Faktur Pajak Pengganti dan Pembatalan Faktur

  • Faktur Pajak Pengganti merupakan faktur pajak yang dibuat sebagai revisi atas faktur seebelumnya pada transaksi yang sama. Fakttur pengganti tidak akan menghapus atau menghilangkan keberadaan faktur normalnya. Keduanya akan tetap ada dalam record data di pihak penerbit dan harus dientry oleh pihak pengguna/pembeli.

  • Faktur Pajak Pengganti menggunakan NSFP yang sama dengan faktur yang diganti (pada digit ke-4 dan seterusnya). Perubahan hanya terjadi Kode Status (digit ke-3), yaitu 0 (nol) pada faktur pajak normal menjadi 1 (satu) pada faktur pajak pengganti, baik faktur pengganti pertama ataupun faktur pengganti kedua dan seterusnya.

  • Faktur pajak pengganti berisi perbaikan dari faktur pajak normal atas kekeliruan pada hal-hal seperti pengisian kode detil transaksi pada nomor faktur, isian referensi faktur, nama lawan transaksi, alamat lawan transaksi, item barang/jasa yang dituliskan pada faktur, harga satuan, nilai DPP-PPN-PPnBM, dan isian pembayaran uang muka/termin.

  • Kolom Status Faktur pada faktur awal yang diganti akan berubah dari isian Normal menjadi Diganti, sedangkan pada faktur pengganti yang baru akan tertulis status Normal-Pengganti.

  • Tanggal Faktur Pajak Pengganti diisi dengan tanggal pada saat Faktur Pajak Pengganti dibuat, namun dilaporkan dalam SPT Masa PPN pada Masa Pajak yang sama dengan Masa Pajak dilaporkannya Faktur Pajak Normal.

  • Pada saat posting SPT Masa, akan terdapat faktur yang diganti dengan nilai 0 (nol) pada kolom DPP, PPN atau PPN dan PPnBM, dan pada faktur penggantinya akan terisi nilai sesuai dengan yang telah diganti. Data Faktur Pengganti baru dapat dibuat setelah Faktur Normal berstatus Approval Sukses.

  • Pasal 15 ayat (3) PER-24/PJ/2012, saat terjadi pembatalan transaksi atas penyerahan BKP dan/atau JKP yang Faktur Pajak-nya telah diterbitkan, PKP yang menerbitkan Faktur Pajak harus membatalan Faktur Pajak. Pembatalan transaksi harus didukung bukti/dokumen pembatalan transaksi, dapat berupa pembatalan kontrak yang menunjukkan terjadi pembatalan transaksi.

  • Pembatalan faktur juga digunakan untuk membatalkan faktur dengan kekeliruan isi yang tidak dapat diperbaiki melalui Faktur Pengganti. Kekeliruan tersebut antara lain yaitu kesalahan penulisan NPWP lawan transaksi. Atas kekeliruan tersebut, pihak penerbit/penjual perlu memperbaiki dengan cara membatalkan faktur lama yang keliru kemudian menerbitkan faktur pajak baru (menggunakan NSFP baru).

  • Pada aplikasi efaktur, Faktur Pajak yang dibatalkan secara otomatis terposting pada SPT Masa yang dimaksud (sesuai tanggal faktur) dengan nilai 0 (nol) pada kolom DPP, PPN atau PPN dan PPnBM. Dimungkinkan atas pembatalan ini perlu melakukan pelaporan SPT Pembetulan, sepanjang telah melakukan pelaporan SPT Normal.

 

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1.2K Comments
terdahulu
terbaru voting terbanyak
Inline Feedbacks
View all comments
kaysah
kaysah
5 years ago

Mohon info Admin, kami baru proses pindah alamat PKP.
e-faktur sudah di up-date, namun pada saat proses impor FPK lupa mengganti alamat PKP penerbit, sehingga e-faktur yg di approved masih menggunakan alamat lama.
Bagaimana cara edit (e-FP Pengganti) alamat penerbit yg salah tsb?
Terima kasih sebelumnya.

admin
Admin
5 years ago
Reply to  kaysah

Hi.
Coba masuk ke menu Management Upload lalu ke Profil PKP dan klik sinkronisasi.
Setelahnya lakukan penerbitan faktur pengganti dengan tanggal hari ini (tanggal stelah klik sinkronisasi).
Hanya itu.

Katrin
Katrin
5 years ago

Admin,

Saya sudah buat faktur pajak pengganti karena nominal di fp normal salah. Sudah di approved, namun ketika di print, ternyata nominal DPP masih salah. Bagaimana solusinya?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Katrin

Faktur pengganti ya? Bisa dibuat lagi penggantinya. Faktur pajak pengganti bisa dibuat pengganti lagi, tidak terbatas.

Nurita
Nurita
3 years ago
Reply to  admin

cara mengganti faktur pengganti bagaimana ya?

admin
Admin
3 years ago
Reply to  Nurita

Pengganti bisa diganti lagi, bebas berapa kalipun bisa, caranya tidak berbeda dengan pengganti yang awal

Eguh
Eguh
3 years ago
Reply to  admin

Faktur nya sudah saya ganti ternyata ada yg salah lg dan Yg diganti itu faktur penggantinya atau faktur normalnya yg awal ya admin

admin
Admin
3 years ago
Reply to  Eguh

Pengganti terakhirnya diganti lagi, bukan yang awal

mogum
mogum
3 years ago
Reply to  admin

maaf min kalo begitu apakah tidak akan terkena sanksi administratif ?

admin
Admin
3 years ago
Reply to  mogum

Terhadap penggantian faktur tidak ada sanksi, namun jika ada kurang bayar SPT yang bertambah maka akan beresiko sanksi.

Miss
Miss
2 years ago
Reply to  admin

maaf min sy ikut share, sbb kejadiannya sama dg kami maka saat spt ternyata timbul kurang bayar, bisa bantu perjelas kurang bayar apa yg di maksud ?

admin
Admin
2 years ago
Reply to  Miss

Misal nilai PPN pada faktur pengganti terakhir menjadi lebih besar dari nilai sebelumnya, maka saat posting SPT Pembetulan nilainya pun akan menjadi lebih tinggi, hal itu kita lakukan saat ini namun pasti terhadap data yg telah lalu, artinya kita saat ini harus membayar selisih kurangnya atas masa yang telah lalu, maka akan ada terlambat bayar, sanksi bunga 2% per bulan dari nilai kurang nya tersebut karena dibayarnya melebihi jangka waktu seharusnya

Ratna
Ratna
4 years ago
Reply to  Katrin

Dear admin,
Saya mau tanya Faktur pajak pengganti 011. Seharusnya dibatalkan dan dibuat dengan no faktur baru karena sudah 011. Tidak mungkin diganti dengan no yang sama bukan?? Tapi masalahnya difaktur 011 tersebut statusnya masih “diganti” sedangkan seharusnya dibatalkan karena mau dibuat dengan no faktur pajak yang baru. Apakah nantinya berpengaruh atau menggantung karena mungkin 011 masih diganti lalu mana penggatinya padahal maksudnya mau dibatalkan. Bagaimana caranya apakah masih bisa diubah??

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Ratna

Faktur pengganti yang diganti lagi akan tetap dengan kode 011, jadi saat upload muncul keterangan diganti maka artinya faktur tersebut sudah diganti lagi, konfirmasi ke penerbit faktur tentang faktur mana yang paling update

Ratna
Ratna
4 years ago
Reply to  admin

Dear Admin.
Tapi kita sudah terlanjur bikin faktur pajak baru dengan no yg baru… Bagaimana dengan faktur 011 tersebut yg statusnya diganti apakah bisa dibatalkan??
Tampilkan kutipan teks

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Ratna

jika memang sudah diterbitkan faktur baru maka faktur pengganti tadi harus dibatalkan agar tidak dianggap ada 2 kali transaksi

luh yuartrini
luh yuartrini
1 year ago
Reply to  admin

nah min saya ada kasus seperti ini faktur pajak yang sudah diganti ternyata ada perubahan NPWP jadi saya buat faktur baru, bagaimana cara membatalkan faktur pajak yang sudah diganti tadi karena statusnya riject (NPWP pembeli tidakbisa diganti) terimakasih

Admin
Admin
1 year ago
Reply to  luh yuartrini

Membatalkan faktur pajak dilakukan dengan cara klik menu batal

Andri
Andri
1 year ago
Reply to  admin

lalu bagaimana nasib faktur awal yang salah dengan status diganti nya akan terlihat di prepulated kah? bagaimana juga dengan faktur penggantinya yang dibatalkan akankah terlihat juga di prepopulated?

Admin
Admin
1 year ago
Reply to  Andri

jika faktur awal sudah dikreditkan oleh pembeli maka harus ada konfirmasi dalam pembatalan, namun dalam kondisi ini pasti pembeli jg blm mengkreditkan sehingga pembatalan dapat dilakukan sepihak oleh penjual, faktur yg telah dibatalkan tidak akan muncul di prepop pembeli, yg muncul adalah faktur baru di prepop pembeli yg sudah benar

Helza
Helza
7 months ago
Reply to  Ratna

Mbak, saya juga ada masalah seperti ini, apakah mbaknya sdh dapat solusinya? karena pengganti nya dibuat dengan no yang baru, dan sudah diupload. Tapi saat sudah dibatalkan kenapa masih muncul transaksinya. bagaimana cara membatalkan yang diganti?

Ben
Ben
4 years ago
Reply to  admin

Dear Admin

Jika faktur pajak ganti sudah dilaporkan di bln mei dan penggantinya belum di upload dan tidak digunakan. apakah statusnya FK penggnti tersebut apakah harus dilakukan ?mohon bantuanya

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Ben

Apakah yang dimaksud ini faktur pengganti yang dibuat penggantinya lagi? Jika data faktur belum upload maka itu belum jadi faktur yang sah, bisa dihapus aja

Siti
Siti
6 months ago
Reply to  admin

Jika fp pengganti belum upload dan dihapus, apakah faktur yang statusnya diganti bisa ganti status menjadi normal lagi min

Admin
Admin
6 months ago
Reply to  Siti

iya,bisa

Siti
Siti
5 months ago
Reply to  Admin

Hapusnya harus lewat espt atau cukup dr e faktur pak

Admin
Admin
5 months ago
Reply to  Siti

menggunakan aplikasi efaktur

Ara
Ara
5 years ago

Dear Admin,

Pls advice. Saya mau membuat faktur pajak pengganti di bulan Oktober (sudah melakukan pelaporan SPT Normal). Faktur pajak tsb diganti karena alamat lawan transaksinya salah. Untuk SPT Masa Oktober, apakah saya harus melakukan pembetulan dan melakukan pelaporan ulang?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Ara

Betul, setelah penggantinya dibuat maka harus melakukan lapor SPT Pembetulan. Apapun perubahan yang akan dilakukan pada akhirnya tetap perlu lapor SPT Pembetulan

Jessy
Jessy
2 years ago
Reply to  admin

Permisi admin, saya mau tanya. untuk pelaporan SPT Pembetulan karena salah alamats seperti di atas bisakah via online sekarang? atau perlu ke KPP?

admin
Admin
2 years ago
Reply to  Jessy

Laporan SPT apapun dapat dilakukan secara elektronik jika sudah mengurus EFIN

elnura
elnura
10 months ago
Reply to  admin

Dear Admin
jika kasusnya Faktur pajak diganti karena alamat lawan transaksinya salah apakah Fakturnya masih bisa di ganti jadi 011 apa harus di batalkan?

Admin
Admin
10 months ago
Reply to  elnura

Bisa aja jadi 011

fifi
5 years ago

dear admin,

saya upload faktur pajak masukan pengganti, tetapi kenapa nominalnya berubah otomatis yah, padahal sudah benar nominalnya. saat status approve pun nominalnya sudah sama tetapi setelah di upload berbuah. NOminal yang di ganti 39.036.692 setelah di upload menjadi 39.036.686. berubah kembali nominal menjadi 39.036.692. dpp nya 390.366.869. trims

admin
Admin
5 years ago
Reply to  fifi

Saat upload faktur masukan maka akan terjadi autocorect terhadap nilai DPP dan PPN yang akan menyesuaikan dengan nilai yg dibuat oleh penjual.
Dalam kondisi yang ditanyakan brarti faktur pengganti yang diterima sebenarnya telah dilakukan penggantian lagi oleh penjual, nilai yang akhirnya muncul adalah nilai yang paling baru atau hasil dari penggantian faktur yang paling update.
Faktur pengganti masih bisa terus diganti-diganti lagi seterusnya tak terbatas.

Suanto
Suanto
5 years ago

pak admin mohon bantuan nya,
mohona maaf sebelumnya saya masih awam soal E-Faktur, kemarin saya buat E-Fatur, trs upload, dan gagal status nya di β€œReject” ”
Karena gagal, saya hapus E-faktur yang telah saya buat tersebut, lalu saya buat yang baru, ternyata NSFP nya berubah ya untuk E-Faktur yang baru, yang mau saya tanyakan, nasib E-Faktur yang saya hapus itu gimana? apa nanti ada pengaruh nya terhadap saya?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Suanto

Tidak ada masalah dengan faktur yg dihapus tadi, nomornya pun masih bisa dipakai lagi nantinya πŸ™‚

Nia
Nia
3 years ago
Reply to  admin

Admin mohon bantuannya ya.
mohon maaf sebelumnya, Fktur pajak yg sudah pernah di upload kmudian dbatalkan apakah nomor seri fktr trsb bs di pakai kmbli ?

admin
Admin
3 years ago
Reply to  Nia

Nomor tersebut tidak bisa digunakan kembali

Rere
Rere
1 year ago
Reply to  admin

Pak Admin, sy buat efaktur pengganti tp saat di upload reject trus saya hapus, bagaimana cara mengembalikan efaktur pengganti yang sdh terhapus tadi,

Admin
Admin
1 year ago
Reply to  Rere

bisa entry baru lagi penggantinya

Rere
Rere
1 year ago
Reply to  Admin

Pak Admin, kami tidak bisa entry baru pengganti lagi karena efaktur yg awal sdh ber status diganti, untuk itu kami buat efaktur baru. permasalahan nya efaktur yg status diganti tidak bsa di batalkan, untuk itu kami minta db efaktur (berupa zip rar) dari KPP, kami mohon petunjuk cara nya merubah efaktur status di ganti menjadi status normal( biar bisa batal) dengan adanya db dari KPP . Terimaa kasih

Admin
Admin
1 year ago
Reply to  Rere

file dari KPP sudah diimpor? jika sudah silahkan cek lg di faktur yg dimaksud, jika faktur normalnya masih bisa dibatalkan maka langsung batalkan saja, jika faktur normal statusnya diganti maka pasti akan ada data faktur penggantinya nah data faktur penggantinya yg dibatalkan

Erin
Erin
10 months ago
Reply to  Admin

kalau di faktur pengganti tidak ada keterangan “batalkan” bagaimana? sedangkan faktur pengganti statusnya reject

Admin
Admin
10 months ago
Reply to  Erin

jika status reject maka hapus aja dulu lalu cek ke faktur yg digantinya dulu, batalkan disana

Novi
Novi
1 year ago
Reply to  Admin

bagaimana CaRanya ?

Admin
Admin
1 year ago
Reply to  Novi

cara apanya? cara impornya? dari menu impor

Djarwo
Djarwo
5 years ago

Pak Admin. Saya isi faktur bikin eFaktur Des 2015, sdh lapor SPT Masanya, Ada kesalahan Nilai sdh diperbaiki Feb 2016, Status normal menjadi Pengganti dan sdh dilaporkan. Pada Sept 2016, diketahui Nilai faktur ternyata masih ada kesalahan, apakah Faktur pengganti masih bisa diperbaiki, dan menggunakan nomor faktur yg sama atau dibatalkan diganti nomor faktur 2016, karena di perbaikan Faktur Pengganti tidak ada lagi pilihan Pengganti dalam DaftarvFaktur Pajak Keluaran. Terima kasih.

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Djarwo

Faktur pengganti masih bisa diganti lagi, nomor akan tetap sama seperti yang lama, yang diganti dipilih dari faktur yang terakhir hasil penggantiannya

Jarwo
Jarwo
5 years ago
Reply to  admin

Faktur yang terakhir tidak bisa diganti status “Diganti” dan sudah Aproval, karena pada faktur tsb di bagian bawah tidak terdapat perintah “Pengganti” , perintah tersebut tidak muncul, bagaimana caranya. Kalau yg “Normal” bila di klik masih keluar perintah “Pengganti”. Mohon solusi, saya sdh hub KPP Pratama tidak dpt beri solusi, krn aplikasi di kantor Pusat. Tks

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Jarwo

Faktur pengganti yg terakhir pasti akan berstatus Normal Pengganti, kalau status nya Diganti pasti bukan faktur yg terakhir, coba cek lagi nomor faktur yg dimaksud

admin
Admin
5 years ago
Reply to  admin

> by email
> Sudah di cek sebagai faktur terakhir, tidak ada lagi krn pengganti terakhir, > dan tercatat sudah approval sukses. Bgmn binggung, untuk memperbaiki

Faktur pengganti yang terakhir akan tertulis Normal Pengganti atau dapat juga Batal dalam hal memang sudah dibatalkan, jika faktur tersebut tertulis statusnya Diganti maka cek lg keberadaan faktur Normal Pengganti nya

toni
toni
4 years ago
Reply to  admin

admin saya tidak merubah pajak normal nya menjadi faktur pengganti, sehingga tidak muncul faktur normal-penggantinya dan tidak ada juga pilihan batal di fp yang sudah di ganti.
jadi apakah saya perlu membuat fp dengan no baru?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  toni

Bisa dijelaskan kembali maksudnya seperti apa? Bisa dengan diberikan contoh agar kami lebih jelas untuk menjawabnya

EKO HARI SASONGKO
EKO HARI SASONGKO
5 years ago
Reply to  admin

NAMUN BAGAIMANA DENGAN TANGGALNYA? APABILA TANGGAL LEBIH TUA DARI TANGGAL YANG TELAH DILAKUKAN PENGGANTIAN

admin
Admin
5 years ago

Maaf yang ini kurang jelas. Jika memang ada pengganti maka tanggalnya harus setelah tanggal yang digantikan

nuridi
nuridi
5 years ago
Reply to  admin

maaf pak admin.
saya ada buat FPK tgl 6 juni trus saya upload di tgl 4 juli dan setelah saya posting buat pelaporan spt. ternyata ada yang salah di FPK tsb. pertanyaan bolehkah kalo saya ganti tapi dengan tgl yang sama 6 juni. karna saya sudah ganti dengan tgl tsb. terima kasih.

admin
Admin
5 years ago
Reply to  nuridi

Sore. Boleh πŸ™‚

Janty
Janty
5 years ago

Pa, saya sdh membuat FP pengganti untuk pajak keluaran. Saat posting SPT, jumlah item pajak keluaran jadi bertambah 1, FP normal dan FP pengganti nya ikut terhitung. apakah nilai FP normal akan masuk kedalam SPT ? atau yang masuk kedalam perhitungan SPT adalah nilai dari faktur pajak penggantinya ?
Terimakasih

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Janty

Jumlah baris faktur memang akan bertambah tapi jumlah nilai DPP dan PPN hanya akan menghitung dari nilai di faktur penggantinya aja, faktur normal yg diganti saat posting akan berubah jd 0

jayadi
jayadi
5 years ago

Pak, saya melakukan kesalahan input lalu membatalkan e-faktur, apakah nomor faktur yang dibatalkan dapat digunakan lagi dengan pt yang berbeda ?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  jayadi

Nomor faktur yang dibatalkan bukan berarti tidak terpakai, nomor tersebut tetap terpakai dengan status batal, dan tidak dapat digunakan lagi untuk transaksi yang lain

Ade
Ade
5 years ago
Reply to  admin

untuk kasus yang sama, Bukti yang perlu dilampirkan apa saja, karena salah input Item Produknya?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Ade

Untuk pembatalan hendaknya menyiapkan dokumen pendukung dapat berupa Berita Acara pembatalan

novi
novi
2 years ago
Reply to  admin

berita acara pembatalan seperti apa ya MIn?

Admin
Admin
2 years ago
Reply to  novi

Dalam aturan pajak tidak diatur secara lebih rinci, jadi cukup dibuat dengan jelas saja kronologis dan ditandatangani pengurus

angela_tya
angela_tya
5 years ago

admin, saya mau bertanya. saya kan membuat faktur pengganti utk tgl 28 des 2016. penginputan saya lakukan 16 jan 2017. ketika diupload ternyata tgl faktur pengganti menjadi 16 jan 2017, tetapi masa pajaknya masih tetap. saya ingin bertanya tentang hal tersebut, bagaimana solusinya? apakah saya harus melakukan pembetulan? karena utk membuat faktur pengganti utk perubahan ( menjadi 28/12/16) sudah tidak bisa dilakukan

admin
Admin
5 years ago
Reply to  angela_tya

Tidak ada masalah pada hal tersebut, tanggal berapapun pada faktur pengganti tetap akan masuk pada SPT Masa yang sama dengan faktur normalnya.

christi
christi
1 year ago
Reply to  admin

admin saya mau nanya jdi klo gitu invoice nya diubah sesuai tgl faktur pajaknya? atau solusinya gimana admin?

Admin
Admin
1 year ago
Reply to  christi

ini hubungannya dengan invoicenya gmn ya? di cerita atas ga ada info tentang invoice dan di sisi lain invoice itu ga diatur di aturan pajak, ga ada invoice pun kl dari kacamata pajak ya ga masalah

tiara
tiara
5 years ago

saya salah masukin lawan transaksi tapi sudah saya lapor bulanan. seharusnya PT.A tapi saya input PT.B gimana cara pembetulan nya ya?
mohon dibantu

admin
Admin
5 years ago
Reply to  tiara

Perbaiki dulu dengan membatakan faktur yang salah lalu membuat lagi faktur dengan data yang benar baru kemudian membuat pembetulan SPT

Rijal
Rijal
4 years ago
Reply to  admin

Perbaiki dulu dengan membatakan faktur yang salah lalu membuat lagi faktur dengan data yang benar baru kemudian membuat pembetulan SPT
Tanya Pak admin…kalau terbit FP lagi berarti telat menerbitkan FP. Bukankah begitu Pak Admin? Mohon pencerahannya. Trim

admin
Admin
4 years ago
Reply to  Rijal

Faktur pajak baru tetap bisa diterbitkan dengan menuliskan tanggal seperti di faktur sebelumnya

Thata
Thata
5 years ago

Dear Admin, saya ingin bertanya, kami PT (A) bergerak dibidang jasa dan memiliki klien / customer baik itu pihak swasta ataupun Badan Pemerintah. Misal kasusnya seperti ini, PT A melakukan penagihan ke B (dlm hal ini pihak BUMN yg Faktur Pajaknya menggunakan kode 03). Pihak B ini memiliki jadwal untuk proses pembayaran. Misal apabila dokumen penagihan diterima diatas tanggal 20 maka faktur pajak harus bertanggal bulan berikutnya, namun apabila sebelum tanggal 20 fakturnya bertanggal bulan berjalan. PT A mengirimkan tagihan tgl 24/01/17 (dan sudah membuat faktur pajak keluaran pd tgl 24/1/17). Diawal bulan Februari PT A dikonfirmasi agar mengganti faktur pajak tersebut ke bulan Februari dengan alasan pihak treasury menerima tagihan diatas tgl 20. Mau tidak mau PT A harus merevisi dokumen tagihan tersebut agar proses pembayaran segera dijalankan. Pertanyaan saya adalah :
1. Atas FP yg sdh di terbitkan tgl 24/1/17 tersebut dibatalkan kemudian dibuatkan FP baru tertanggal bln Februari atau FP tersebut cukup dibuatkan pengganti tertanggal bln Februari ?
2. Apabila FP tersebut dibatalkan, maka PT A hrs menyiapkan surat keterangan pembatalan faktur untuk dilampirkan pada saat melapor SPT Masa ? Alasan/Keterangan apa yang harus dicantumkan pada Surat Pembatalan tersebut ?

Mohon sarannya..
Terima kasih

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Thata

1. Merevisi tanggal faktur harus dengan membatalkan faktur yang terdahulu lalu menerbitkan lagi faktur yg baru, tidak bisa dengan faktur pengganti
2. Dokumen pendukung untuk pembatalan faktur tidak harus dilampirkan pada laporan SPT. Alasan pembatalan bisa dibuat uraian seperti kronologis yang disampaikan diatas

Dewi
Dewi
5 years ago
Reply to  admin

Pak, bisa dijelaskan apakah setiap kali merevisi tanggal faktur harus dengan pembatalan faktur? bisa dijelaskan mengapa tidak bisa dengan FP pengganti? thanks

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Dewi

Tanggal faktur pengganti tidak menunjukan saat terutangnya PPN (PPN terutang saat penyerahan atau pembayaran yang diterima lebih awal), tetapi hanya menunjukan kapan dibuatnya faktur pengganti. Saat ada faktur pengganti maka untuk menentukan apakah faktur terlambat atau tidak, tetap akan melihat tanggal pd faktur normalnya. Tanggal faktur pajak pengganti juga tidak dibuat mendahului tanggal yang ada di faktur normal.

ari
ari
4 years ago
Reply to  admin

dengan kasus yg sma, apakah apakah PT.A perlu surat dukungan dari BUMN terkait untuk pembatalan FP tersebut?
BA pembatalan FP dibuat oleh PT.A atau BUMN tsb?

admin
Admin
4 years ago
Reply to  ari

dokumen pendukung untuk pembatalan bebas dibuat oleh pihak mana saja, lebih baik isinya juga menyertakan tanda tangan kedua pihak

Nisa
Nisa
5 years ago

Pak kalau sudah di batalkan nomor seri faktur pada pajak keluran yang di batalkan apakah harus dikembalikan? Apa perlu di laporkan ke pajak untuk perubahan? Atau cukup di ubah saja? Terus dilaporkan untuk spt tahunan lansung

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Nisa

Nomor faktur batal tetap dianggap telah digunakan dengan status batal, dilaporkan di SPT Masa PPN (data faktur batal akan ikut terposting dengan nilai 0), silahkan cek apakah SPT Masa PPN perlu lapor pembetulan atau tidak. Untuk data SPT Tahunan salah satunya akan mengambil data pendapatan yg ada di laporan laba/rugi, pastikan jumlahnya telah sesuai dengan yg dilaporkan di SPT Masa PPN

Nisa
Nisa
5 years ago
Reply to  admin

Bagaiamana cara saya melaporkanny pak? Karna sudah saya batalkan dan saya ganti dengan yang baru. Pada saat pelaporan spt apa yang harus saya lampirkan? SPT gagal yg dengan nilai 0 tetap saya laporkan? Apakah saya bisa lansung melaporkan dn mendapatkan bukti pelaporan spt karena saya takut kalau ad pembetulan akan lama krn ad 5 NSFP yang saya batalkan mohon bantuaannya pak terima kasih banyak

Nisa
Nisa
5 years ago

Satu lagi pak pertama saya coba ganti dgn faktur pengganti tapi statusny reject krn harus d batalkan apa yang harus saya lakukan pak? Tinggal hapus yg Faktur pengganti yang reject dan membatalkan faktur normal. Penggantinya? Mohon pencerahannya pak

yanti
yanti
5 years ago

Dear Admin,
Mohon bantuan & infonya, kami perusahaan bergerak dibidang penjualan barang & ada aturan dalam perusahaan kami untuk menerbitkan faktur pajak 3 hari setelah barang terkirim, padaa saat faktur telah terbit ternyata pihak customer menginfokan apabila ada kondisi fisik barang yang tidak sesuai, sehingga kebijakan perusahaan memberikan kompensasi harga, yang ingin saya tanyakan apakah faktur pajak yg telah terbit tadi bisa dilakukan faktur pajak pengganti?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  yanti

Bisa diterbitkan faktur pengganti, dengan detil nilai disesuaikan dengan kondisinya. Tanggal di faktur pengganti memang sesuai saat diterbutkannya penggantian, namun nanti akan terposting ke SPT masa yg sama dengan faktur yang diganti

Mayasari
Mayasari
5 years ago

Saya mau nanya. Barusan saya buat faktur pajak tapi penulisannya salah tetapi faktur tersebut sudah saya upload lalu saya batalkan dan saya membuat faktur baru lagi. Apa itu tidak apa apa? Mohon pencerahannya dan bantuannya pak..

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Mayasari

Faktur yang telah dibatalkan tidak ada masalah, nanti juga akan ikut terposting di SPT Masa nya dengan nilai 0

Subhan
Subhan
5 years ago

Dear admin.
Saya masih baru, saya melakukan kesalahan pada saat create no faktur pajak. Tidak satu satu tapi saya ceklis semua baru create akhirnya beberapa no. Faktur penjualan gabung jadi 1 no faktur pajak.
Parahnya sudah tercetak jadi pdf apa bisa dirubah?
Mohon pencerahan..

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Subhan

Mohon maaf, komentarnya baru direply ada salah filter pesan sehingga tidak terbaca.
Bisa dilakukan perubahan data faktur dengan membuat faktur pengganti, atau jika itu sulit bisa dibatalkan saja faktur yang lama lalu buat faktur yang benar dengan nomor baru

Dessi
5 years ago

Dear : Admin

Mohon informasinya NSFP yang sudah batal maupun pengganti apakah wajib dilaporkan ke KPP pada saat pengembalian NSFP yang tidak terpakai dan apa saja yang harus dilampirkan..?? mohon infonya.. Terima kasih

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Dessi

Untuk pengembalian NSFP hanya yang benar-benar tidak/belum pernah terpakai saja.
Batal atau pengganti secara otomatis sudah ikut masuk saat posting SPT

dirna
dirna
5 years ago

sya sdh menerbitkan faktur pajak ke client kami BUMN (kode03) pd bulan Des 2016. namun saat ini diinfo BUMN tsb belum menyetorkan PPNnya, dan meminta kami mengganti faktur pajak yg baru yg direlease bulan Maret 2017.
Apakah FP yg Des bisa langsung kami batalkan saja? dan terbitkan yg baru? atau harus dibuat faktur pengganti dengan no FP lama?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  dirna

Jika memang jadinya mau berubah masa pajak maka lebih baik faktur yang lama dibatalkan lalu buat lagi faktur dengan nomor baru

Fifit Fitrian
Fifit Fitrian
5 years ago

Maaf mau tanya
Jadi tadi siang itu saya membuat faktu pajak keluaran, pas mau save ternyata gagal, tidak bisa di simpan
karna mencoba beberapa kali tetap tidak bisa simpan, akhirnya saya hapus
ketika saya membuat faktur pajak keluaran baru NSFP nya berubah dari yg pertama yg saya hapus (yg saya hapus no 55, ketika saya bikin lagi jadi no 56).
pertanyaannya NSFP yg 55 itu masih bisa di pakai lagi atau ngga ?
terus apakah saya harus lapor karena no 55 itu terhapus
terimakasih

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Fifit Fitrian

Coba ubah secara manual nomer seri nya ke 55, jika masih bisa berarti yang tadi memang belum tersimpan

Johan Diredja
Johan Diredja
5 years ago

saya ingin membuat faktur pajak pengganti untuk salah satu customer saya karena saya salah memasukkan nama lawan transaksi. namun di e-faktur saya tidak dapat mengganti nama lawan transaksi saya. apakah ada langkah yang seharusnya saya lakukan agar dapat mengganti lawan transaksi?

admin
Admin
5 years ago
Reply to  Johan Diredja

Jika kesalahan bukan nomor NPWP, maka Anda dapat membuat Faktur Pajak pengganti.
1. Perbaiki terlebih dahulu referensi lawan transaksi
2. Kemudian pilih faktur dengan status approval sukses yang mau diterbitkan faktur pengganti, klik “pengganti”
3. Langsung klik “Simpan” , tetapi jangan diupload dulu.
4. Kemudian klik “ubah” faktur, nanti di bagian lawan transaksi bisa diubah dari referensi yang baru diganti
5. Upload

Tetapi jika kesalahan pada nomor NPWP, maka Anda harus membatalkannya dan membuat faktur baru.