalau faktur yg di retur itu bulan agustus dan di gantikan di bulan desember yg berjalan, apakah msih bs dilakukan pembetulan bulan agustus dg jarak waktu sdh 4bln ?

          2. Maaf min mau tnya satu lgi
            Kalau bulan 8 itu sblm nya sdh ornh pembetulan dn ini dlakukan pembetulan kdua utk fktr penggnti tsb apa bs min

            Terima kasih banyak ya min

  3. sya sebagai pihak pembeli, pada saat melakukan pembelian terjadi retur barang tertentu. kemudian telah juga diterbitkan nota retur yang telah lengkap dan ditanda tangani.
    pertanyaan saya, untuk upload nota retur harus dilakukan pertama kali oleh siapa? pihak pembeli terlebih dahulu yang mengupload nota retur masuk baru penjual yang upload nota retur keluaran ataukah sebaliknya?
    karna bila pihak pembeli yang melakukan terlebih dahulu akan terjadi reject pada upload e faktur.
    Terima kasih.

    1. Pembuat retur adalah pihak pembeli, jadi pembeli entry dan upload dulu di efakturnya baru dicetak dan disampaikan ke penjual.

      Dalam hal reject silahkan cek isi kolom keterangan yang berisi alasan reject-nya, ada banyak variasi penyebab reject dan solusinya pun akan berbeda⁠-beda.

  4. maaf saya mau tanya, misalnya kasus nya begini..
    pembeli meretur barang ke penjual sementara barang tersebut dijual sebelum adanya e-faktur. otomatis si penjual belum menebitkan faktur untuk penjualan barang tsb melalui e-faktur, kan? melainkan bikin faktur pajak manual. nah itu gimana ya min bikin retur nya?

    1. Di efaktur sisi pembeli, yang perlu dilakukan adalah sudah mengupload (approval sukses) data pajak masukan atas faktur yg dimaksud, lalu baru membuat retur yang juga di efaktur.
      Di penjual akan menerima nota retur dan entry di retur pajak keluaran, tetap bisa dilakukan.

  5. mohon pencerahan saya bekerja di perusahaan distibutor banyak kesulitan dalam upload faktur retur di karenakan pembeli yang merupakan modern trade chanel terkadang sering terlambat memberikan nota retur jadi pihak mereka telah upload faktur retur di masa berbeda apakah solusi nya hanya revisi spm ? makasih

    1. Retur harus diupload di masa pajak sesuai tanggal dokumen returnya, jadi kalau memang terlambat menerima retur maka perlu dengan lapor SPT Pembetulan sesuai bulannya.

  6. Dear admin.
    bagaimana jika pembeli memasukkan retur atas barang yang tida sesuai dengan nomor faktur pajak yang dicantumkan di nota retur.
    contoh :
    pada nota retur tercantum 10 item barang
    padahal faktur pajak yang dimaksud hanya terdapat 2 item barang, dan dari 10 item yang diretur tidak ada barang seperti pada faktur pajak.

    pihak pembeli menyatakan bahwa, tidak masalah item barang nota retur tidak sesuai dengan varang pada faktur pajak, selama nilai pada retur tidak lebih besar dari nilai pada faktur pajak.

    mohon masukan dan dasar aturannya. terima kasih atas jawabannya

    1. Retur seharusnya tetap memperlihatkan data yang sesungguhnya baik nilai ataupun jenis item barangnya, jika sudah terlanjur seperti itu maka bisa diambil jalan pintas dari pihak penjual membuat faktur pengganti saja yang benar, dengan itu maka retur tdk akan dipakai

      1. Terima kasih atas jawabannya.
        mohon penjelasan mengenai “pihak penjual membuat faktur pengganti saja yang benar” apakah yang dimaksud faktur pajak keluaran dari penjual atau nota retur dibuatkan yg benar oleh penjual ?

        saya sebagai penjual dan faktur pajak sudah benar, hanya saja pihak pembeli “asal” memasukkan item barang pada nota retur sehingga barang yang diretur tidak sama dengan yang di faktur pajak.

        pihak pembeli sudah menerbitkan Nota Retur, E Faktur atas 10 barang
        pihak penjual tidak bisa memasukkan sebagai pengurang pajak keluaran, karena nomor faktur pajak yang digunakan barangnya hanya 2 (dan berbeda)

        sudah dikonfirmasi ke pembeli, jawabannya adalah saya tidak mengerti akan hal itu

        adakah solusi lain?

        1. Retur yang telah diterima dari pembeli tadi apakah memang benar ada retur tapi isi item barang nya salah ataukah memang sebenarnya tidak ada retur sama sekali? Atau retur seharusnya atas nomor faktur yang berbeda dari yang sudah terlanjur dibuat?

          Khawatir ada salah paham dari masalah yang disampaikan, jadi coba kita perjelas dan diulang per tahap dulu

          Jika memang yang terjadi adalah retur tadi salah maka cara untuk “membatalkan” atau meng-undo nota retur adalah dengan cara penjual membuat faktur pengganti (dengan isian data yang memang benar). Setelahnya pembeli dapat entry faktur pengganti itu agar nilai retur dia tadi bisa ikut hilang

          Setelahnya silahkan pembeli membuat lagi retur yang seharusnya

          1. Retur yang diterima benar sesuai antara barang yang di retur dan item yang di Nota Retur. Hanya saja item barang di NOta retur tidak sama dengan item barang pada faktur pajak penjual yg nomornya tercantum di nota retur.

            dan dari pihak pembeli sudah “biasa” menerbitkan nota retur hal seperti itu, asal mengisi nota retur tanpa memperhatikan faktur pajak. Selama tidak nilai BKP yang diretur tidak lebih besar dari nilai BKP pada faktur pajak.

            dan pembeli bersikukuh, jika nota retur adalah tanggung jawab pembeli. dan nota retur sudah berhasil di approve via e faktur.

            apakah sebagai penjual tetap dimasukkan sebagai pengurang PK ?

            demikian info tambahannya, terima kasih atas responnya

          2. Silahkan tetap dimasukan ke pengurang PK namun jika penjual merasa retur tersebut tidak sesuai maka penjual tetap bisa menerbitkan faktur pengganti dengan isian data yg lebih benar, faktur pengganti akan “membatalkan” keberadaan retur.

            Jika pembeli bersikukuh dengan returnya maka seharusnya retur diterbitkan secara benar dan tertib, sesuai dengan item barang yg diretur, tidak sekedar persoalan nilainya.

            Hal yang biasa dilakukan jika memang benar sesuai peraturan maka silahkan dilanjutkan, jika blm sesuai maka silahkan disesuaikan dengan aturan yang berlaku

  7. dear admin,
    saya bekerja di perusahaan distributor, sebelumnya pihak distributor menerbitkan faktur pajak retur sejak bulan juli 2016 tetapi faktur pajak retur tersebut direject dengan keterangan reject ETAX SERVICE 20016: retur harus terdaftar di etax DJP, dan setelah dikonfirmasi ke lawan transaksi ternyata mereka juga menerbitkan FP retur dan sudah sukses upload namun dengan keterangan bukan faktur etax karena lawan transaksi membuat retur atas faktur pajak tahun sebelum tahun 2016, yang menjadi kendala adalah bagaimana jika lawan transaksi yang merupakan modern trade menerbitkan faktur pajak retur tetapi nominal nya tidak sesuai seperti perbedaan harga barang, dan tanggal retur berbeda. Apakah pihak distributor harus mengikuti FP retur yang telah diterbitkan oleh lawan transaksi ?

    1. Yang perlu dipastikan dl di awal adalah apakah memang sudah benar ada retur atau tidak? Jika retur keliru terbit maka pihak penjual entry data retur tadi lalu membuat faktur pengganti yang isinya benar. Faktur pengganti akan membuat retur tidak terpakai.

  8. Rekan,mau nanyak dong,
    Pada bulan juli kita menjual ke pt A,ternyata mereka BZ.
    Brg di terima di pt A,
    Tapi membuka fp nya d PT B yg Bz,
    Saya rasa permainan agar menghindari ppn,
    Hadeh..
    Kami di bulan juli membuka untuk Pt A,ppn nya 300 jutaan.
    Kami sudah minta mereka untuk buat surat pembatalan tidak ada balasan,dan tetep kekeh,
    Kami suruh buat nota retur jg tidak d buat.
    Seperti tidak mau bayar dan tidak ingin solusi,
    Dan pada akhr nya kemarin dia melakukan pembetulan spt 3 bulan untuk membuat nota retur,dan melapor kan atas fp kita,
    Karena untuk masa kredit fp nya sudah lwt 3 bulan,
    Di lapor kan di bulan 7 dan di retur di bulan 7,
    Tetapi document nota retur tgl 29 des 2016.
    Berarti saya harus melakukan pembetulan dong rekan ya,
    Saya upload nya sesuai dengan tanggal dia meretur bener?
    TERIMA KASIH

    1. Prinsipnya kalau sebagai penjual, jika ada faktur yang tidak sesuai maka penjual bisa langsung membuat pengganti atau pembatalan faktur tanpa menunggu adanya retur, bahkan jika ada retur yg keliru pun penjual bisa membuat faktur pengganti yang juga akan mengkoreksi retur dari pembeli.

      Posting pengganti dilakukan di masa yang sama dengan masa pajak faktur normalnya, kalo retur diposting di masa sesuai tanggal retur nya.

      1. >> By Email
        >> Kalau untuk pembatalan harus punya dasar yang kuat untuk membatal kan nya,
        >> Msalah nya kami menjual barang ke pt a..d bulan juli,ternyata smpai bulan 12 itu menjadi issue yg berkepanjangan,brg di kirim ke pt a,tetapi faktur pajak hrus ke pt b di buka,
        >> Pt b itu Bz,maka ppn tidak di pungut,
        >> Setelah melalui bnyak proses dan jalan keluar,kami ingin mereka meretur fp nya,
        >> Dan seolah” kami buat kembali fp nya k pt b yg Bz,
        >> Brg nya seolah balek dan jual k pt b.
        >> Dari retur tsb otomatis pajak keluaran kami akan otomatis kembali dan ppn yg sudah d laporkan,
        >> Karena dengan cara tsb penjual akan membayar,
        >> Sudah 5 bln tdk mau byr
        >> Apakah salah kami meminta d buat kan nota retur,
        >> Sebaik nya pembatalan atau nota retur sih,kalau bgini kasus nya,
        >> Trima kasih

        1. Begini, retur ataupun pembatalan sebenarnya prinsipnya tidak ada masalah dan sangat mungkin untuk dilakukan, keduanya pun harus punya dasar, akibat ke pembayaran PPN juga relatif akan sama. Perbedaannya kalo retur maka wewenang yg membuat di pihak pembeli sedangkan pembatalan wewenang di pihak penjual. Nah sekarang pihak pembeli kooperatif atau tidak? Kalo memang bisa meminta retur ya silahkan diakukan, kalo tidak bisa retur ya tidak usah ragu untuk melakukan pembatalan. Kondisi tidak jd transaksi dengan PT.A juga dpt dijadikan dasar untuk melakukan pembatalan, setelahnya baru membuat faktur baru yg benar (dlm kondisi diatas berarti ada pergantian pihak pembeli jadi PT.B).

        1. Ketentuan menginput retur sebelum e-Faktur:
          a. Nota retur atau nota pembatalan harus dibuat pada saat BKP dikembalikan atau JKP dibatalkan.
          b. Bagi PKP penjual BKP atau pembeli JKP, nota retur atau nota pembatalan dilaporkan di masa pajak saat nota retur atau nota pembatalan tersebut diterima.

          Secara aplikasi :
          Bisa diterima dan di-upload dengan keterangan dengan status approval “Faktur pajak bukan e-Tax”.

  9. Dear admin

    Please advice,
    Jika terdapat kerusakan pada barang sebesar 1 sak,
    Dan mereka tidak ingin mengembalikan nya,
    Dan pihak pembeli ingin kami menebitkan fp sesuai dengan actual barang yg di terima,
    Bagaimana?
    Apakah kami minta mereka menerbitkan nota retur..
    Atau kami akui penjualan actual dgn brg di terima cust.
    Boleh kah di terbitkan nota retur tetapi brg tidak di kembalikan,melainkan di bakar.
    Terima kasih

    1. Mohon maaf baru direply, ternyata belum terkirim.
      Penerbit retur itu adalah pihak pembeli, jika pembeli tidak mau maka penjual bisa membuat faktur pengganti. Mengenai barang yang dibakar, itu bebas aja.

  10. Saya mau tanya min, saya menerbitkan faktur pajak tanggal 4 April 2017, ternyata tanggal 6 April dari pihak pembeli melakukan retur 1 item barang, dan pihak pembeli meminta nota retur yang buat dari kami. Dan akhirnya dari kami ( bagian fakturist ) menerbitkan nota retur pada tanggal 6 April. Langkah saya begitu mendapatkan nota retur dari bagian fakturist maka saya melakukan input nota retur terhadap Faktur Pajak yang sudah saya terbitkan dengan cara klik tombol retur di bagian bawah e faktur nah yang saya tanyakan setelah saya simpan inputan nota retur tersebut nominalnya masih tetap sama?? dan bagaimana nanti pihak pembeli untuk input Faktur pajak dari kami??

    1. Retur atas penjualan yg menerbitkan adalah pihak pembeli, menggunakan aplikasi efaktur juga dipihak pembeli, jadi retur harus upload dulu, barulah diberikan pada pihak penjual, lalu penjual akan entry dan upload di aplikasi efaktur.
      Nilai retur baru akan muncul untuk mengurangi jumlah penjualan saat posting SPT masa bulan tersebut.

      1. Tetapi ini pihak pembeli meminta dari kami nota returnya. Sebaiknya terhadap Faktur Pajak yang sudah terlanjur terbit ( tetapi belum dititipkan ke pembeli ) diganti untuk mengeluarkan item barang yang diretur sehingga akan muncul faktur pajak pengganti ataukah dibatalkan lalu diterbitkan faktur pajak baru sesuai nilai faktur setelah dikurangi retur??

        1. Mekanisme retur memang harus dari pembeli, tetapi jika yang ingin memperbaiki data adalah penjual maka penjual bisa menerbitkan faktur pengganti saja.

  11. Pagi, sy mau tanya saya ada retur pembelian di bulan januari dan belum di upload di djp. Apakah bisa retur itu dimasukan di bulan berjalan? Kalau bsa apakah bukti returnya harus dibuat lagi agar sama tanggal returnya dengan faktur pajak retur pembelian? Terima kasih

    1. Kita sebagai pihak penjual atau pembeli? Kalau dari pihak pembeli berarti kita yang menerbitkan returnya lewat efaktur. Tanggal dokumen retur adalah saat dilakukannya retur, dan akan diposting pada masa pajak yang sesuai dengan bulan pada tanggal retur tersebut. Retur tidak perlu disamakan dengan masa pajak faktur yang diretur.

  12. Pagi, sy mau nanya sy sebagai pihak penjual lawan transaksi kami adalah kawasan berikat sehingga Kode Seri FP kami adalah 070. …Penyerahan yg PPN nya tidak dipunggut, kemudian lawan transaksi kami melakukan retur thd barang kami karena tidak cocok dengan sesuai pesanan. Lawan transaksi melakukan retur dan dilaporkan di Form 1111 B3, yg mau saya tanyakan di Form apa sy harus input Retur Penjualan tersebut? Di retur pajak keluaran atau di dokumen yg dpersamakan? Terima kasih

  13. Saya mau bertanya min, kita kan sebagai pembeli sudah membuat faktur rutur dan sdh diupload dan diapprove di efaktur, ternyata nominalnya salah dan pada saat kami mau melakukan pengganti sudah tidak bisa karena sudah masuk bulan selanjutnya, akhirnya kami menghubungi pihak penjual, ternyata mereka belum menguploadnya di efakturnya dengan alasan karena bulan ini sudah banyak jadi masuk bulan selanjutnya, pertanyaan kami apa yg harus kami lakukan min, apakah faktur retur yg salah td bisa dibatalkan krn kan msh belum dilaporkan oleh pihak penjual atau kami harus bagaimana min, mohon bantuannya secepatnya. Terima kasih

    1. Kekeliruan nilai retur kalau yang seharusnya jadi lebih besar bisa dilakukan dengan menerbitkan retur lagi sejumlah kurangnya

      1. Malam min, mau tnya
        klau fktr retur yg di upload pembeli lebih kecil dn pihak pmbeli meminta pihak penjual utk dbatalkan, apakah bisa pihak pembeli membuat rekam retur dg nomor seri yg sma ttp dg nominal yg benar?

        1. Retur pembelian mekanismenya adalah diterbitkan oleh pembeli, jika penerbitan awal nilainya lebih kecil maka terbitkan lagi saja retur yang baru dengan nilai yang kurang dan nomor dokumen yang baru.

          Dokumen retur hanya dapat dibatalkan dengan cara faktur yang diretur dibuatkan pengganti atau dibatalkan fakturnya

    2. Kalau retur yang terbit seharusnya nilainya lebih kecil maka dibatalkannya dengan cara penjual menerbitkan faktur pengganti yang nilainya langsung dengan jumlah penjualan yang sudah benar

  14. Tetapi jumlah yang kita upload dan approve lebih besar dari jumlah sebenarnya, contoh nominal yang kita upload dan approve itu Rp1.000.000, dan seharusnya retur pajaknya Rp 950.000, apa yang harus kami lakukan, dan oleh pihak pembeli akan dimasukkan dan diapprove bulan berikutnya. apakah bisa dibatalkan, kalau bisa bagaimana caranya, mohon bantuannya ya min. terima kasih

    1. Apakah jawaban ini sudah cukup jelas?
      Kalau retur yang terbit seharusnya nilainya lebih kecil maka dibatalkannya dengan cara penjual menerbitkan faktur pengganti yang nilainya langsung dengan jumlah penjualan yang sudah benar.
      Jika tidak jelas silahkan komen lagi ya. Terima kasih

  15. Dear Admin,
    saya mau tanya, jadi pada bulan 4 penjual mengeluarkan fp dan ternyata keliru dalam penulisan alamat, dan oleh pihak pembeli sudah diupload di efaktur, dan ternyata oleh pihak penjual dibatalkan dan diganti dengan fp pajak baru (bukan fp pengganti) dan oleh pihak pembeli fp baru tersebut diupload pada saat pelaporan ppn berikutnya, nah bagaimana mekanisme untuk menerbitkan pembatalan fp yang lama tersebut? terima kasih.

    1. Pembeli harus membatalkan faktur pertama, setelahnya lakukan pelaporan SPT pembetulan, SPT trsebut akan lebih bayar, kompensasikan kelebihan tersebut ke masa pajak tempat faktur yang kedua diposting

  16. Dear admin,
    Saya mau bertanya,bagaimana cara membatalkan nota retur pajak yang sudah di approve di efaktur,,dikarenakan atas faktur pajak nya tersebut telah dibatalkan?

      1. Makasih min atas jawaban nya,,saya mau bertanya lagi,,pembeli sudah melaporkan pajak masukan nya,,sedangkan 2 bulan kemudian si penjual telah membatalkan pajak masukan tersebut,,bagaimana solusi atas pajak masukan yang sudah dilaporkan oleh pembeli?apakah bisa dibatalkan juga di efaktur?dan bagaimana ppn nya yg sudah dilaporkan jika dibatalkan?

        Makasih min

  17. Dear Admin,

    Jika saya sebagai pihak pembeli yang menerbitkan nota retur.Tapi saya salah memasukan nomor faktur pajak yang sesuai dengan isian barang yang direturkan.Solusinya bagaimana min?

    1. Atas retur tersebut harus dibatalkan, pembatalannya dilakukan oleh pihak penjual dengan cara menerbitkan faktur pajak pengganti, hal trsebut akan membuat retur menjadi batal

      1. Dear admin,

        Jika nota retur yang sudah diterbitkan si pembeli, tidak di approve oleh pihak penjual, bagaimanakah jadinya sifat nota retur tersebut??

          1. pihak penjual menerbitkan nota retur tgl 30 agustus, sedangkan pihak pembeli maunya diterbitkan di bulan september, karena pihak pembeli sudah lapor spt ppn agustus dan tidak mau melakukan pembetulan, apa yang harus dilakukan?

  18. Oh maaf salah ketik, maksudnya begini, pihak pembeli sudah menerbitkan nota retur pd tgl 30 agustus 2017, sedangkan pihak penjual menolak nota retur tersebut dengan alasan agustus itu sudah lapor spt ppn agustus dan tidak mau ada pembetulan, nah pihak penjual maunya nota retur diterbitkan di bulan september, pertanyaannya apakah nota retur yang 30 agustus itu bisa dibatalkan dan diterbitkan nota retur lagi pada bulan september? terimakasih

    1. Nota retur memang dapat saja dibatalkan, namun caranya adalah dengan menerbitkan faktur pengganti atas faktur yang diretur tadi, itu artinya dilakukan oleh penjual, jadi justru akan lebih merepotkan

  19. Dear Admin
    ada pengiriman barang yang pecah sehingga di retur. Lalu saya buatkan retur sesuai dengan jumlah yang pecah. Nota retur saya berikan ke Customer untuk di TTD dan diinput di e faktur.
    yang saya heran, Customer ini ngotot Retur itu harus kode FP nya 011, padahal kode FP 010. customer maksa harus pengganti dulu ke 011 lalu buat retur dgn kode 011.
    yang saya ingin tanyakan apakah Nota retur itu memang harus kode FP 011?? karena selama ini customer saya yg lain tidak pernah komplain, hanya 1 ini aja karena customer baru. Mohon Bantuannya, Terima Kasih

    1. Retur dibuat oleh pembeli, mengacu pada nomer faktur mana yang akan diretur, jika selain faktur normal sudah ada faktur pengganti maka returnya akan meretur nomor faktur pengganti.
      Sekali lagi bahwa retur dibuat oleh pembeli.

      1. Berarti Jika Tidak melakukan FP pengganti, Nota retur mengacu ke FP yang awal yaitu kode 010. benarkah seperti itu pak? Terima kasih sebelumnya

  20. Dear Admin,

    Bila pembeli mengupload retur tahun 2016 di tahun 2017 sehingga status approval menjadi bukan faktur etax sehingga kami sebagai penjual tidak bisa mengupload retur tersebut menjadi retur keluaran. bagaimana solusi dari case ini ya?

    Mohon bantuannya,
    Terima Kasih

  21. Maaf bisa bantu solusi..jika kita ingin memnerbitkan nota retur masa november 17 atas pembelian masa juni 2013, bagaimana ya input di efakturnya..kan status no seri pajak belum di upload. jika melakukan pembetulan masa juni 2013 maka terjadi kurang bayar yang akan timbul denda..mohon bantu solusinya

    1. Entry data faktur yang akan diretur tadi di aplikasi efaktur, walaupun faktur dibuat sebelum efaktur mulai digunakan, barulah nanti entry data returnya

  22. jika ada kasus pembuatan fp keluaran di bln jan-nov 17 dengan npwp 0000 dan sdh diupload. dan pada bln des 17 ini pihak pembeli memberikan info bahwa dia sebenarnya sdh terdaftar sbg pkp sebelum tahun 2017 dan fp jan – nov yg sdh diterbitkan dg npwp 0000 minta diganti dgn npwp tersebut. proses ini kan harus melalui pembatalan faktur pajak dahulu dan selanjutnya diterbitkan faktur pajak yang baru sesuai npwp pembeli. sedangkan nomor seri fp masa jan-nov itu sudah habis, dan pembeli minta diterbitkan fp baru di bln des17 ini.
    pertanyaan saya :
    1. jika kita terbitkan fp tgl des17 ini apa diperbolehkan krn invoice dan surat jalan tertanggal jan – nov 17?
    2. Apakah akan timbul sanksi atas fp yg diterbitkan bln des 17 trsbt?

    1. Secara teknis faktur memang bs saja terbit di desember, namun akan dianggap terlambat menerbitkan faktur karena tanggal faktur setelah terjadinya penyerahan atau tidak sesuai dengan saat terutang PPN.
      Sanksi denda atas keterlambatan penerbitan faktur pasal 14 ayat 4, nilainya 2% dari DPP

  23. Dear Admin,

    Saya ingin bertanya, bagaimana jika ada pembeli yang hanya meretur satu dari beberapa item (dalam satu faktur), namun saya keliru menganggap bahwa faktur tersebut adalah BATAL, sehingga saya membatalkan faktur pajaknya di e-faktur?
    Kemudian saya sudah membuat faktur revisi atas faktur yang salah tersebut, lalu bagaimana seharusnya perlakuan terhadap nota retur?

    Terimakasih, mohon arahannya..

  24. Selamat sore Pa Admin,
    Mohon kejelasan atas format nota retur yang seharus nya diterima oleh penjual atau yang dibuat oleh pembeli?
    Kami sebagai penjual, selalu menerima nota retur dari pembeli dimana formatnya tidak ada rincian barang yang diretur dan tandatangan pejabat yang berwenang sesuai PMK NOMOR 65/PMK.03/2010.
    Setelah kami tanyakan, jawaban dari pihak pembeli adalah, format itu hasil cetakan dari program efaktur setelah mereka input retur barang di program efaktur.
    Untuk pemenuhan tertib administrasi dokumen perpajakan, apakah format nota retur yang tidak ada ttd pejabat berwenang & rincian barang yang diretur, dapat memenuhi persyaratan administrasi dokumen perpajakan bila kami diperiksa pajak?
    Mohon penjelasannya, terima kasih.

    1. Dokumen retur dibuat oleh pembeli dengan entry data dan kemudian mencetaknya menggunakan aplikasi efaktur, pengisian data-data juga akan mengikuti yang tersedia di aplikasi efaktur

      1. Jadi, format nota retur yang dicetak dari efaktur (tidak ada rincian barang & tandatangan yang berwenang) bisa diterima sebagai dokumen yang valid untuk transaksi retur barang?

  25. Selmat pagi min..
    Saya mau tanya, kebutulan kita punya perusahaan retial membeli barang dari distributor sekitar satu bulan yang lalu namun saat ini kita mau retur barang, tapi masalahnya FP sudah kita terbitkan/Lapor, apakah masih bisa kita lakukan retur..? dan kalau bisa diretur apakah harus melakukan pembetulan terhadap laporan yang sudah kita terbitkan itu..? trus kalau kita melakukan retur dalam aplikasi e-faktur menggunakan retur pajak keluaran atau retur pajak masukan..? terimaskih..

    1. Retur tetap dapat dilakukan, pembeli akan entry data retur dari menu retur pajak masukan, tanggal retur adalah saat dilakukannya retur dan akan masuk ke SPT masa sesuai tanggal returnya, jadi SPT yang terdahulu tidak terpengaruh

  26. dear admin
    apakah tidak masalah jika tanggal nota retur dan nomor retur penjual dan pembeli berbeda.sedangkan keduanya sudah sama2 mengupload nota retur tersebut?
    (nb nominal nota retur sama)

    1. Pembeli menerbitkan retur, artinya penomoran dibuat oleh pembeli, selanjutnya penjual menerima nota retur dan menyalin data tersebut, saat menyalin harus sama dengan yang tertera di nota retur

  27. dear admin
    saya mau tanya, customer saya kan melakukan retur barang yang sudah dikirim pada bulan mei dan juga sudah mengeluarkan nota returnya tapi pada bulan november. sedangkan saya kan sudah melaporkan spt ppn bulan mei, apakah saya juga harus melaporkan lagi pembetulan spt pada bulan mei atau tidak?

          1. tanggal faktur pajak 16 mei dan sudah laporan spt masa, sedangkan tanggal nota retur 15 november. apakah saya harus membuat pembetulan spt bulan mei?

          2. Masa Mei tidak terpengaruh, tidak perlu pembetulan, seperti jawaban sebelumnya bahwa data retur masuk ke masa pajak sesuai tanggal pada dokumen retur

  28. Dear Admin
    kami mempuanyai masalah lupa masukkan nota retur pada bulan sembilan, kan di atas tertera salah satu jalannya adalah membuat pembetulan , dan pembetulan sudah kami lakukan. dan sebelumnya bulan sembilan tersebut lebih bayar -11.000.000 setelah melakukan pembetulan mejadi lebih bayar -9.000.000. yang menjadi masalah iyalah pada program efaktur tersebut pada menu SPT-Formulir Induk-1111 bagian II di urutan F. PPN kurang atau (lebih) bayar kerena pembetulan muncul kurang bayar 2.000.000. Pertanyaan saya apakah yang 2.000.000 tersebut harus dibayarkan atau tidak?

    1. Opsi pertama adalah dilakukan pembayaran selisih yang td, karena nilai lebih bayarnya kan jadi mengecil, dengan opsi ini maka nilai kompensasi di masa selanjutnya tidak perlu diubah, tetap bisa diklaim nilai lebih bayar yang awal.

    2. Opsi kedua, tidak perlu dilakukan setoran di masa trsebut, namun jadi perlu memperbaiki nilai klaim kompensasi di SPT Masa yang selanjutnya

    1. Tampilan tersebut adalah hasil dari opsi yang pertama, selisihnya perlu dibayar namun nilai kompen pada masa selanjutnya tidak perlu dibetulkan, resiko opsi ini adalah adanya pembayaran dan atas pembayaran tersebut karena baru dilakukan saat ini maka jadi sanksi bunga 2% pasal 8 ayat 2a.

      Namun kalau di opsi kedua, penulisan angka di bagian II.E bisa dikosongkan (hapus manual) sehingga isian hasil di II.F akan bernilai LB, namun berikutnya harus ada revisi nilai kompen di SPT masa selanjutnya

  29. selamat pagi
    kan saya buat spt masa ppn msa ke 10 dgn status nihil dan tiba tiba ada pemasukan dari kien dan saya buat pembetulan di masa pajak ke 10, dan saya sudah laporkan dibulan 12 ini, dan saya juga mau buat spt masa ppn masa pajak ke 11 tapi kok ada nominal uang ya tapi di masa ke 11 ini kami tidak ada pemasukan dari klien. di apliksai E-faktur.

  30. Dear Adm

    Dari pertanyaan saya tgl 20 Desember kan admin bilang opsi pertama denda 2%. 2 % tersebut di ambil dari mana ya?nilai PK nya atau nilai kurang bayar karna pembetulan atau dari yang lain

  31. Dear Admin
    Mohon pencerahan..Kami terima Nota Retur Karena Revisi Kontrak. pembelian Besi. Transaksi terjadi april 2016, revisi kontrak desember 2017 ( pekerjaan msh berlangsung ) karena kami pembeli berarti nota retur tsb mengurangi pajak masukkan kami. yang mau kami tanyakan : 1. Pembetulan PPN atas nota retur tsb di lakukan kapan ? apa di april 2016 ( pembetulan setiap bulan sampai desember 2017 ) atau bisa langsung di desember 2017.

    Mohon pencerahan

    1. Konfirmasi dulu ya, retur diterbitkan oleh pembeli jadi bukan pembeli yang menerima retur, pembeli yang menerbitkan retur dengan tanggal nota retur sesuai dengan saat melakukan retur, tanggal retur menentukan masa pajak SPT nya, jadi patokan masa pajak bukan di tangga faktur tapi tanggal retur

      1. Terima kasih informasinya, jadi tanggal 27 desember 2017 kami menerima uang masuk atas kepengembalian pembelian besi ( karena revisi kontrak ) atas pengembalian ini kami harus buat nota retur ya..

        Mohon Pencerahan

  32. Dear admin,
    Sya pihak pembeli dan saya menerbitkan nota retur lalu saya upload dibulan 11. ketika nota retur diberikan kpd pihak penjual, ditolak karena pihak penjual sudah melakukan spt masa 11 dan minta diganti nota retur nya menjadi masa 12. Bagaimana sya selaku pihak pembeli untuk membatalkan nota retur tersebut? Dan pihak mana yg sebaiknya melakukan pembetulan?

    1. Pembeli menerbitkan retur dengan tanggal retur sesuai saat dilakukannya retur, tanggal retur akan menentukan masa pajak SPT baik di pembeli ataupun di penjual. Idealnya pembeli memberikan retur sebelum penjual melaporkan SPT Masa bulan tersebut sehingga tidak ada pembetulan SPT nantinya.
      Jika memang retur mau dibatalkan bisa dilakukan pembatalan oleh pembeli lalu buat retur lagi

  33. Dear admin,
    saya menerbitkan nota retur untuk pajak masukan yang telah namun setelah di upload dan sukses ternyata ada kekurangan nilai retur, yang ingin saya tanyakan apakah bisa nota retur tersebut direvisi? Mohon pencerahannya terimakasih

  34. Dear Admin

    sebenarnya yang akan saya tanyakan ini sudah ditanyakan diatas, yaitu mengenai retur atas faktur pajak yang bukan keluaran efaktur.

    melanjutkan jawaban dari Anda,
    admin berkata:
    NOVEMBER 30, 2017 PUKUL 18:42
    Entry data faktur yang akan diretur tadi di aplikasi efaktur, walaupun faktur dibuat sebelum efaktur mulai digunakan, barulah nanti entry data returnya

    Balas
    ramdan berkata:
    DESEMBER 13, 2017 PUKUL 10:14
    Maksud entry data faktur yang akan di retur di aplikasi efaktur itu upload faktur masukannya dulu gitu min?

    Balas
    admin berkata:
    DESEMBER 14, 2017 PUKUL 08:38
    Betul seperti itu Pak Ramdan

    pertanyaan saya ;
    apakah nantinya tidak ada masalah dikemudian hari?

      1. terima kasih atas responnya.

        masalah karena apa yg di input dalam eFaktur tdk dilaporkan dan tdk diposting.

        saya sudah mengikuti cara yg Anda bagikan, tapi masih blm ketemu kenapa faktur yg blm etax harus di input ulang pada sistem efaktur ketika FP tersebut akan diretur? seharusnya faktur tersebut kan juga sudah ada dalam server DJP bukan? padahal pada aplikasi sebelum v.2 tidak perlu input FP non etax ke sistem efaktur, apakah ini suatu kemunduran?
        mohon pencerahannya.

        Rgds,
        Bagus

  35. Jika pajak masukan terbit bulan januari dan pajak retur terbit bulan maret? Apakah ada masalah? Dan kita laporannya pajak retur pada masa mana?
    Thanks

  36. Dear, Admin

    Ada Faktur Pajak Masukan yang salah alamatnya sehingga di buat fakutr pajak pengganti, dan faktur pajak tersebut mempunyai Nota retur, nah masalahnya Nota retur tersebut di buatkan penggantinya atau tidak ya?

      1. Hai.
        Mohon solusi nya..
        Hari ini sya dapat nota retur dr prinsple. Dalam nota retur tersebut nomor seri nya tahun 2017. Pertanyaan nya apakah sya bisa meng-upload nota retur tersebut di bulan berjalan di tahun 2018. Terima kasih

  37. saya mau tanya,
    1. faktur pajak keluaran yg sudah di kreditkan pada bulan maret lalu apakah bisa di batalkan? karna barang di retur pada bulan 4, tapi faktur pajak sudah di terbitkan dan sdh d kreditkan oleh pihak pembeli
    2. jika tidak bisa di batalkan, solusinya apa?

  38. terima kasih utk jawabannya,
    jika di batalkan ada keterangan tidak bisa di batalkan karena ppn sdh di kreditkan, sdh d kreditkan apakah bisa di retur ?

    1. Untuk opsi pembatalan, begini mekanismenya: penjual klik batal (menunggu pembeli klik batal), pembeli klik batal (setelah penjual mengkonfirmasi akan membatalkan), penjual klik batal lagi (untuk menyelesaikan status pembatalan)

  39. siang admin….
    saya mau konsultasi saya sudah menerbitkan faktur pajak 3 nomor faktur sudah diterbitkan, ternyata dalam faktur pertama atau yg no 1 ada kesalahan penulisan alamat lawan transaksi, apa yang harus saya lakukan? apakah harus saya batalkan? sementara klu d ganti untuk alamat tidak bisa d rubah, mohon sarannya, terima kasih

      1. Terima kasih jawaban nya admin, Maksud impor nya gimana admin, klu saya buat jd pengganti untuk alamat tidak bisa d koreksi, dan lagian no yang mau d ganti tersebut transaksi nya bulan april sementara yg no 3 transaksi dalam mei ini, terimakasih.

        1. jika ini semua cm terkait dengan masalah edit alamat maka setelah impor dengan data alamat yang diperbaiki maka semua faktur yang dientry setelahnya akan beralamatkan sesuai data yg terbaru.
          Import maksudnya untuk merubah alamat, karena efaktur yang sekarang tidak bisa edit langsung.

  40. selamat pagi admin,
    jika terjadi retur pembelian, apakah nilai dari pajak dari retur pembelian tersebut tersebut akan mengurangi dari jumlah awal yang harus dibayarkan.

  41. Mohon pencerahan,
    1. Misal untuk faktur pajak masukan bulan April yang kami terima dari penjual sudah kami kreditkan untuk masa pajak April dan sudah kami laporkan, ternyata ada barang retur di bulan Mei. Apakah kami harus membuat SPT Pembetulan bulan April ?

    1. Faktur yang diretur tidak akan berubah, jadi tidak ada pembetulan SPT, yang perlu dilakukan adalah entry dan upload data retur tersebut kemudian posting SPT sesuai masa pajak dokumen returnya

  42. Dear Admin..
    Jika BKP diretur di bulan april sedangkan baru mendapatkan nota retur di bulan juni dengan tanggal retur bulan april. diinput pada bulan juni tidak bisa karena masa pajak dan tanggal nota yang berbeda, bagaimana solusinya admin?
    Terima kasih

    1. Jadi nota retur memang hanya bisa dimasukan ke masa pajak yang sama dengan tanggal returnya, jika masa trsebut SPT nya sudah dilaporkan maka perlu membuat pembetulan, caranya memang jadi lebih panjang

  43. Admin yth,
    Mohon info, kami mendapat nota retur dari pembeli di bln Juni bahwa PK bln Mei kami dikembalikan/dibatalkan. Seharusnya kami sebagai penjual ketika mendapat nota retur tsb kami memasukkan jg ke retur PK kami saat laporan di bln Juni. Tetapi, kami terlanjur langsung membatalkan PK Mei tsb tanpa meng-input nota retur dari pihak pembeli. Sehingga PK Mei kami berubah/revisi. Nah yg saya tanyakan, apakah ada efeknya bagi pembeli kami yg sdh mengeluarkan nota retur pada PK kami di bln Juni sedangkan kami sebagai penjual langsung membatalkannya di Mei tanpa meng-input nota retur yg kami terima? Terimakasih

    1. Apakah nilai returnya adalah jumlah total dari transaksi? Jika jumlahnya sama secara hitungan angka memang tidak ada masalah, tapi ada masalah di sisi administrasinya. Pertama cek kembali apakah memang benar PK di pihak penjual telah berubah menjadi status batal? Jika begitu maka pembeli yang terlanjur mengkreditkan faktur tersebut akan dianggap mengkreditkan faktur yang tidak sah karena pihak pembeli sudah membatalkan. Atas retur ini pun jadi akan batal, karena faktur yang diretur telah batal.

  44. apakah benar pernyataan saya:
    FP pengganti bulan Agustus, FP sebelumnya bulan Januari ,nah pembetulan d SPT itu kita pembetulan di Bulan apa??

    FP batal di bulan Agustus, FP sebelumnya Januari, nah pembetulannya SPT di bulan apa?

    mksd pertanyaan saya, saat bulan kapan pembetulan itu ?

      1. FP pengganti bulan Agustus, FP sebelumnya bulan Januari ,nah pembetulan d SPT itu kita pembetulan di Bulan apa??
        ini juga januari pak?

  45. Selamat PAgi Rekan,
    Selama ini Perusahaan Kami (WAPU) selalu menandatangani basah dan diStempel atas Faktur Pajak Pembelian BKP/JKP .

    Apakah hal itu diatur oleh peraturan perpajakan? (saya belum update peraturan).
    Informasi dari luar, Perusahaan lain (WAPU) sudah tdk menandatangani dan stempel. Mohon Pencerahan

  46. Hai.
    Mohon solusi nya.
    Hari ini sya mendapatkan nota retur dri prinsple. Notab retur tersebut nomor seri faktur di tahun 2017. Pertanyaan sya apakah sya masih mengupload nota returnya di efaktur di bulan berjalan di tahun 2018. Terima kasih

  47. Dear Admin,
    Saya mau tanya, jika perusahaan tersebut sudah tidak ada PM dan PK lagi, apakah Nota Retur Masih diperbolehkan?
    Mohon penjelsannya

  48. Saya ingin bertanya, saya kan udah upload returan saya tetapi nominalnya selisih 1 perak nah itu bisa tidak di batalkan returnya dulu nah abis itu saya ganti nominalnya nanti di returkan lagi?mohon penjelasan nya ya . Karna urgent sekali

    1. Ini returnya untuk retur data PM atau retur data PK? retur jika masih keliru (dengan nilainya lebih kecil) dapat dibuatkan retur lagi oleh pihak pembeli

  49. Min.
    saya mau nanya.

    Kalau ingin merubah nominal ppn yg diretur bagaimana ya??
    Karena ada retur pembelian dan saya sebagai penjual.
    Pihak pembeli sudah menerbitkan retur dengan nominal hanya 70% dari nilai keseluruhan

  50. Min, saya mau nanya :
    Apabila FP Masukan diterbitkan dibulan Nop. 2108 dan salah satu barangnya ada yg dikembalikan dari 1 FP tsb dan Nota Returnya dibuat pada Jan. 2019. Bagaimana ini ? apakah hal ini dilaporkan ke SPT PPN Masa Januari 2019 dan tidak ada masalah ? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

  51. Min, saya mau tanya,
    saya baru melakukan posting ulang semua SPT lama.
    Tetapi data retur faktur keluaran yang sudah pernah saya upload sukses ternyata ada keterangan reject (SPT 2017 Februari), padahal di Februari 2017 saya upload approval sukses.
    Waktu saya coba upload ulang, keterangan rejectnya karena nilai retur melebihi nilai maksimal yang bisa diretur, sedangkan kondisinya nilai retur tersebut tidak lebih dari nilai faktur yang pertama kali saya input.
    apakah mungkin pengaruh lawan transaksi (pembeli) sudah melakukan upload retur masukan mereka?
    mohon advice nya.
    Terima kasih.

  52. Saya buat beberapa faktur pajak ppn pada bulan September 2018. Dan faktur pajak tsb sudah di laporkan dan di bayarkan. Eh ternyata Minggu lalu saya baru tahu, kalo ada faktur pajak yang salah penulisan NPWPnya. Saya browsing ternyata tidak bisa di ganti. Berati saya harus membatalkan dan buat baru dengan NSFP baru. Saya masih ada sisa NSFP tahun 2018. Tetapi bulan Desember. Apa bisa pakai NSFP tersebut? Dan otomatis masa pajaknya Bulan Desember?. Atau bagaimana? Mohon infonya mas..

  53. Min..saya mau tanya..
    1. Saya sebagai penjual..pembeli melakukan retur masa 06-2018 tangaal retur 17 masa 01 2019 dan belum memberikan nota retur dri e faktur(hanya nota retur manual) apakah bisa masukkan nota retur pajak keluaran kami sbg penjual?
    2. Jika keluar nota retur dari e faktur pembeli di masa 01 2019 pakah sebagai penjual masa 06 2018 harus dibetulkan smpai masa 12-2018?

    1. 1. Jika pembeli statusnya PKP maka retur harus dari efaktur
      2. Retur yang didapatkan dengan masa pajak kapanpun tidak akan mempengaruhi masa pajak faktur yang diretur

      1. Jika pembeli PKP tidak mengeluarkan nota retur dari e faktur berarti kita sebagai penjual berhak membuat faktur pengganti atas no faktur pajak tsb sehingga menjadi 011 (pajak pengganti) pada masa 06 2018 mengingat barang sudah diretur?
        Dan membuat lap pembetulan atas pph pada masa 06 2018 tsb(karena sudah dilaporkan)

  54. Admin, saya mau tanya.
    Saya sebagai penjual mendapatkan nota retur dr pembeli yang memakai sebuah sistem bernama be to be tetapi nota retur yg di terima tidak complete.
    Sebagai contoh ada 30 bkp dgn nama yg sama di retur pembeli, tetapi pembeli membuat 2 nota retur misal RB2018…(A) dan RB2018…. (B) @15.
    Di saat mendownload di sistem be to be pembeli hanya muncul nota retur yg A dan ternyata pembeli ada kesalahan input sehingga sistemnya menolak untuk nota yg B.
    Lalu saya di suruh membuat retur pajak manual dgn sisa yg tidak complete td agar bisa di jadikan nota retur tahun berjalan, karena nota retur yg tidak complete tadi merupakan bulan agustus 2018.
    Seperti apakah bentuk retur manual yg di maksud? Dan apa yg harus saya lakukan selanjutnya?
    Terima kasih

    1. Jika yang dimaksud adalah retur atas faktur pajak dan kedua pihak adalah PKP, maka retur yang dpt diakui adalah retur yang dicetak melalui aplikasi efaktur saja, selain itu dianggap tidak ada retur

  55. Mlm min,
    Min mau minta pencerahnnya, mohon dbantu
    Pihak pembeli sudah menerbitkn retur atas fktur pajak thun 2016 dn sdh diterima oleh pihak penjual, tetapi saat akan dlakukan input retur trjdi eror “tidak dapat melakukan retur atas faktur pajak yg belum terapprove oleh djp”, solusinya bgmn ya min agr pihak pembeli bs melakukan upload retur ?
    terima kasih min

  56. pagi,
    kalo nota retur salah masa, sudah dilaporkan di spt januari, seharusnya masa februari.
    bagaimana cara pembetulannya ? tks

    1. kekeliruan masa pajak tidak dapat diperbaiki, jadi harus membatalkan data retur yang sudah ada dan melakukan revisi dengan penerbitan data retur yang baru

  57. dear admin.

    saya ingin tanya mengenai perlakuan Nota Retur untuk Outlet NPWP Non PKP.
    apakah Nota retur dari outlet NPWP non PKP tersebut ttap kami entry dan upload.?

    apakah tidak ada kendala saat upload Nota Retur non PKP tersebut.?

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *