• Faktur Pajak Pengganti merupakan faktur pajak yang dibuat sebagai revisi atas faktur seebelumnya pada transaksi yang sama. Fakttur pengganti tidak akan menghapus atau menghilangkan keberadaan faktur normalnya. Keduanya akan tetap ada dalam record data di pihak penerbit dan harus dientry oleh pihak pengguna/pembeli.

  • Faktur Pajak Pengganti menggunakan NSFP yang sama dengan faktur yang diganti (pada digit ke-4 dan seterusnya). Perubahan hanya terjadi Kode Status (digit ke-3), yaitu 0 (nol) pada faktur pajak normal menjadi 1 (satu) pada faktur pajak pengganti, baik faktur pengganti pertama ataupun faktur pengganti kedua dan seterusnya.

  • Faktur pajak pengganti berisi perbaikan dari faktur pajak normal atas kekeliruan pada hal-hal seperti pengisian kode detil transaksi pada nomor faktur, isian referensi faktur, nama lawan transaksi, alamat lawan transaksi, item barang/jasa yang dituliskan pada faktur, harga satuan, nilai DPP-PPN-PPnBM, dan isian pembayaran uang muka/termin.

  • Kolom Status Faktur pada faktur awal yang diganti akan berubah dari isian Normal menjadi Diganti, sedangkan pada faktur pengganti yang baru akan tertulis status Normal-Pengganti.

  • Tanggal Faktur Pajak Pengganti diisi dengan tanggal pada saat Faktur Pajak Pengganti dibuat, namun dilaporkan dalam SPT Masa PPN pada Masa Pajak yang sama dengan Masa Pajak dilaporkannya Faktur Pajak Normal.

  • Pada saat posting SPT Masa, akan terdapat faktur yang diganti dengan nilai 0 (nol) pada kolom DPP, PPN atau PPN dan PPnBM, dan pada faktur penggantinya akan terisi nilai sesuai dengan yang telah diganti. Data Faktur Pengganti baru dapat dibuat setelah Faktur Normal berstatus Approval Sukses.

  • Pasal 15 ayat (3) PER-24/PJ/2012, saat terjadi pembatalan transaksi atas penyerahan BKP dan/atau JKP yang Faktur Pajak-nya telah diterbitkan, PKP yang menerbitkan Faktur Pajak harus membatalan Faktur Pajak. Pembatalan transaksi harus didukung bukti/dokumen pembatalan transaksi, dapat berupa pembatalan kontrak yang menunjukkan terjadi pembatalan transaksi.

  • Pembatalan faktur juga digunakan untuk membatalkan faktur dengan kekeliruan isi yang tidak dapat diperbaiki melalui Faktur Pengganti. Kekeliruan tersebut antara lain yaitu kesalahan penulisan NPWP lawan transaksi. Atas kekeliruan tersebut, pihak penerbit/penjual perlu memperbaiki dengan cara membatalkan faktur lama yang keliru kemudian menerbitkan faktur pajak baru (menggunakan NSFP baru).

  • Pada aplikasi efaktur, Faktur Pajak yang dibatalkan secara otomatis terposting pada SPT Masa yang dimaksud (sesuai tanggal faktur) dengan nilai 0 (nol) pada kolom DPP, PPN atau PPN dan PPnBM. Dimungkinkan atas pembatalan ini perlu melakukan pelaporan SPT Pembetulan, sepanjang telah melakukan pelaporan SPT Normal.

 

Author: @infoefaktur

Artikel ditulis oleh @infoefaktur

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on linkedin
LinkedIn

567
Tinggalkan Komentar

avatar
204 Comment threads
363 Thread replies
0 Followers
 
Komentar dengan Voting terbanyak
Komentar dengan Balasan terbanyak
187 Comment authors
adminZakkimogumanjarProbo Recent comment authors
  Subscribe  
terbaru terdahulu voting terbanyak
Notify of
kaysah
Guest
kaysah

Mohon info Admin, kami baru proses pindah alamat PKP.
e-faktur sudah di up-date, namun pada saat proses impor FPK lupa mengganti alamat PKP penerbit, sehingga e-faktur yg di approved masih menggunakan alamat lama.
Bagaimana cara edit (e-FP Pengganti) alamat penerbit yg salah tsb?
Terima kasih sebelumnya.

admin
Admin

Hi.
Coba masuk ke menu Management Upload lalu ke Profil PKP dan klik sinkronisasi.
Setelahnya lakukan penerbitan faktur pengganti dengan tanggal hari ini (tanggal stelah klik sinkronisasi).
Hanya itu.

Katrin
Guest
Katrin

Admin,

Saya sudah buat faktur pajak pengganti karena nominal di fp normal salah. Sudah di approved, namun ketika di print, ternyata nominal DPP masih salah. Bagaimana solusinya?

admin
Admin

Faktur pengganti ya? Bisa dibuat lagi penggantinya. Faktur pajak pengganti bisa dibuat pengganti lagi, tidak terbatas.

Nurita
Guest
Nurita

cara mengganti faktur pengganti bagaimana ya?

admin
Admin

Pengganti bisa diganti lagi, bebas berapa kalipun bisa, caranya tidak berbeda dengan pengganti yang awal

Eguh
Guest
Eguh

Faktur nya sudah saya ganti ternyata ada yg salah lg dan Yg diganti itu faktur penggantinya atau faktur normalnya yg awal ya admin

admin
Admin

Pengganti terakhirnya diganti lagi, bukan yang awal

mogum
Guest
mogum

maaf min kalo begitu apakah tidak akan terkena sanksi administratif ?

admin
Admin

Terhadap penggantian faktur tidak ada sanksi, namun jika ada kurang bayar SPT yang bertambah maka akan beresiko sanksi.

Ratna
Guest
Ratna

Dear admin,
Saya mau tanya Faktur pajak pengganti 011. Seharusnya dibatalkan dan dibuat dengan no faktur baru karena sudah 011. Tidak mungkin diganti dengan no yang sama bukan?? Tapi masalahnya difaktur 011 tersebut statusnya masih “diganti” sedangkan seharusnya dibatalkan karena mau dibuat dengan no faktur pajak yang baru. Apakah nantinya berpengaruh atau menggantung karena mungkin 011 masih diganti lalu mana penggatinya padahal maksudnya mau dibatalkan. Bagaimana caranya apakah masih bisa diubah??

admin
Admin

Faktur pengganti yang diganti lagi akan tetap dengan kode 011, jadi saat upload muncul keterangan diganti maka artinya faktur tersebut sudah diganti lagi, konfirmasi ke penerbit faktur tentang faktur mana yang paling update

Ratna
Guest
Ratna

Dear Admin.
Tapi kita sudah terlanjur bikin faktur pajak baru dengan no yg baru… Bagaimana dengan faktur 011 tersebut yg statusnya diganti apakah bisa dibatalkan??
Tampilkan kutipan teks

admin
Admin

jika memang sudah diterbitkan faktur baru maka faktur pengganti tadi harus dibatalkan agar tidak dianggap ada 2 kali transaksi

Ben
Guest
Ben

Dear Admin

Jika faktur pajak ganti sudah dilaporkan di bln mei dan penggantinya belum di upload dan tidak digunakan. apakah statusnya FK penggnti tersebut apakah harus dilakukan ?mohon bantuanya

admin
Admin

Apakah yang dimaksud ini faktur pengganti yang dibuat penggantinya lagi? Jika data faktur belum upload maka itu belum jadi faktur yang sah, bisa dihapus aja

Ara
Guest
Ara

Dear Admin,

Pls advice. Saya mau membuat faktur pajak pengganti di bulan Oktober (sudah melakukan pelaporan SPT Normal). Faktur pajak tsb diganti karena alamat lawan transaksinya salah. Untuk SPT Masa Oktober, apakah saya harus melakukan pembetulan dan melakukan pelaporan ulang?

admin
Admin

Betul, setelah penggantinya dibuat maka harus melakukan lapor SPT Pembetulan. Apapun perubahan yang akan dilakukan pada akhirnya tetap perlu lapor SPT Pembetulan

fifi
Guest

dear admin,

saya upload faktur pajak masukan pengganti, tetapi kenapa nominalnya berubah otomatis yah, padahal sudah benar nominalnya. saat status approve pun nominalnya sudah sama tetapi setelah di upload berbuah. NOminal yang di ganti 39.036.692 setelah di upload menjadi 39.036.686. berubah kembali nominal menjadi 39.036.692. dpp nya 390.366.869. trims

admin
Admin

Saat upload faktur masukan maka akan terjadi autocorect terhadap nilai DPP dan PPN yang akan menyesuaikan dengan nilai yg dibuat oleh penjual.
Dalam kondisi yang ditanyakan brarti faktur pengganti yang diterima sebenarnya telah dilakukan penggantian lagi oleh penjual, nilai yang akhirnya muncul adalah nilai yang paling baru atau hasil dari penggantian faktur yang paling update.
Faktur pengganti masih bisa terus diganti-diganti lagi seterusnya tak terbatas.

Suanto
Guest
Suanto

pak admin mohon bantuan nya,
mohona maaf sebelumnya saya masih awam soal E-Faktur, kemarin saya buat E-Fatur, trs upload, dan gagal status nya di β€œReject” ”
Karena gagal, saya hapus E-faktur yang telah saya buat tersebut, lalu saya buat yang baru, ternyata NSFP nya berubah ya untuk E-Faktur yang baru, yang mau saya tanyakan, nasib E-Faktur yang saya hapus itu gimana? apa nanti ada pengaruh nya terhadap saya?

admin
Admin

Tidak ada masalah dengan faktur yg dihapus tadi, nomornya pun masih bisa dipakai lagi nantinya πŸ™‚

Nia
Guest
Nia

Admin mohon bantuannya ya.
mohon maaf sebelumnya, Fktur pajak yg sudah pernah di upload kmudian dbatalkan apakah nomor seri fktr trsb bs di pakai kmbli ?

admin
Admin

Nomor tersebut tidak bisa digunakan kembali

Djarwo
Guest
Djarwo

Pak Admin. Saya isi faktur bikin eFaktur Des 2015, sdh lapor SPT Masanya, Ada kesalahan Nilai sdh diperbaiki Feb 2016, Status normal menjadi Pengganti dan sdh dilaporkan. Pada Sept 2016, diketahui Nilai faktur ternyata masih ada kesalahan, apakah Faktur pengganti masih bisa diperbaiki, dan menggunakan nomor faktur yg sama atau dibatalkan diganti nomor faktur 2016, karena di perbaikan Faktur Pengganti tidak ada lagi pilihan Pengganti dalam DaftarvFaktur Pajak Keluaran. Terima kasih.

admin
Admin

Faktur pengganti masih bisa diganti lagi, nomor akan tetap sama seperti yang lama, yang diganti dipilih dari faktur yang terakhir hasil penggantiannya

Jarwo
Guest
Jarwo

Faktur yang terakhir tidak bisa diganti status “Diganti” dan sudah Aproval, karena pada faktur tsb di bagian bawah tidak terdapat perintah “Pengganti” , perintah tersebut tidak muncul, bagaimana caranya. Kalau yg “Normal” bila di klik masih keluar perintah “Pengganti”. Mohon solusi, saya sdh hub KPP Pratama tidak dpt beri solusi, krn aplikasi di kantor Pusat. Tks

admin
Admin

Faktur pengganti yg terakhir pasti akan berstatus Normal Pengganti, kalau status nya Diganti pasti bukan faktur yg terakhir, coba cek lagi nomor faktur yg dimaksud

admin
Admin

> by email
> Sudah di cek sebagai faktur terakhir, tidak ada lagi krn pengganti terakhir, > dan tercatat sudah approval sukses. Bgmn binggung, untuk memperbaiki

Faktur pengganti yang terakhir akan tertulis Normal Pengganti atau dapat juga Batal dalam hal memang sudah dibatalkan, jika faktur tersebut tertulis statusnya Diganti maka cek lg keberadaan faktur Normal Pengganti nya

toni
Guest
toni

admin saya tidak merubah pajak normal nya menjadi faktur pengganti, sehingga tidak muncul faktur normal-penggantinya dan tidak ada juga pilihan batal di fp yang sudah di ganti.
jadi apakah saya perlu membuat fp dengan no baru?

admin
Admin

Bisa dijelaskan kembali maksudnya seperti apa? Bisa dengan diberikan contoh agar kami lebih jelas untuk menjawabnya

EKO HARI SASONGKO
Guest
EKO HARI SASONGKO

NAMUN BAGAIMANA DENGAN TANGGALNYA? APABILA TANGGAL LEBIH TUA DARI TANGGAL YANG TELAH DILAKUKAN PENGGANTIAN

admin
Admin

Maaf yang ini kurang jelas. Jika memang ada pengganti maka tanggalnya harus setelah tanggal yang digantikan

nuridi
Guest
nuridi

maaf pak admin.
saya ada buat FPK tgl 6 juni trus saya upload di tgl 4 juli dan setelah saya posting buat pelaporan spt. ternyata ada yang salah di FPK tsb. pertanyaan bolehkah kalo saya ganti tapi dengan tgl yang sama 6 juni. karna saya sudah ganti dengan tgl tsb. terima kasih.

admin
Admin

Sore. Boleh πŸ™‚

Janty
Guest
Janty

Pa, saya sdh membuat FP pengganti untuk pajak keluaran. Saat posting SPT, jumlah item pajak keluaran jadi bertambah 1, FP normal dan FP pengganti nya ikut terhitung. apakah nilai FP normal akan masuk kedalam SPT ? atau yang masuk kedalam perhitungan SPT adalah nilai dari faktur pajak penggantinya ?
Terimakasih

admin
Admin

Jumlah baris faktur memang akan bertambah tapi jumlah nilai DPP dan PPN hanya akan menghitung dari nilai di faktur penggantinya aja, faktur normal yg diganti saat posting akan berubah jd 0

jayadi
Guest
jayadi

Pak, saya melakukan kesalahan input lalu membatalkan e-faktur, apakah nomor faktur yang dibatalkan dapat digunakan lagi dengan pt yang berbeda ?

admin
Admin

Nomor faktur yang dibatalkan bukan berarti tidak terpakai, nomor tersebut tetap terpakai dengan status batal, dan tidak dapat digunakan lagi untuk transaksi yang lain

Ade
Guest
Ade

untuk kasus yang sama, Bukti yang perlu dilampirkan apa saja, karena salah input Item Produknya?

admin
Admin

Untuk pembatalan hendaknya menyiapkan dokumen pendukung dapat berupa Berita Acara pembatalan

angela_tya
Guest
angela_tya

admin, saya mau bertanya. saya kan membuat faktur pengganti utk tgl 28 des 2016. penginputan saya lakukan 16 jan 2017. ketika diupload ternyata tgl faktur pengganti menjadi 16 jan 2017, tetapi masa pajaknya masih tetap. saya ingin bertanya tentang hal tersebut, bagaimana solusinya? apakah saya harus melakukan pembetulan? karena utk membuat faktur pengganti utk perubahan ( menjadi 28/12/16) sudah tidak bisa dilakukan

admin
Admin

Tidak ada masalah pada hal tersebut, tanggal berapapun pada faktur pengganti tetap akan masuk pada SPT Masa yang sama dengan faktur normalnya.

tiara
Guest
tiara

saya salah masukin lawan transaksi tapi sudah saya lapor bulanan. seharusnya PT.A tapi saya input PT.B gimana cara pembetulan nya ya?
mohon dibantu

admin
Admin

Perbaiki dulu dengan membatakan faktur yang salah lalu membuat lagi faktur dengan data yang benar baru kemudian membuat pembetulan SPT

Rijal
Guest
Rijal

Perbaiki dulu dengan membatakan faktur yang salah lalu membuat lagi faktur dengan data yang benar baru kemudian membuat pembetulan SPT
Tanya Pak admin…kalau terbit FP lagi berarti telat menerbitkan FP. Bukankah begitu Pak Admin? Mohon pencerahannya. Trim

admin
Admin

Faktur pajak baru tetap bisa diterbitkan dengan menuliskan tanggal seperti di faktur sebelumnya

Thata
Guest
Thata

Dear Admin, saya ingin bertanya, kami PT (A) bergerak dibidang jasa dan memiliki klien / customer baik itu pihak swasta ataupun Badan Pemerintah. Misal kasusnya seperti ini, PT A melakukan penagihan ke B (dlm hal ini pihak BUMN yg Faktur Pajaknya menggunakan kode 03). Pihak B ini memiliki jadwal untuk proses pembayaran. Misal apabila dokumen penagihan diterima diatas tanggal 20 maka faktur pajak harus bertanggal bulan berikutnya, namun apabila sebelum tanggal 20 fakturnya bertanggal bulan berjalan. PT A mengirimkan tagihan tgl 24/01/17 (dan sudah membuat faktur pajak keluaran pd tgl 24/1/17). Diawal bulan Februari PT A dikonfirmasi agar mengganti faktur pajak tersebut ke bulan Februari dengan alasan pihak treasury menerima tagihan diatas tgl 20. Mau tidak mau PT A harus merevisi dokumen tagihan tersebut agar proses pembayaran segera dijalankan. Pertanyaan saya adalah :
1. Atas FP yg sdh di terbitkan tgl 24/1/17 tersebut dibatalkan kemudian dibuatkan FP baru tertanggal bln Februari atau FP tersebut cukup dibuatkan pengganti tertanggal bln Februari ?
2. Apabila FP tersebut dibatalkan, maka PT A hrs menyiapkan surat keterangan pembatalan faktur untuk dilampirkan pada saat melapor SPT Masa ? Alasan/Keterangan apa yang harus dicantumkan pada Surat Pembatalan tersebut ?

Mohon sarannya..
Terima kasih

admin
Admin

1. Merevisi tanggal faktur harus dengan membatalkan faktur yang terdahulu lalu menerbitkan lagi faktur yg baru, tidak bisa dengan faktur pengganti
2. Dokumen pendukung untuk pembatalan faktur tidak harus dilampirkan pada laporan SPT. Alasan pembatalan bisa dibuat uraian seperti kronologis yang disampaikan diatas

Dewi
Guest
Dewi

Pak, bisa dijelaskan apakah setiap kali merevisi tanggal faktur harus dengan pembatalan faktur? bisa dijelaskan mengapa tidak bisa dengan FP pengganti? thanks

admin
Admin

Tanggal faktur pengganti tidak menunjukan saat terutangnya PPN (PPN terutang saat penyerahan atau pembayaran yang diterima lebih awal), tetapi hanya menunjukan kapan dibuatnya faktur pengganti. Saat ada faktur pengganti maka untuk menentukan apakah faktur terlambat atau tidak, tetap akan melihat tanggal pd faktur normalnya. Tanggal faktur pajak pengganti juga tidak dibuat mendahului tanggal yang ada di faktur normal.

ari
Guest
ari

dengan kasus yg sma, apakah apakah PT.A perlu surat dukungan dari BUMN terkait untuk pembatalan FP tersebut?
BA pembatalan FP dibuat oleh PT.A atau BUMN tsb?

admin
Admin

dokumen pendukung untuk pembatalan bebas dibuat oleh pihak mana saja, lebih baik isinya juga menyertakan tanda tangan kedua pihak

Nisa
Guest
Nisa

Pak kalau sudah di batalkan nomor seri faktur pada pajak keluran yang di batalkan apakah harus dikembalikan? Apa perlu di laporkan ke pajak untuk perubahan? Atau cukup di ubah saja? Terus dilaporkan untuk spt tahunan lansung

admin
Admin

Nomor faktur batal tetap dianggap telah digunakan dengan status batal, dilaporkan di SPT Masa PPN (data faktur batal akan ikut terposting dengan nilai 0), silahkan cek apakah SPT Masa PPN perlu lapor pembetulan atau tidak. Untuk data SPT Tahunan salah satunya akan mengambil data pendapatan yg ada di laporan laba/rugi, pastikan jumlahnya telah sesuai dengan yg dilaporkan di SPT Masa PPN

Nisa
Guest
Nisa

Bagaiamana cara saya melaporkanny pak? Karna sudah saya batalkan dan saya ganti dengan yang baru. Pada saat pelaporan spt apa yang harus saya lampirkan? SPT gagal yg dengan nilai 0 tetap saya laporkan? Apakah saya bisa lansung melaporkan dn mendapatkan bukti pelaporan spt karena saya takut kalau ad pembetulan akan lama krn ad 5 NSFP yang saya batalkan mohon bantuaannya pak terima kasih banyak

Nisa
Guest
Nisa

Satu lagi pak pertama saya coba ganti dgn faktur pengganti tapi statusny reject krn harus d batalkan apa yang harus saya lakukan pak? Tinggal hapus yg Faktur pengganti yang reject dan membatalkan faktur normal. Penggantinya? Mohon pencerahannya pak

yanti
Guest
yanti

Dear Admin,
Mohon bantuan & infonya, kami perusahaan bergerak dibidang penjualan barang & ada aturan dalam perusahaan kami untuk menerbitkan faktur pajak 3 hari setelah barang terkirim, padaa saat faktur telah terbit ternyata pihak customer menginfokan apabila ada kondisi fisik barang yang tidak sesuai, sehingga kebijakan perusahaan memberikan kompensasi harga, yang ingin saya tanyakan apakah faktur pajak yg telah terbit tadi bisa dilakukan faktur pajak pengganti?

admin
Admin

Bisa diterbitkan faktur pengganti, dengan detil nilai disesuaikan dengan kondisinya. Tanggal di faktur pengganti memang sesuai saat diterbutkannya penggantian, namun nanti akan terposting ke SPT masa yg sama dengan faktur yang diganti

Mayasari
Guest
Mayasari

Saya mau nanya. Barusan saya buat faktur pajak tapi penulisannya salah tetapi faktur tersebut sudah saya upload lalu saya batalkan dan saya membuat faktur baru lagi. Apa itu tidak apa apa? Mohon pencerahannya dan bantuannya pak..

admin
Admin

Faktur yang telah dibatalkan tidak ada masalah, nanti juga akan ikut terposting di SPT Masa nya dengan nilai 0

Subhan
Guest
Subhan

Dear admin.
Saya masih baru, saya melakukan kesalahan pada saat create no faktur pajak. Tidak satu satu tapi saya ceklis semua baru create akhirnya beberapa no. Faktur penjualan gabung jadi 1 no faktur pajak.
Parahnya sudah tercetak jadi pdf apa bisa dirubah?
Mohon pencerahan..

admin
Admin

Mohon maaf, komentarnya baru direply ada salah filter pesan sehingga tidak terbaca.
Bisa dilakukan perubahan data faktur dengan membuat faktur pengganti, atau jika itu sulit bisa dibatalkan saja faktur yang lama lalu buat faktur yang benar dengan nomor baru

Dessi
Guest

Dear : Admin

Mohon informasinya NSFP yang sudah batal maupun pengganti apakah wajib dilaporkan ke KPP pada saat pengembalian NSFP yang tidak terpakai dan apa saja yang harus dilampirkan..?? mohon infonya.. Terima kasih

admin
Admin

Untuk pengembalian NSFP hanya yang benar-benar tidak/belum pernah terpakai saja.
Batal atau pengganti secara otomatis sudah ikut masuk saat posting SPT

dirna
Guest
dirna

sya sdh menerbitkan faktur pajak ke client kami BUMN (kode03) pd bulan Des 2016. namun saat ini diinfo BUMN tsb belum menyetorkan PPNnya, dan meminta kami mengganti faktur pajak yg baru yg direlease bulan Maret 2017.
Apakah FP yg Des bisa langsung kami batalkan saja? dan terbitkan yg baru? atau harus dibuat faktur pengganti dengan no FP lama?

admin
Admin

Jika memang jadinya mau berubah masa pajak maka lebih baik faktur yang lama dibatalkan lalu buat lagi faktur dengan nomor baru

Fifit Fitrian
Guest
Fifit Fitrian

Maaf mau tanya
Jadi tadi siang itu saya membuat faktu pajak keluaran, pas mau save ternyata gagal, tidak bisa di simpan
karna mencoba beberapa kali tetap tidak bisa simpan, akhirnya saya hapus
ketika saya membuat faktur pajak keluaran baru NSFP nya berubah dari yg pertama yg saya hapus (yg saya hapus no 55, ketika saya bikin lagi jadi no 56).
pertanyaannya NSFP yg 55 itu masih bisa di pakai lagi atau ngga ?
terus apakah saya harus lapor karena no 55 itu terhapus
terimakasih

admin
Admin

Coba ubah secara manual nomer seri nya ke 55, jika masih bisa berarti yang tadi memang belum tersimpan

Johan Diredja
Guest
Johan Diredja

saya ingin membuat faktur pajak pengganti untuk salah satu customer saya karena saya salah memasukkan nama lawan transaksi. namun di e-faktur saya tidak dapat mengganti nama lawan transaksi saya. apakah ada langkah yang seharusnya saya lakukan agar dapat mengganti lawan transaksi?

admin
Admin

Jika kesalahan bukan nomor NPWP, maka Anda dapat membuat Faktur Pajak pengganti.
1. Perbaiki terlebih dahulu referensi lawan transaksi
2. Kemudian pilih faktur dengan status approval sukses yang mau diterbitkan faktur pengganti, klik “pengganti”
3. Langsung klik “Simpan” , tetapi jangan diupload dulu.
4. Kemudian klik “ubah” faktur, nanti di bagian lawan transaksi bisa diubah dari referensi yang baru diganti
5. Upload

Tetapi jika kesalahan pada nomor NPWP, maka Anda harus membatalkannya dan membuat faktur baru.

Suryadi
Guest
Suryadi

Admin, FP saya salah NPWP, lalu saya batalkan. Pertanyaannya jika saya mau membuat FP baru utk menggantikan FP yang batal tersebut apakah ada kriteria tertentu misalnya no FP harus ditambah 1 (pada digit ke 3) atau tanggal faktur harus tanggal pada saat buat faktur baru, dll., terimakasih

admin
Admin

Faktur baru tersebut tidak ada perlakuan khusus, jadi buat saja seperti membuat faktur biasanya, nomor faktur pakai yang baru ya.

alvi
Guest
alvi

Dear admin, saya salah NPWP. Lalu setelah saya tanyakan ke AR di KPP setempat, katanya disuruh buat faktur pengganti lalu diubah NPWPnya. Ternyata setelah saya buat dan saya upload, fakturnya gagal karena npwp faktur pengganti harus sama dengan yg diganti. Lalu saya minta solusi lagi ke AR, katanya saya disuruh mengubah NPWP difaktur pengganti menjadi NPWP yg salah lagi baru kemudian fakturnya dibatalkan. Pertanyaan saya, kalo faktur pengganti dibatalkan, lalu faktur yg diganti gimana?

admin
Admin

Faktur pengganti bisa dibatalkan saja, lalu buat faktur dengan nomor baru. Faktur yang posisi sudah diganti tadi ikut terbatalkan saat pengganti jadi batal. Kekeliruan NPWP pembeli tidak bisa dengan pengganti, jadi memang harus batal dan buat yang baru

Muhammad Athar
Guest

bagaimana kalau penandatangan pada efaktur salah, apakah pembatalan atau pengganti?

admin
Admin

Bisa pengganti bisa juga batal. Anda dapat memilih

Muhammad Athar
Guest

kalau penandatangan pada efaktur salah, apakah bikin pengganti atau pembatalan?

admin
Admin

Bisa pengganti bisa juga batal. Anda dapat memilih

Rudi
Guest
Rudi

dear admin, mohon informasinya
1. apakah Kode FP bisa diganti, soalnya saya mau merubah kode 01 ke 03 ?
2. klo bisa dirubah, apakah laporan SPT tahun 2016 ada perubahan, soalnya yg mau dirubah pada masa pajak juni 2016?

makasih

admin
Admin

1. Bisa, penggantian faktur dengan merubah kode bisa dilakukan, jadi awalnya 010 bisa menjadi 031.

2. SPT Masa PPN masa pajak tersebut harus dilakukan pembetulan untuk dilaporkan kembali dengan data yang telah direvisi, untuk spt tahunan pph sepanjang jumlah peredaran usaha masih tidak berubah sebenarnya tidak apa jika tidak dibuat pembetulan

rudi
Guest
rudi

pada awalnya yg dipungut pajak dari pihak pembeli, skrng ada perubahan jadi pihak penjual (kami), yg jadi pertanyaan :
1. cara pembayaran PPN & laporannya nya ?
2. apakah ada denda mengingat perubahannya di thn 2016?
3. apakah ada perubahan di SPT tahunan 2016 yg hrs dilaporkan?

makasih

admin
Admin

Kronologisnya bisa diperjelas dulu, awalnya kode faktur berapa lalu berubah jadi berapa?
Jika berubah dari 01 ke 03 maka yang pungut pembeli BUMN.
Jika brubah dari 03 ke 01 maka jadinya yang setor ppn si penjual.
Denda terlambat setor, jika memang dari awal belum ada setoran yang dilakukan

rudi
Guest
rudi

oh iya maaf kebalik, saya mau merubah dari 03 ke 01, jadi dari kami sebagai penjual yg akan membayar PPN,
1. bagaimana cara setornya ?
2. lalu ada perubahan yg hrs dilaporkan di SPT tahunan 2016 ?

makasih atas bantuannya

admin
Admin

Terbitkan faktur pengganti, lakukan setoran dengan ebilling, laporkan SPT pembetulan masa tersebut.
Spt tahunan 2016 tidak perlu ada perubahan jika memang jumlah peredaran usaha tidak berubah, seperti yang di awal pernah disampaikan.

rudi
Guest
rudi

oh ok, makasih atas informasinya yg sangat membantu bgt untuk kami.

admin
Admin

Sama-sama Pak Rudi. Selamat beraktivitas.

maryati
Guest
maryati

maaf saya mau tanya, kalau saya terlanjur buat faktur pengganti, status siap approve, itu bisa dihapus gak ya? maksudnya yang dipakai faktur normal sebelumnya saja, coz salah pilih faktur yang akan diganti

admin
Admin

Jika sudah siap approve tidak bisa di-undo.
Teruskan saja sampai approval sukses.
Nanti faktur pengganti ini bisa dibuat penggantinya lagi, isinya bisa disesuaikan dengan yang benar.

Zulkifli Muchtar
Guest
Zulkifli Muchtar

Mau tanya, NSFP yang saya pakai di tahun 2017 merupakan NSFP di tahun 2016. Saya sdh melakukan transaksi sebanyak 14 dari awal januari sampai juli 2017. Saya baru menyadari hal tersebut. Apa yang harus sy lakukan min, apakah saya harus mengubah semua transaksi itu dan apakah ada denda dari kesalahn ini? Terima kasih

admin
Admin

Jatah NSFP 2016 hanya dapat digunakan untuk faktur dengan tanggal di 2016 saja, jadi kalau ada yang 2017 itu dianggap belum menerbitkan faktur. Silahkan ulangi pembuatan faktur dengan benar. Sanksi denda keterlambatan penerbitan faktur 2%xDPP pasal 14(4)

widi
Guest

Selamat siang pak, saya ada masalh pak, saya ada bikin faktur keluaran?sudah saya upload,tapi salah di lawan transaksinya? nah terus saya batalkan? nah lawan transaksi yang salah itu sudah tutup pak perusahaannya? jadi bagaimana ya pak? saya bingung pak?? mohon bantuannya pak?? πŸ™

admin
Admin

Tidak apa-apa, cukup kita batalkan saja di efaktur dan lengkapi dengan berita acara pembatalan saja.

widi
Guest

Selamat siang pak, saya ada masalh pak, saya ada bikin faktur keluaran?sudah saya upload,tapi salah di lawan transaksinya? nah terus saya batalkan? nah lawan transaksi yang salah itu sudah tutup pak perusahaannya? jadi bagaimana ya pak? saya bingung pak?? mohon bantuannya pak??

admin
Admin

Sebagai balasan untuk widi.
Tidak apa-apa, cukup kita batalkan saja di efaktur dan lengkapi dengan berita acara pembatalan saja.

widi
Guest

Terima kasih pak atas jawabannya, mengenai penyampain Berita Acaranya apakah bebarengan denangan pelaporan Spt ppn nya pak?

admin
Admin

Berita acara bisa diarsipkan dulu dan nanti ditunjukan saat ada permintaan dari KPP.

Relly
Guest
Relly

Saya sudah mengganti FP Normal, Yang saya perbaiki adalah nilai DPP nya. yaitu tidak memunculkan nilai berkoma, saya upload tetapi mucul dikolom tandatangannya ADMINISTRATOR, padahal di FP Normal penandatangannya sudah benar direktur saya. kemudian saya ganti kembali FP pengganti dan masih tetap ttdnya administrator.
mohon bantuannya terima kasih

admin
Admin

Coba cek lagi isian nama lengkap pada Administrasi User di menu Referensi, isian disitu yang akan muncul pada nama penandatangan faktur

Relly
Guest
Relly

Sudah saya cek pak, benar bahwasanya penandatanganan itu direktur saya, tapi ketika diupload dan approvalnya sukses untuk kolom penandatanganan muncul administrator.

admin
Admin

User yang entry data hanya ada 1 atau ada beberapa?

Marselina
Guest
Marselina

Dear admin, saya mau tanya apa ada masalah kalau kita tidak menerbitkan faktur pajak pengganti? (kesalahan ada pada detail barang tapi harga jual sudah benar). krn pembuatan FP perusahaan di import dari program komputer jadi tidak bisa di ganti manual sesuai dengan langkah pembuatan FP pengganti. Terimakasih.

admin
Admin

Penerbitan faktur, baik normal atau pengganti, tetap dapat dilakukan secara manual ataupun impor, kedua-duanya bisa. Jika ada informasi yang belum sepenuhnya benar akan lebih baik dibuatkan revisi seperti dengan faktur pengganti.

winda
Guest
winda

dear admin, saya mau tanya . kemarin saya sudah buat faktur dan sudah d approve tapi ternyata tanggal fakturnya salah. apa bisa buat faktur pengganti karena tanggal nya salah ? trims

admin
Admin

Perbaikan tanggal yang keliru tidak bisa dilakukan dengan penggantian faktur

Vareika
Guest
Vareika

Dear Admin,
Saya sudah buat FP normal nominal 1.100.000 tetapi ada kesalahan di DPP dan sudah saya ganti dengan FP pengganti nominal 800.000. dikarenakan kami bergerak dibidang kontraktor , progress lapangan harus disertakan dengan penagihan. sekarang progress blm datang juga pd kami sedangkan FP pengganti sudah kami buat tgl 4 agustus lalu namun blm di approve. apa bisa pengganti dibuat dibuat dengan DPP yang lebih besar ( client sama namun ada beberapa SPK ) dengan nominal 24.000.000. atau memang FP pengganti itu harus tgg nominal yg 800.000. Terima kasih

admin
Admin

Saat faktur belum upload/approval sukses maka itu blm bisa disebut sbagai faktur pajak.
Jadi mau diubah atau dihapus juga masih bisa.
Faktur pajak pengganti bisa untuk merevisi nilai DPP, baik jadi lebih kecil ataupun lebih besar.

Rizky
Guest
Rizky

Dear admin,
pada SPT Masa 08/2016 ada 2 faktur diperusahaan saya sudah dilaporkan tetapi ternyata itu salah npwp dan baru diketahui pada bulan november 2016 stlh itu saya melakukan pembatalan faktur pajak untuk PT A krna salah npwp, dan dirubah dengan nomor faktur baru PT B (npwp yg benar) pada tgl 30/11/2016 dengan membuat pembetulan atas SPT masa 08/2016 dan dilaporkannya di Bulan Desember 2016. Apa pelaporan tersebut dikenai sanksi ?

admin
Admin

Bisa dijelaskan maksudnya lapor SPT 8/2016 pembetulan 1 yang disampaikan di Desember?
Denda terlambat lapor SPT diberikan untuk SPT status normal saja.

Rizky
Guest
Rizky

iya min, maksudnya SPT 8/2016 pembetulan 1 laporannya di bulan desember.
Bearti lambat lapor spt pembetulan tidak dikenakan denda ? Trims

admin
Admin

Betul Pak

rusdhy
Guest
rusdhy

dear Amin…
sy mau tanya, bagaimana cara pembuatan nota retur di efaktur. faktur yang mau di retur tahun 2014, sedangkan saya (pembeli) efaktur pertengahan 2016.

admin
Admin

Silahkan langsung entry data retur di efaktur lalu upload, nanti akan ditemui keterangan “bukan faktur e-tax”

rusdhy
Guest
rusdhy

data yang mau saya retur blum ada di aplikasi efaktur, adanya di espt. tpi penjual minta nota retur pdf dari efaktur

admin
Admin

Entry dulu data fakturnya di efaktur. Baru entry retur seperti yang tadi

rusdhy
Guest
rusdhy

statusnya Reject. itu gimana solusinya ya.

rusdhy
Guest
rusdhy

status: Reject
keterangan: Etaxservice-20010: retur faktur untuk faktur sudah terdaftar. maksudnya gmana ya ???

admin
Admin

Apakah faktur yang akan diretur sudah dientry di efaktur? Apakah sebelumnya faktur tersebut jg telah dilaporkan di SPT?

rusdhy
Guest
rusdhy

blum pernah di input di efaktur, 2014 masih pake espt

admin
Admin

Iya silahkan input dulu di efaktur baru entry retur

Eni
Guest
Eni

Siang saya melakukan faktur pengganti namun saya baru sadar jika masa sebelumnya masa 4 dan saya tidak mengubah menjadi masa 8. Tapi sudah keburu saya batalkan bagaimana apa ada solus? Thanks

admin
Admin

Faktur pajak pengganti tidak akan pernah mengubah masa pajak.
Masa pajak faktur pengganti tetap akan sama sperti masa pajak faktur normalnya.
Berapapun tanggal faktur pengganti dibuat.
Apapun yang menjadi latarbelakang pembatalan saat sudah dibatalkan maka dianggap tidak ada faktur, jadi silahkan terbitkan faktur baru.

admin
Admin

Eni via email :
Tapi permasalahannya saya sudah menalangi lawan transaksi dalam pembayaran ppn di bln April

admin
Admin

Maksudnya menalangi apakah uang PPN nya telah disetorkan ke kas negara?
Faktur baru yang dibuat saat ini bisa saja dengan tanggal di bulan April

Eni
Guest
Eni

Saya sudah menalangi ppn karena pasti terhutang jika blum bayar. Saya sudah membuat faktur pengganti namun slah jd saya Bkin faktur baru. Bagaimana ya pak solusinya?

admin
Admin

Faktur penggantinya tadi sudah jadi dibatalkan? Lalu sekarang sudah membuat faktur yang baru? Kalau begitu sudah benar, tinggal posting dan lapor SPT sesuai masanya

Intanis
Guest
Intanis

Admin saya mau bertanya. Jika saya mengganti faktur pada Bulan yang sama. Maka dalam pembayaran ppn, ppn mana yang harus saya bayarkan ppn normal atau ppn pengganti. Itu dalam 1 Bulan.

Kemudian untuk ppn yang salah pada Bulan lain tetapi sudah di bayarkan bagaimana min?? Misal penggantinya itu nominalnya lebih sedikit bagaimana dan nominalnya lebih banyak bagaimana. Mohon bantuannya karna saya tidak paham terimakasih

admin
Admin

Urutannya begini, entry dan upload data faktur -> posting SPT -> hitungan pembayaran ppn jadi -> bayar.
Kalau ada ganti-ganti data faktur setelah pelaporan maka harus dilaporkan lagi dengan SPT pembetulan, nanti akan terlihat selisihnya baik kurang ataupun lebih.
Kalau jadi ada kurang harus dibayar, kalau jadi ada lebih bisa dikompensasikan.

Debora Dian Fitresia
Guest
Debora Dian Fitresia

Punten pak/Bu …
Saya mau tanya bagaimana cara mengubah nama WP di e-faktur, meskipun NPWP dan alamatnya sama.
Note: WP disini adalah Nama Dinas yang telah berubah.

admin
Admin

Jika entry data lawan transaksi disimpan pada menu Referensi silahkan diubah saja isian datanya, jika tidak disimpan silahkan langsung ditulis datanya pada saat rekam faktur

Debora Dian Fitresia
Guest
Debora Dian Fitresia

Mungkin untuk entry data saat ini kurang memungkinkan, pak.
Berarti dalam input faktur nya langsung diketik manual saja di kolom lawan transaksinya?

admin
Admin

ya bisa seperti itu

Yohanes
Guest
Yohanes

Dear Pak/Bu
saya mau tanya ini kasusnya :Terdapat permohonan pemindahan unit dari pembeli, dari unit 2615 ke unit 2612 atas nama Setiawan.
– Harga jual dan nilai angsuran sama
– PPN dan PPH sdh pernah dibayar (atas BF dan Angsuran 1).
Pertanyaan:
a. Bagaimana perlakuan pajak atas unit 2615 dari Faktur PPN dan PPh yang sudah dilaporkan?
b. Bagaimana perlakuan pajak setelah Setiawan membayar cicilan berikutnya atas unit 2612?

admin
Admin

Perlakuan pajak atas kondisi seperti ini tidak ada yang berubah.
Yang perlu diperhatikan ada sisi-sisi administratifnya saja.
Seperti misalnya membatalkan faktur pajak awal lalu membuatkan faktur pajak yang baru, terkait adanya perubahan informasi dalam transaksi.
Namun transaksi tersebut tetap dapat diakui di masa pajak yang sama dengan yang awal tadi

Yohanes
Guest
Yohanes

Bagaimana perlakuan atas Faktur PPn atas unit apartemen yang dibeli yang sudah disetor atas nama Pembeli (misal :Yanto) dan kemudian dialihkan ke atas nama Santi (pph sdh dibayarkan oleh Yanto), apakah kami selaku Developer/Wajib Pajak perlu membatalkan Faktur Pajak yang sudah terbit atas pembeli pertama tadi?

admin
Admin

Perlakuan pajak atas kondisi seperti ini tidak ada yang berubah.
Yang perlu diperhatikan ada sisi-sisi administratifnya saja.
Seperti misalnya membatalkan faktur pajak awal lalu membuatkan faktur pajak yang baru, terkait adanya perubahan informasi dalam transaksi.
Namun transaksi tersebut tetap dapat diakui di masa pajak yang sama dengan yang awal tadi

ARA
Guest
ARA

Mohon Solusinya ,,
Jika saya membatalkan suatu faktur pajak dikarenakan tidak ingin membayarkan nominal PPn dari tagihan konsumen saya yang ingin membayarkan tagihan tersebut d bulan oktober, dengan mengeluarkan faktur pajak nya pada bulan september.dan ingin menggantinya dibulan oktober.Karena untuk bulan september telah dilakukan laporan pajak. Setelah saya lapor pajak pagi tgl 28 september dengan posisinya faktur pajak konsumen saya tadi sudah saya keluarkan. Ternyata konsumen saya membayar nya di tanggal 28 september sore hari dan mereka telah melaporkan faktur pajak yang sudah saya keluarkan sebelumnya. jadi,bagaimana dengan faktur pajak pengganti yang sya buat ? apa yang harus dilakukan oleh konsumen saya mengenai pelaporan faktur pajak saya yang sebelumnya tersebut ? trmksh

admin
Admin

Dari pertanyaan sepertinya tercampur antara istilah faktur pengganti dan pembatalan faktur, kedua hal trsebut berbeda mekanisme dan akibatnya. Jadi sebenarnya dibuat pengganti atau dibatalkan fakturnya? Tapi apapun itu, prinsipnya jika ada informasi di SPT yg akan diedit/ditambah setelah laporan disampaikan maka bisa dibuatkan SPT pembetulan.

mar
Guest
mar

pagi admin, saya mau tanya, apabila faktur pajaknya diganti apakah faktur tersebut dpt d print ulang, jadi jumlahnya sesuai dengan faktur pajak pengganti.
contohnya: dalam faktur ada 1 item barang minta dihilangkan, dan sudah dibuat faktur pajak, namun outlet tersebut meminta dibuatkan faktur pajak pengganti, apakah faktur dari faktur pajak pengganti tersebut dapat dprint ulang. teima kasih.

admin
Admin

Bisa πŸ™‚

Ilham Budi Utomo
Guest
Ilham Budi Utomo

selamat pagi admin,
saya mau tanya , bagaimana agar faktur pajak keluaran yang sudah dibatalkan tidak terhitung di spt ,

terima kasih

admin
Admin

Jika sudah dibatalkan lalu diposting ke SPT maka nilai PPN dan DPP akan 0

asih
Guest
asih

Dear admin,
Saya pada bulan juni membuat faktur pajak kepada perorangan (si A) dan sudah saya laporkan pada SPT mana PPn nya, pada bulan oktober si A tersebut minta d ganti invoice nya dengan nama si B, apakah faktur pajak juni harus saya batalkan dan saya buat faktur pajak bari dengan mana si B?

admin
Admin

Betul, batalkan faktur lama dan buat faktur dengan nomor baru

kiki
Guest
kiki

Pagi admin saya mau tanya.
Bulan september 2017 lalu saya ada terbitkan tagihan tgl 4 september 2017 atas nama CASH dan npwp nya 000 (tanpa npwp). Dan itu sepertinya saya melakukan kesalahan padahal harus menggunakan nama PT.pembelinya n npwpnya tetapi nominal harga, brg n tangal sdh bnar.
Saya baru ngecek bulan oktober ini.
Dan DPP udah di lapor ke Kpp stmpt.
Tapi berkas faktur n invoice keluaran belom di berikan ke sana.
Apakah itu bisa dibuat pembetulan ? Atau bagaimana solusinya?
Thanks bu/pak

admin
Admin

Silahkan batalkan data fakturnya, lalu buat faktur dengan nomor baru untuk data yang benar, lakukan posting SPT pembetulan dan sampaikan laporan SPT

Kiki
Guest
Kiki

Dear Admin
Jika sudah penerbitan e-faktur tapi nominalnya salah, mau direvisi bisa ngga ya, dan bagaimana cara input ulang nominalnya.
Contoh kasus, nominalnya 304.100.000 mau di rubah menjadi 301.900.000

admin
Admin

Revisi bisa dilakukan, namanya adalah membuat faktur pangganti, select faktur yang akan diganti lalu klik menu buat pengganti, isi data faktur sesuai keperluan

Dewi
Guest
Dewi

Dear Admin,
saya ingin membatalkan faktur pajak masukan tahun 2016 karena penjual ternyata telah membatalkan fakturnya dan membuat faktur pajak baru tanpa pemberitahuan ke saya sebagai pembeli. apakah saya langsung bisa membatalkan fakturnya? karena saya coba berhari2 selalu keluar pesan EtaxService 40008. saya sudah cb dijam yang tidak sibuk juga tidak bisa, saya jg sdh coba import ulang sertifikat digitalnya jg tidak bisa.
kalau saya buat faktur pajak keluaran/masukan yang baru bisa sukses tanpa ada masalah. mohon bantu solusinya ya admin. terima kasih

admin
Admin

Apakah benar penjual telah membatalkan faktur tersebut?

Dewi
Guest
Dewi

sudah min, saya scan barcodenya faktur pajaknya status “Faktur Dibatalkan”. Pihak penjual jg mengirimkan bukti lapor dan form A2 dan faktur pajak penggantinya. saya sudah upload faktur pajak penggantinya dan sukses. faktur pajak yang salahnya sampai hari ini tidak berhasil saya batalkan. mohon solusinya min. terima kasih

admin
Admin

Jika data trsebut diposting di SPT apakah nilai DPP-PPN juga masih ada?

Dewi
Guest
Dewi

Di spt yg mana min? Penjual atau pembeli? Untuk spt penjual yg dilaporkan nilainya 0, spt pembeli yg dilaporkan ada nilainya min

admin
Admin

Bisa minta screenshotnya melalui https://prnt.sc/ ?

Dewi
Guest
Dewi

Maaf, caranya gimana ya min?

admin
Admin

Coba kirim pesan ke facebook @efaktur atau twitter @infoefaktur screenshotnya/foto screen errornya.

Hesti
Guest
Hesti

Dear Admin,
Bagaimana solusinya untuk Faktur pajak yang salah tanggal. Saya membuat Faktur pajak keluaran tgl 19 september seharusnya sesuai surat jalan faktur pajak dibuat tgl 15 september sesuai surat jalan dan invoice. Apabila dibuat faktur pajak pengganti maka tglnya harus dibuat sesuai tgl saat kita mengganti faktur pajak tersebut. Adakah solusinya untuk kasus ini karena customer ingin invoice dan FP tgl nya sesuai dengan surat jalan.
Terimakasih

admin
Admin

Batalkan faktur yang awal lalu terbitkan lagi faktur baru dengan nomor baru sesuai data yang benar

ajeng
Guest
ajeng

Dear Admin,
saya ada kesalahan NPWP untuk pembuatan faktur pajak keluaran, PT(A) pada bulan juni berubah NPWP, tetapi saya terlanjur upload ke NPWP lama, jika saya membuat faktur pajak batal , dokumen apa saja yang harus saya siapkan jika ada faktur yang batal?
terima kasih

admin
Admin

Tidak ada ketentuan baku terkait dokumen pendukung pembatalan, bisa dengan membuat berita acara pembatalan faktur yang berisi kronologis kenapa dibatalkan

irfan
Guest
irfan

maap, mau tanya min untuk solusi faktur pajak keluaran yang salah npwp dan tidak bisa dibatalkan apa ya? karena setiap saya ingin batalkan fp keluaran tersebut timbul etx 200011 dan etaxservice 40008.

admin
Admin

coba cek pembatalannya dengan minta data dulu ke KPP untuk mengetahui status faktur yang dibatalkan tadi memang sebelumnya sudah batal atau belum

dendis
Guest
dendis

Selamat siang, PAK… saya mohon penjelasan dan solusi, jika saya mau upload tidak bisa timbul reject dengan keterangan “JDBC exception on Hibernate data access: SQLException for SQL [n/a]; SQL state [72000]; error code [1691]; could not execute statement; nested exception is org.hibernate.exception.GenericJDBCException: could not execute statement” gimana cara penanganannya, pak….? terima kasih…

admin
Admin

Pak Dendis, dicoba kembali.

MissmileAr
Guest

Dear admin, jika saya ingin mengubah e faktur namun spt sudah dilaporkan bagaimana? Mohon pencerahan

admin
Admin

faktur diubah bisa dengan menerbitkan faktur pengganti, lalu posting lagi di SPT pembetulan

Sarmir
Guest
Sarmir

Dear Admin,
Saya sudah upload faktur pajak keluaran, tapi salah memasukkan tanggal dokumen & masa pajak, saat input dimasukkan bulan Agustus. Seharusnya faktur pajak tsb utk masa pajak Oktober. Jadi apakah harus pembatalan faktur, atau bisa dgn faktur pengganti? Krn setahu saya kalau faktur pengganti, harus dalam masa pajak yg sama?

admin
Admin

kondisi tersebut harus dengan membatalkan faktur dan menerbitkan faktur yang baru

ERWIN
Guest
ERWIN

admin, saya ada terima fp masukan pengganti yg diterbitkan di bln okt17, fp normalnya juli2017. Utk penggantinya boleh saya kreditkan di ms pjk sept 2017 ? thks

admin
Admin

Harus di masa yang sama dengan pengkreditan faktur normalnya

ERWIN
Guest
ERWIN

fp masukan belum pernah dikreditkan di ms pjk yg sebelumnya.Jika dikreditkan di ms pjk sept 17, apakah boleh ? tx

admin
Admin

Maaf Pak, terlewat.
Boleh Pak.

Raysia
Guest
Raysia

Kalo sudah dilaporkan, apa pajak keluaran masih bisa dibatalkan?

admin
Admin

Bisa πŸ™‚

Juop
Guest
Juop

pagi admin, Saya Mengajukan penagihan ke customer di bulan oktober 2017 Dan tanggal efaktur nya juga Saya buat Sama di Bulan oktober, hanya gara gara tanggal 31 oktober Saya kasih data efaktur nya Lantas bendaharanya bilang tidak bisa waktunya sudah mempet harus di Bulan November, Lantas bendaharanya bilang harus mengganti Bulan efakturnya di Bulan November. pertanyaan Saya, haruskah itu diganti? atau bendaharanya gak ngerti efaktur? atau bisakah Bulan efaktur itu tidak usah diganti. Tolong solusinya

admin
Admin

Lebih baik dibuat ke november saja, jika di bendahara ada resiko dia akan telat setor, faktur awal yang oktober bisa dibatalkan lalu buat lagi faktur yang baru tanggal November

myemimlim/fall
Guest
myemimlim/fall

dear admin,
kemarin saya bikin faktur pengganti tapi karena status nya ”reject” terus lalu saya hapus faktur pengganti tersebut sehingga hilang dari daftar list. dan saya membuat faktur yang baru.
Pertanyaannya apakah faktur pajak pengganti yang saya hapus itu masih aktif? kalo ya bagaimana cara membatalkannya? ditakutkan pajak yang harus saya bayar malah double karna saya sudah membuat ulang dengan data yang sama.
bantu jawab ya min

admin
Admin

Semua data yang uploadnya reject belum dianggap sebagai data yang benar

myemimlim/fall
Guest
myemimlim/fall

berarti yang sah hanya 1 faktur yang sudah saya buat ulang dan faktur yg pengganti itu belum sah yah?

admin
Admin

Faktur yang tidak jadi diupload atau reject belum dianggap ada

Trikiki
Guest
Trikiki

min, fp salah di tanggal mau di ganti tapi gabisa karna tanggal gabisa lewat dari sblmnya, trus uda dibatalkan,dan mau buat fp baru tapi gabisa karena no seri faktur gabisa di pake lagi,solusi nya gimana ya min?

admin
Admin

Buat faktur yang baru dengan nomor yang baru, faktur yang batal tadi memang nomernya tidak akan bisa dipake kembali

Trikiki
Guest
Trikiki

oh iya min maksud no seri faktur nya itu yang sebelumnya uda saya kosongka buat cadangan kalo ada yang salah, tapi itu no seri kenapa gabisa di gunakan ya?

admin
Admin

Tidak bisa digunakannya bagaimana? Tampilannya seperti apa?

Rr Mufthy
Guest
Rr Mufthy

Dear Admin

Min saya baru menggunakan E Faktur sekitar masa pajak bulan 09…. Setelah sekian lama saya sudah input data pajak hingga masa pajak bulan 11, customer kantor saya,baru mengkabarkan kalau ada kesalahan dalam penulisan nama lawan transaksi yang kurang 1 kata…. Saya mencoba merevisikan menjadi status ” Normal – Pengganti “…. Yang ingin saya tanyakan…. Untuk masa pajak E Faktur bulan 09 yang sudah saya bayar dan lapor, apakah jika pembetulan saya laporkan besok di akhir bulan sekalian lapor masa pajak bulan 10 dikenakan denda atau menjadi masalah?? Dikarenakan baru hari ini tim koreksi pajak customer saya mengabari

Thanks

admin
Admin

semua revisi yang dilakukan harus dilaporkan lagi dalam SPT jadi ujungnya melaporkan SPT Pembetulan, jika revisi tidak menambah nilai kurang bayar maka tidak ada sanksi

ERWIN
Guest
ERWIN

admin, minta petunjuk, saya sebagai pembeli, FP masukkan yg batal yg saya terima dari penjual.Apakah mesti kita upload ke eFaktur juga ? atau tidak perlu diupload, Fp batal ini blm sempat saya kreditkan sebelumnya. thanks

admin
Admin

Jika memang sudah dipastikan memang batal tidak perlu diupload oleh pembeli

Sholikah
Guest

Saya mau tanya pak. Ini saya ada faktur pajak bulan Mei 2017, dan sampek sekarang Nov 17 belum dilaporkan. Apakah faktur pajak saya masih bisa direvisi tanggalnya ? Jika bisa bagaimana caranya ? Dan yg harus merevisi pihak penjual atau pembeli ?

admin
Admin

Revisi faktur dilakukan oleh penjual, tetapi dalam kondisi diatas tidak perlu direvisi, silahkan saja kreditkan di masa yang sesuai lalu buat SPT pembetulan masa tersebut

Sholikah
Guest

Bagaimana cara pembetulan SPT pak ?

admin
Admin

Entry data2 yg mengakibatkan adanya pembetulan SPT, lalu posting SPT dengan status pembetulan, langkah selanjutnya sama seperti membuat SPT normal

dyn2
Guest
dyn2

jika ada kasus pembuatan fp keluaran di bln jan-nov 17 dengan npwp 0000 dan sdh diupload. dan pada bln des 17 ini pihak pembeli memberikan info bahwa dia sebenarnya sdh terdaftar sbg pkp sebelum tahun 2017 dan fp jan – nov yg sdh diterbitkan dg npwp 0000 minta diganti dgn npwp tersebut. proses ini kan harus melalui pembatalan faktur pajak dahulu dan selanjutnya diterbitkan faktur pajak yang baru sesuai npwp pembeli. sedangkan nomor seri fp masa jan-nov itu sudah habis, dan pembeli minta diterbitkan fp baru di bln des17 ini.
pertanyaan saya :
1. jika kita terbitkan fp tgl des17 ini apa diperbolehkan krn invoice dan surat jalan tertanggal jan – nov 17?
2. Apakah akan timbul sanksi atas fp yg diterbitkan bln des 17 trsbt?

admin
Admin

Secara teknis faktur memang bs saja terbit di desember, namun akan dianggap terlambat menerbitkan faktur karena tanggal faktur setelah terjadinya penyerahan atau tidak sesuai dengan saat terutang PPN.
Sanksi denda atas keterlambatan penerbitan faktur pasal 14 ayat 4, nilainya 2% dari DPP

Fitri
Guest
Fitri

Siang Pak,
Saya ada terbitkan FP yang terbit di Okt 2015 dan sudah dilaporkan, lalu pada bulan Feb 2016 diketahui terjadi kesalahan nilai PPN, sehingga pada bulan Feb 2016 saya terbitkan FP Pengganti yang nilainya lebih kecil dari FP normal.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah hal ini bisa saya lakukan menerbitkan FP pengganti yang masanya Okt 2015 menjadi Feb 2016
2. Dilakukan pembetulan Okt 2015 dan kelebihan pembayatan minta dikompensasi pada masa Nov 2016.
Apakah ini bisa dilakukan Pak?
Mohon arahannya Pak.

admin
Admin

1. Bisa, tidak ada masalah
2. Bisa, nanti perhatikan pengisian angka-angka tersebut di SPT ya, agar tidak ada yang keliru

Fitri
Guest
Fitri

Dear Pak Admin,
Baik terima kasih untuk bantuannya, karena saya konsultasi dengan AR saya, salah jika melakukan penggantian faktur tsb, karena sudah melebihi 3 bulan.
Apakah hal ini keliru Pak?
Saya salah satu WP di KPP Madya Medan.
dan situs ini memang resmi dari Kantor Perpajakan Pak?

admin
Admin

Penerbitan Faktur Pajak pengganti dapat dilakukan sepanjang terhadap SPT Masa PPN dimana Faktur Pajak yang diganti tersebut dilaporkan masih dapat dilakukan pembetulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. (Pasal 15 ayat (4) PER-24/PJ/2012)

Sundari
Guest
Sundari

admin saya mau tanya, pada bulan agustus saya menerbitkan faktur pajak dan sudah diapprove. namun pada bulan itu saya tidak bisa melakukan laporan spt masa karena belum membayar tagihan pajak. setelah itu saya melakukan penggantian dan tidak diupload agar saya dapat melakukan laporan spt masa nihil.
bagaimana saya membayar tagihan tersebut di bulan yang lain?

admin
Admin

Yang dimaksud dengan tagihan ini apa ya? Apakah maksudnya adalah jumlah PPN kurang bayar yang terutang?

Sundari
Guest
Sundari

Iya betul, PPN kurang bayar yg terhutang

admin
Admin

Setelah yakin data faktur pajak yang terkait masa trsebut sudah approved semua maka lanjutkan dengan posting SPT, lalu cek data hasil postingnya dan hitungan ppn yang terutang, entry data pembayaran, dan cetak SPT

gartiwa
Guest
gartiwa

pak saya mau tanya, dikantor saya menggunakan aplikasi etax invoice pada 2 pc namun pc saya yang jadi masternya lalu teman saya mengcopy db yang ada dikomputer saya untuk dia gunakan di etax invoice di pc miliknya, kemudian dia lupa untuk mengcopy-paste kembali ke pc milik sy, tanpa saya sadari saya membuat faktur keluaran yang nomor seri fakturnya terlewati 1 nomor. yang saya ingin tanyakan bisa tidak faktur yang telah dibuat di pc teman saya itu di copy-paste di pc saya sehingga sewaktu posting SPT bisa terdeteksi..

admin
Admin

Bisa, tetapi memindahkan data fakturnya bukan dengan copy paste, lakukan dengan cara ekspor faktur yang kurang dari pc sebelah, dan import di aplikasi yang utama.

indah setioningrum
Guest

Dear admin…
Saya memasukan faktur tapi alamat salah, lalu saya buat faktur pengganti, setelah diganti ternayta tanggal yg seharusnya saya masukkan 14 desember saya masukin 15 desember. setelah saya mau ganti yang kedua udah gabisa lg? apa ada solusi bisa ganti tanggal, tanpa adanya pembatalan
mohon utk diinfokan ke email saya indahsetioningrum@gmail.com

Tq….

admin
Admin

Faktur pengganti harus mencantumkan tanggal yang sama atau setelah faktur pajak normalnya, tanggal pada faktur pengganti tidak mencerminkan saat terutang PPN, jd tidak akan ada masalah soal tanggal di faktur pengganti yang berbeda dengan saat terutang PPN, yang penting tanggal faktur normalnya sudah benar

sunarso
Guest
sunarso

Admin..
Pada bulan november saya mengeluarkan faktur pajak, sampai sekarang sya belum melakukan pembayaran PPN terhutang. Namun, pada bulan november sya melaporkan SPT nihil. Apakah bisa sya membayarkan PPN terhutang di bulan ini?

admin
Admin

Jika pertanyaan menggunakan kata “bisa” maka jawabannya bisa πŸ™‚ , sekedar bisa melakukan pembayaran, bahwa dalam kondisi tersebut ada kekeliruan dan beresiko sanksi bisa tetap ada

sunarso
Guest
sunarso

Lalu untuk melakukan pembayaran sanksinya bgmna?

admin
Admin

Sanksi akan ditagihkan melalui penerbitan STP (surat tagihan pajak) oleh KPP, jadi selama belum terbit STP maka kita belum perlu membayar sanksi trsebut

Echa
Guest
Echa

Dear Admin,

saya mau membatalkan pajak keluaran di masa 12/17 itu apa saja syaratnya ya min? apakah butuh surat pembatalan pajak?
sama mau tnya saya di bulan desember 2017 tapi error terus suruh upload ulang tapi gak berhasil2 min.

terimakasih sebelumnya

admin
Admin

Dokumen pendukung atas pembatalan harus dibuat namun tidak ada aturan kaku harus seperti apa, secara prinsip harus benar,lengkap,jelas

Echa
Guest
Echa

saya mau tnya juga min saya sudah upload di masa desember 2017 tapi error terus min saya coba upload ulang tetap error (Upload Faktur Corrupt, lakukan upload ulang) hingga saya hapus faktur lalu input lagi saya upload lagi masih tetap error min. bgmn solusinya min. teirma kasih sebelumnya

admin
Admin

Bisa tolong diperlihatkan screenshot preview fakturnya? Error dengan keterangan tersebut karena ada data berupa simbol (atau bukan huruf standar)

laili
Guest

Dear Admin.
Saya ada buat faktur pajak pengganti bulan oktober 2017 karena ada revisi harga dan melakukan penggantian bulan februari 2018, tapi setelah saya posting spt oktober 2017 yang muncul hanya faktur pajak normal yang DPP dan PPNnya bernilai 0 , yang mau saya tanyakan kenapa untuk faktur pajak yang di ganti tidak ada di spt tersebut ? , karena yang saya baca dari jawaban admin terhadap pertanyaan rekan2 adalah apabila kita melakukan faktur pajak pengganti maka faktur pajak normal dppnya akan berubah 0 dan faktur pajak yang diganti juga ada di lampiran tersebut dengan nilai yang sudah kita ganti.

admin
Admin

Sudah yakin dalam cek datanya? Seharusnya memang seperti itu, jadi ada 2 data, faktur normal dengan nilai 0 dan pengganti dengan nilai yang baru

dyan
Guest
dyan

Saya menerbitkan 2 faktur pajak keluaran untuk masa okt 2016 dan des 2016. Namun baru diketahui ada kesalahan mencantumkan npwp. Yang ingin saya tanyakan :
1. Kalau saya batalkan dan buatkan faktur pajak yang baru, apakah tanggal fakturnya mengikuti tanggal transaksi yang lama atau tanggal baru saat menerbitkan faktur yang baru? Jika mengikuti tanggal yang baru, padahal transaksinya terjadi di 2016, apakah ada sanksinya?
2. Akibat pembatalan 2 faktur tersebut, bisakah kompensasinya dipakai di masa pajak yang sama misalnya di des 2017?

admin
Admin

Faktur trsebut memang harus diperbaiki dengan pembatalan faktur yang lama dan terbit faktur dengan nomor baru, jika tanggal transaksi tidak berubah maka faktur baru mengacu pada tanggal awal saat terjadi transaksi.

Jika faktur baru tetap dengan tanggal yang lama maka pada masa tersebut tidak ada perubahan jumlah pembayarannya, tapi tetap SPT pembetulan.

dyan
Guest
dyan

Apa bisa disistemnya jika nomor faktur pajak yang baru yang dikeluarkan untuk tahun 2017 digunakan untuk faktur pajak tahun 2016?

admin
Admin

Tidak bisa, di nomer faktur ada digit kode tahun yang harus digunakan sesuai dengan tanggal faktur yang akan dibuat

kiki
Guest
kiki

saya mau tanya min, jika faktur pajak salah tanggal tetapi berbeda bulan, contoh invoice 31 januari tetapi faktur pajak tertera tanggaal 5 februari, apakah bisa perbaikan dengan 011 atau haruscdi batalkan?

admin
Admin

Faktur pengganti tidak untuk memperbaiki tanggal faktur, jadi opsinya adalah batal

Nita
Guest
Nita

Dear admin
Saya sudah upload faktur ternyata salah tanggal pertama tgl 02 feb 2018 ternyata yg sebenarnya tgl 01 feb 2018. Nah saya mau buat pengganti ditanggal 9 feb 2018 knp muncul “tanggal faktur pengganti tidak boleh kurang dari faktur pajak” itu bagaimana ya solusinya?

admin
Admin

Faktur pengganti tidak untuk memperbaiki tanggal faktur, jadi opsinya adalah batal

Dewi.Sukria
Guest
Dewi.Sukria

Dear Admin
Pada tanggal 26 januari 2018 saya udah terbitkan faktur pajak DP, dan ternyata dibulan februari dari pihak customer merubah PO alhasih nominal DP pun berubah, sedangkan FP bulan januari sudah dilaporkan. apakah masih bisa dibuat penggantinya dengan tanggal yang sama ? mengingat ini sudah masuk bulan Maret.
Terimakasih

admin
Admin

Bisa dibuat pengganti. Tanggal sama atau tidak sama , tidak ada masalah

Stephanie
Guest
Stephanie

Dear Admin,
Mohon info apakah memungkinkan mengganti nomor NPWP faktur keluaran yang sudah diupload dari yang awalnya 000 menjadi nomor NPWP yang sebenarnya? Terima kasih.

admin
Admin

Tidak bisa diperbaiki dengan faktur pengganti.

Didit
Guest
Didit

Min mau tanya, kantor saya sejak Juli 2017 membuat kesalahan di faktur pajak keluaran, i pk kami terdiri dr 2 item, 1.fee management (jkp) 2. Salary cree (non jkp).
Masalahnya 2 item diatas sama2 dikenakan ppn. Pertanyaannya bisakah faktur tersebut di retur/dibatalkan n apakah lb nya bisa dikompensasikan

admin
Admin

Bisa buat pengganti, LB bisa kompen dari SPT yang dibetulkan

Gips
Guest
Gips

Maaf saya mau tanya, kebetulan bulan lalu saya melakukan kesalahan pada pembuatan faktur. Yaitu pada kode transaksi semestinya 02 (dengan bendahara), namun saya keliru memasukkan kode 01 (non bendahara). Pertanyaan saya bagaimana apabila Faktur Pajak tersebut sudah dibayar oleh lawan transaksi saya, apakah harus dilakukan pembrtulan lewat pemindahbukuan? Dan apabila sudah dilaporkan, haruskah dilakukan pembetulan? Terimakasih sebelumnya.

admin
Admin

Terkait pembayarannya tidak masalah, tapi fakturnya tetap perlu direvisi atau dibuat pembetulan

Ronald
Guest
Ronald

Dear Admin,
Saya ingin konfirmasi mengenai penggunaan e-faktur. Apakah terdapat opsi untuk mengubah faktur pajak masukan yang sudah sukses approve tapi salah masa kredit yang seharusnya. Misal, PT A mengirim faktur pajak Jan ke PT B untuk kredit pajak Feb tapi salah diinput untuk kredit masa Jan yang sudah dilaporkan SPT nya. Mohon konfirmasinya. Apakah harus dilakukan pembatalan oleh lawan transaksi (penjual PKP) atau dilakukan pelaporan SPT pembetulan.?
Terima Kasih

admin
Admin

Data faktur PM yang sudah diupload oleh pembeli tidak akan dapat diperbaiki pilihan masa pajaknya, jadi silahkan tetap dikreditkan dengan pilihan masa pajak trsebut, SPT nanti pembetulan tidak masalah

Zaky
Guest

Selamat pagi pak admin
saya kan buat data di fp masukan dan mau saya cetak tetapi jmlh data yg akan saya cetak dengan yg ada di e-faktur tidak sama itu knp ya?
Terus kan saya pernah upload data di bulan yg berbeda tetapi masa pajaknya sama dengan yg saya buat apa pengaruhnya karna itu?
Mohon pencerahannya pak admin

admin
Admin

Tentunya pastikan dulu yang akan dihitung apakah dikreditkan dengan masa pajak yang sesuai atau tidak

Zaky
Guest

Berarti itu ada pengaruhnya ya ketika saya uploader di lain bulan?

admin
Admin

bukan uploader di lain bulan yang jadi berpengaruh, namun isian pilihan bulan pengkreditannya saat entry data faktur tersebut

susanti
Guest
susanti

Mohon di reply..
Pagi pak, saya mau tanya bulan Maret 2017 saya input pajak faktur keluaran dan sudah diapprove. Pada bulan April 2017 saya baru sadar bahwa Alamat & NPWP yang dipakai salah (harusnya yang diinput alamat pontianak tapi tidak sengaja yang diinput alamat jakarta) tapi nama Pembeli sama. Waktu saya coba perbaiki dengan faktur pengganti tapi malah tidak bisa diganti. Jadi saya langsung retur faktur keluaran itu tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pembeli. Dan input ulang lagi dengan nama, alamat, dan npwp yang baru. Yang mau saya tanya, apakah ada masalah di pihak pembeli jika pihak penjual terlanjur (tidak sengaja) input retur keluaran? sedangkan pihak pembeli tidak melakukan retur transaksi. Karena yg saya tahu yang berhak melakukan retur adalah pihak pembeli bukan penjual. Terimakasih

admin
Admin

saat ini apakah data retur penjualan statusnya sudah approval sukses? seharusnya memang faktur tersebut diperbaiki dengan menerbitkan pengganti atau membatalkan faktur lama dan membuat faktur baru

Susanti
Guest
Susanti

Retur penjualannya sudah approval sukses pak, jadi bagaimana ya pak selanjutnya soalnya saya mau lapor spt tahunan. Mohon masukkannya. Terimakasih

admin
Admin

coba posting SPT Masa PPN sesuai bulan yang dimaksud, jika memang jumlah penjualan sudah benar maka tidak perlu ada yg diperbaiki lagi, tentang SPT Tahunan juga tidak ada masalah

leny
Guest
leny

dear admin,
saya buat batal faktur karena salah nama pembeli dan NPWP, Permasalahannya , seharusnya saya pencet tombol batal faktur tapi kepencet “pengganti ” dan statusnya jadi “DIGANTI ” bagaimana membatalkan faktur tersebut , sementara nama dan npwp berbeda.
1.apakah saya tetap buat pengganti nya, kemudian setelah penggantinya status
” Uplpoad sukses” baru di batalkan , kemudian buat faktur dengan NSFP baru ? tks atas tanggapannya

admin
Admin

betul, jadi sekarang faktur yang harus dibatalkan adalah faktur penggantinya (artinya faktur pengganti ini harus sudah approval sukses agar bisa dibatalkan), setelahnya terbitkan faktur dengan nomor baru

wiwin
Guest
wiwin

Pagi admin, mohon pencerahannya.
saya membuat faktur pajak dengan nominal 1 juta, kemudian dari pihak penjualan memberikan informasi bahwa ternyata harganya 900 ribu. kemudian saya buatkan faktur pajak pengganti lalu kemudian approved. setelah faktur pajak pengganti di approved ternyata ada kesalahan info lagi dari penjualan bahwa sebenarnya harganya 1juta (kembali ke posisi awal). pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan?

1. membuat faktur pajak pengganti yang kedua kali dengan nominal 1.000.000, atau
2. bisakah saya membatalkan faktur pajak pengganti sehingga faktur pajak yang pertama kali saya buatlah yang digunakan?

terimakasih

admin
Admin

Kedua opsi itu semua bisa dilakukan, tidak ada masalah

zaky
Guest

isian bulan pengkreditannya sudah saya sama kan dengan masa bulan saat saya entry pak admin misal bulan 2 sudah saya samakan namun kendalanya seperti itu jumlah data di e-faktur dengan yg saya akan print tidak sama
mohon pencerahannya pak admin

admin
Admin

Kelihatannya masih tidak sama. bisa dipastikan?

admin
Admin

Bisa minta screenshotnya Pak?

zaky
Guest

bisa minta alamat email pak?
soalnya mau saya kirimkan gambar disini gak bisa

admin
Admin

Pak Zaky,
coba pakai ini
https://prnt.sc

zaky
Guest

sudah saya kirimkan fotonya tapi koig gak muncul ya pak

admin
Admin

Pak Zaky, picturenya kami detele ya. Soalnya ada angka-angkanya.
Hapus SPT lalu posting kembali.
Data yang nilainya negatif tadi adalah data retur, silahkan cek/perhatikan kembali data-data returnya.

Zaky
Guest

Tapi kalo dihapus dan diposting kembali ngaruh ke sptnya yang udah dilaporin gak pak

admin
Admin

SPT yang dihapus dan diposting lagi bukan SPT yang telah dilaporkan, namun SPT yang berikutnya

zaky
Guest

siang pak addmin,
data yang tidak sama kan itu jumlahnya pak antara yang ada di aplikasi e-faktur dengan yang ada di lampiran pdfnya tidak sama bukan data yang nilainya negatif

Annisa
Guest

Dear Admin

Mohon bantuan dan informasinya
Saya mengganti faktur pajak yang sudah benar ,sebelumnya memang no pkpnya 070 saya betulkan lagi jadi 071, setelah itu direvisi lagi revisinya salah karna harusnya no faktur 27 feb 2018 tapi saya ganti jadi 16 mar 18

Setelah saya coba ganti lagi fp pengganti tersebut tidak bisa, harus bagaimanakah?

Mohon bantuannya

admin
Admin

Jika tanggal yang akan diganti menjadi lebih awal dari faktur yang sudah dibuat maka tidak akan bisa.
Silahkan batalkan faktur dan buat yang baru lagi

Annisa
Guest

Dear admin

Terimakasih banyak replynya
Tapi faktur pajak normal dan pengganti yg salah sudah approved dan invoice sudah di submit dgn masa pajak feb hanya fp pengganti yg salah kedua kali masa pajak maret, apakah hal ini tidak masalah jika dilakukan pembatalan? Dikarenakan invoicenya feb 2018

Terimakasih admin atas responnya

admin
Admin

Betul Bu. Tidak ada masalah

Nur Fitri
Guest
Nur Fitri

Dear Admin

Saya dapat faktur pajak atas pembelian barang bulan Feb. SPT masa 02 sudah saya laporkan. Ternyata ada nama produk yang salah. tapi harga barang,DPP,PPN benar.
Lalu lawan transaksi membuat faktur pajak pengganti. Lalu sayaupload ke e-faktur. apakah nanti harus dibuat SPT Pembetulan? sedangkan harga nya sudah sesuai hanya beda nama produk saja. Mohon bantuannya. Terimakasih….

Salam Hangat

admin
Admin

Tetap harus dibuat SPT pembetulan πŸ™‚

Nur Fitri
Guest
Nur Fitri

Dear admin
Saya mau tanya lagi.
Apakah batal faktur pajak harus di buatkan berita acara? Bagaimana jika tidak?

admin
Admin

Harus dibuatkan dokumen pemdukungnya, bisa berupa berita acara ataupun dokumen lainnya

Ros
Guest

Dear ,Admin
Mohon bantuannya,
Saya pernah membatalkan faktur pajak keluaran di bulan maret 2018, tapi saya lupa tanggal berapa saya membatalkan faktur pajak tersebut, yang ingin saya tanyakan,,bagaimana cara nya melihat di aplikasi efaktur tanggal pembatalan tersebut, Terima Kasih

admin
Admin

Coba cek kolom status approval

Soleh
Guest
Soleh

Dear Admin,

Jika saya membuat faktur keluaran tanggal 16 Maret, dan ternyata itu salah tanggal, seharusnya tanggal faktur adalah 01 april. sebaiknya dilakukan faktur pengganti atau pembatalan faktur ?

admin
Admin

Batalkan faktur dan buat lagi faktur yang baru

Dini
Guest
Dini

Dear Admin,

Jika saya membuat e-billing pada jumat dan tiba2 ketika hari sabtu klien menelpon, alamat di faktur pajak ingin di ganti. Apakah saya harus membuat e-billing baru atau tidak ya karena tidak ada perubahan angka. (e-billing sebelumnya belum dibayarkan ke bank) dan jika membayar ppn nya itu di masa faktur pajak normal atau ketika masa pajak faktur pengganti ?
terimakasih

admin
Admin

Perubahan tersebut tidak akan pengaruh ke ebilling, pengaruhnya ke faktur dan SPT, setelah faktur pengganti diterbitkan jika SPT blm terlanjur dilaporkan maka bisa hapus SPT dan posting kembali

Helen
Guest
Helen

Dear Admin,
Saya mau tanya :
1. Saya terima invoice tgl 10 april dgn faktur pajak tgl 9 april, tp saya terima lg faktur pajak pengganti dgn tgl 10 april. Apakah prosedur tersebut sudah benar? Soalnya ada yg bilang katanya bukan pakai faktur pajak pengganti, tp harus d batalkan faktur pajak tgl 9 dan dibuat faktur pajak yang baru. Semestinya faktur pajak pengganti atau faktur pajak yang baru ya?
2. Saya menerbitkan faktur pajak tetapi ada kekurangan dalam penulisan alamat. Kalau saya mau ganti alamat apakah harus faktur pajak dibatalkan atau diganti ya?
Thanks

admin
Admin

1. Cek kembali tanggal invoice atau pembayaran atau tanggal barang/jasa diserahkan sebagai acuan tanggal faktur yang dimaksud
2. Bisa dengan faktur pengganti

asepanwar
Guest
asepanwar

dear admin,
mau tanya untuk merubah pemungut pajak di efaktur bagaimana,soalnya saya salah memberikan kode,karena saya bukan pemungut ppn,dan waktu pelaporan tidak bisa.padahal sudah dibayar oleh pemungut ppn

admin
Admin

Bisa dijelaskan dengan lebih spesifik lagi pertanyaannya? Apakah ini terkait dengan kode transaksi faktur yang mau diubah? Jike sperti itu maka bisa revisi dengan membuat faktur pengganti

Alfred
Guest
Alfred

Dear Admin,
saya Mau tanya,
saya sudah buat FP pengganti dengan kode 011 Tetapi belum di upload, namun setelah ada pembicaraan dengan customer tidak jadi ada perubahan pada nilai transaksi. bagaimana perlakuan atas FP penggantinya karena tidak jadi pakai FP pengganti hanya pakai FP stts normal ?

admin
Admin

jika data pengganti masih belum approve maka silahkan hapus saja, yang akan dipakai masih data faktur normalnya

Alfred
Guest
Alfred

OK Mkasi admin Pencerahannya

Sherly
Guest
Sherly

Admin,

mau tanya kira* kalo mau revisi itu jadinya berapa hari ya?

admin
Admin

Maksudnya revisi apa ya Bu?

arysusiyanto
Guest
arysusiyanto

Sore…mau tanya, saya ada terbitkan FP Pengganti karena FP normal ada kesalahan alamat. Terjadi di tahun 2017. FP Pengganti sudah diserahkan ke customer yang bersangkutan. Namun FP Pengganti tersebut hilang di customer, kemudian mereka minta dibuatkan FP lagi dengan tanggal terbaru saat ini (2018). Apakah FP Pengganti dapat diterbitkan lagi, tanpa ada perubahan (koreksi) hanya update tanggal terbitnya saja?
Untuk No seri yang digunakan apakah tetap mengunakan no seri yang lama (2017).
Konsekwensinya di kami apakah juga harus melakukan pembetulan SPT Tahunan?
Mohon sarannya. Terima kasih.

admin
Admin

Faktur pengganti memang dapat diterbitkan dengan memperbaharui tanggalnya, namun sebenarnya tanggal terutang dan posting masa pajak tetap mengacu ke masa faktur normal, penerbit tetap harus lapor SPT Pembetulan. Nomor faktur tetap dengan jatah yang telah digunakan sebelumnya.

Nana
Guest
Nana

Dear admin,
Terdapat 1 lembar pajak masukan dengan kode 011. Saya sudah menginput faktur yang lama dengan kode 010 dan sudah diupload dengan status reject. Namun faktur pengganti nya tidak dapat diinput, keterangan yg muncul adalah “Nomor pengganti sudah ada atau nomor Faktur yang akan diganti belum diupload”. Mohon infonya. Tks

admin
Admin

Hapus data faktur normal yang reject tadi dan entry upload kembali faktur pengganti

andi
Guest
andi

Dear Admin, mau nanya kalo misalkan faktur pengganti gabisa di scan barcode itu kenapa ya? terus misalkan kita disuruh ngasih fp normal dan pengganti, tetapi di e-fakturnya kode yg normal sudah berubah jd 011 buat ngirim yg kode 010nya gimana?

admin
Admin

Mohon maaf, apakah bisa diperjelas pertanyaannya?
Tapi prinsipnya gini: data faktur penggati bisa langsung entry upload tanpa didahului faktur normalnya.

Fitri
Guest
Fitri

Dear Admin,
Pada Januari 2018, saya menerima faktur pajak dari pihak vendor bertanggal 18 Desember 2018. Pada saat pengimputan faktur, terjadi kesalahan pada nomor NPWP, lalu saya kembalikan ke pihak vendor dan meminta perbaikan NPWP. Pihak vendor mengembalikan faktur tersebut pada Maret 2018 dgn tggal yg sama pada faktur yaitu tanggal 18 Desember 2017. Pada bulan tersebut, saya sudah tidak bisa melaporkan faktur pajak tersebut krn sudah lewat 3 bulan, saya lalu meminta faktur pajak pengganti kepada pihak vendor dengan mengganti tanggal ke bulan April 2018, namun pihak vendor meminta surat pernyataan atas pembatalan faktur kepada saya… apakah masalah seperti ini harus dilakukan pembatalan faktur atau bisa diatasi dengan faktur pajak pengganti??

admin
Admin

Saat menerima faktur untuk dikreditkan pastikan kita memilih masa pajaknya dengan sesuai, misalnya dalam kondisi diatas berarti dikreditkannya di masa desember, nanti SPT desember yang sudah kita laporkan bisa dibuat SPT pembetulan dan lapor lagi

Celin
Guest
Celin

Hallo, saya mau tanya..
Kalau faktur pajak keluaran sudah terupload dan sudah lapor pajak.
Setelah ditelusuri ternyata ada kesalahan angka di salah satu faktur keluaran, bagaimana cara mengatasi nya ya?
Apa perlu menggunakan faktur pajak pengganti? Lalu bagaimana pelaporan sptnya ?

Celin
Guest
Celin

Saya sudah mengupload beberapa faktur keluaran di bulan mei dengan masa pajak mei. Apa berpengaruh jika saya ingin membuat faktur pajak penggantinya di masa pajak april?
Lalu apakah ada masalah dengan pembeli? Sampai saat ini, pembeli belum komplain mengenai kesalahan tsb.
Ini pertama kalinya saya membuat faktur pajak pengganti, mohon bantuannya. Terimakasih..

admin
Admin

Faktur pengganti hanya bisa dibuat dengan tanggal sama atau setelah tanggal faktur normal, jadi jika faktur normal terbit bulan Mei maka tidak akan bisa dibuat pengganti dengan tanggal april. Jika ingin memperbaiki tanggal faktur maka lakukan pembatalan dan buat lagi faktur nomor baru.

admin
Admin

Jika ada kekeliruan sudah tentu perlu diperbaiki, untuk kekeliruan angka maka bisa diperbaiki dengan menerbitkan faktur pengganti, jika SPT masa pajak yang dimaksud telah dilaporkan maka buat lagi SPT Pembetulan dan laporkan kembali

Siti
Guest
Siti

Selamat malam admin, saya mau tanya kan saya baru pindah ke PKP dan saya sdh melakukan pembayaran dan pelaporan PPNBM sampai bulan 3, ternyata ada kesalahan dalam kode f.pajaknya yg harusnya kode 04 tp saya pakai 01, kalau misalkan yang bulan sebelumnya tidak saya buatkan f.pajak pengganti apa tidak masalah…

admin
Admin

Kekeliruan tersebut tetap harus diperbaiki karena faktur yang dibuat dengan detil yg keliru dapat dianggap tidak membuat faktur, silahkan perbaiki dengan menerbitkan faktur pengganti, kode faktur yg tadinya 010 akan berubah menjadi 041, kemudian lakukan pelaporan SPT pembetulan untuk masa pajak yang dimaksud

Tina
Guest
Tina

Dear Admin
Saya mau tanya,, di 7 september 2017 saya ada bikin fp keluaran tapi salah tanggal yaitu 07 agustus 2017 dan fp tersebut statusnya sudah approval sukses, kemudian saya bikin fp pengganti dengan tanggal yang benar yaitu 07 september 2017, tapi masa pajaknya masih tetap di bulan agustus.
faktur pajak tersebut sudah terlanjur tukar faktur dan pihak lawan transaksi sudah input pajak masukanya.
di Bulan oktober fp tersebut kami batalkan karena tidak sesuai dengan masa pajak, dan saya terbitkan fp baru dengan nomer baru.
Kalau lawan transaksi saya tidak mengganti fp tersebut dengan yang baru itu bagaimana ya…
Apakah lawan transaksi saya bisa melakukan pembetulan spt karena itu sudah beda tahun, dan apakah faktur pajak yang baru dengan nomor yang baru bisa di input lagi ..
Mohon pencerahanya…
Terima kasih

admin
Admin

Pada awalnya perlu diketahui dulu bahwa memperbaiki tanggal faktur memang tidak bisa dilakukan dengan faktur pengganti dan masa pajak juga akan tetap sama dengan yang awal.
Jika sudah dibatalkan maka lawan transaksi juga harus memperbaiki dengan membatalkannya juga, jika tidak maka dianggap keliru mengkreditkan faktur.
Pembetulan SPT tidak masalah sekalipun beda tahun sepanjang belum ada pemeriksaan dari KPP.

ROSMIATI
Guest
ROSMIATI

Dear Admin,
Mohon arahan, ketika saya input transaksi di E-Faktur untuk pajak keluaran dengan kode 02..transaksi tersebut Reject (tdk dapat di upload) dengan keterangan ETAX-API-10004, FP telah digunakan….apa yang harus saya lakukan agar transaksi tersebut dapat di approv..???

admin
Admin

Nomor faktur yang digunakan pernah diupload, apakah sebelumnya pernah ganti-ganti atau pindah DB?

ROSMIATI
Guest
ROSMIATI

No FP tersebut baru dan belum digunakan, hanya pada saat input transaksi tersebut saja (namun reject).

admin
Admin

Mohon informasikan juga pertanyaan yang ini:
“Apakah sebelumnya pernah ganti-ganti atau pindah DB?”

Fafa
Guest
Fafa

P admin,

Saya mau mengganti FP keluaran bulan Mei, lalu setelah saya lakukan penggantian FP ternyata saya lihat tanggalnya per tanggal saya membuat faktur pengganti. Saya pikir bisa diganti per tanggal FP awal, saya batalkan lah itu FP. Ternyata setelah dibatalkan tidak bisa lagi dibuat faktur pengganti karena ini memang ketidak tahuan saya bahwa pembatalan FP itu sama dengan pembatalan transaksi. Solusinya bagaimnana ya agar saya tetap bisa mengeluarkan FP di masa Mei tersebut?

admin
Admin

Saat membuat pengganti memang standar tanggal akan sesuai tanggal entry data faktur penggantinya namun sebenernya tetap bisa diubah juga isian tanggalnya untuk disamakan dengan tanggal di faktur normal, namun jika sudah terjadi bahkan terlanjur faktur pengganti tersebut dibatalkan maka harus dibuat lagi faktur dengan nomor baru. Faktur baru yang dibuat saat ini tetap bisa diisikan tanggal bulan-bulan yg lalu, setelah itu lanjutkan dengan membuat SPT pembetulan untuk dilaporkan

didi
Guest
didi

selamat sore admin
saya buat penagihan di bula juni thun 2017 berikut fp, permasalahannya di pihak customer datanya terselip jadi mereka belum bayar dan belum infut fp masukannya. dan sekarang meraka mau bayar tagihannya dan minta di butkan faktur pajaknya di bulan juli tahun 2018, apakah faktur pajak yang lamanya bisa di batalkan atau tidak ? karena saya sudah buat laporan tahunan 2017. mohon solusinya

admin
Admin

Dapat dibatalkan, namun pengakuan transaksi jadinya dilakukan di 2018

Yus
Guest
Yus

Dear admin,,
Saya mau melakukan pembatalan e-faktur bulan feb-maret dikarenakan salah npwp,,yg harusnya diisi npwp customer tpi diinput 0000 karena miskom telat penginfoan npwp dari customer

admin
Admin

Hi. Bisa didetailkan/dijelaskan pertanyaannya? Terima kasih

Yus
Guest
Yus

Gini,,saya order barang k distributor mulai bulan januari,dan akhir juni kmaren saya minta faktur pajaknya,,trnyata di FP nya tercatat npwp nya 0000 karena saya belum menginfokan npwp saya,,pdahal saya sudah punya npwp dri tahun lalu. Kemudian saya minta k pihak distributor utk dilakukan pembetulan FP nya sesuai npwp saya,tapi distributornya menjawab tidak bisa karena sudah kelewat bulan.
Apakah benar seperti itu??kalau memang iya apa yg harus saya lakukan??

admin
Admin

Untuk prosedur perbaikan tersebut tetap dapat dilakukan, namun memang agak repot di sisi penjualnya. Perbaikan dapat dilakukan dengan membatalkan faktur yang lama dan menerbitkan lagi faktur dengan nomor yang baru. Dampaknya, selain adanya penerbitan faktur baru, penjual juga harus melakukan revisi SPT PPN yang sudah dilaporkan. Jadi memang bisa jadi akan repot. Faktur dengan isian npwp 000 memang tidak akan bisa dikreditkan namun bisa diakui sebagai biaya atau digabungkan jadi satu ke harga beli

Yus
Guest
Yus

Misal:
Saya: PKP A
Penjual: PKP B
PKP A membeli barang X dari PKP B snilai 990(harga 900+90(ppn 10%)) dg faktur pajak npwp 0000 dikarenakan miskom yg saya jelaskan tadi.
Kemudian barang X tsb saya jual dg harga 1,100.
Mungkin bisa dijelaskan pajak apa saja yg harus saya bayar dan berapa jumlahnya,apabila saya tidak melakukan perbaikan faktur pajaknya tadi??

admin
Admin

Terkait PPN maka saat menjual dengan harga 1.100 (jika jumlah memang termasuk PPN) maka angka 100 adalah nilai PPN yang harus disetorkan, sedangkan saat membeli walaupun ada pembayaran PPN 90 namun tidak dapat dikreditkan, jadi sebenarnya dari sisi pembeli akan dirugikan

Satria
Guest
Satria

Selamat pagi, saya mau tanya. Jika terjadi kesalahan penulisan alamat pada lawan transaksi saya apakah bisa menggunakan FP Pengganti? Kalau bisa gimanakah caranya? Kemudian FP Keluaran Normalnya terdapat dimasa Mei dan sudah dilaporkan. Dan rencana FP Pengganti akan saya buat di masa Juni apakah Masa FP Pengganti akan mengikuti FP Normalnya? Terimakasih…

admin
Admin

Faktur pengganti dapat untuk memperbaiki kekeliruan alamat sepanjang digit isiang NPWP tidak berubah, caranya entry data dengan mekanisme impor. Tanggal pada faktur pengganti tidak akan merubah masa pajaknya, jadi jika faktur normal di bulan Mei lalu penggantinya dibuat tanggal bulan Juni maka faktur pengganti tetap masuk SPT Mei

didi
Guest
didi

selamat sore admin
kalau fp. di batalkan di bln agustus tahun 2017
1. untuk laporan bulananya di tahun 2017 harus pembetulan tidak ?
2. untuk laporan tahunan di tahun 2017 harus pembetulan juga ?

admin
Admin

1. Ya pembetulan
2. Ya pembetulan
πŸ™‚

didi
Guest
didi

Selamat pagi admin
Menindak lanjut pertanyaan kemarin :
3 bisa tidak di kompensasikan kelebihan bayarnya ke bulan juli tahun 2018 ?

didi
Guest
didi

selamat siang admin
admin ini saya ada 3 faktur pajak yang di batalkan di tahun2017 dari agustus, september, dan oktober, dan saya buatkan lagi di tahun 2018 dibulan juli, untuk kompensasi kelebihannya yang 3 bulan tersebut,
1. Apakah bisa di kompensasikan ke masa pajak 07-2018 ?
2.Atau di pecah ke setiap bulan di tahun 2018
mohon pejelasannya.
Terima kasih

admin
Admin

dua hal tersebut dapat dilakukan semua, namun akan lebih pas jika dipecah ke beberapa bulan di tahun 2018 agar terlihat jejak angka-angka nya

dwi
Guest
dwi

Selamat siang admin,
saya mau tanya saya kemarin input faktur pajak, dan sudah saya upload. setelah saya cek ternyata ada 1 faktur yang saya salah input tanggal seharusnya tgl 9 juli 2018 tetapi saya tulis 6 juli 2018.Bila faktur tersebut akan diganti apakah saya harus melakukan pembatalan dulu atau bisa langsung ke penggantian? dan apakah ada sanksinya?terima kasih

admin
Admin

faktur pengganti tidak ditujukan untuk merubah tanggal faktur, jadi perlu dengan mekanisme pembatalan faktur dan menerbitkan faktur baru, namun jika kondisi tanggal yang ditulis menjadi lebih awal maka tidak ada masalah

dwi
Guest
dwi

Siang admin
ada lagi 1 yang mau saya tanyakan apabila salah input NPWP tetapi faktur pajak belum diupload apakah boleh diedit No NPWP nya?
terima kasih.

admin
Admin

dapat diedit dari menu ubah

indra
Guest
indra

saya mau tanya min. pada suatu perusahaan mau melakukan tagihan yang terlambat. sebut saja sekarang bulan 8 dan tagihannya maunya costomer fakktur bulan 5.. gimana yaa solusinya ?

admin
Admin

Solusi apa yg dimaksud? Terkait faktur pajaknya atau bagaimana? Faktur pajak secara teknis dapat dibuat dengan tanggal mundur

ema
Guest
ema

hii saya ingin bertanya .. bagaimana jika saya mendapatkan faktur yang sudah di batalkan dari penjual? apakah saya harus tetap input faktur tersebut dengan nominal yang tercantum lalu di batalkan atau tidak perlu di input tidak masalah ? terimakasih

admin
Admin

sebagai pembeli tidak perlu diinput.

intan
Guest
intan

selamat sore,

saya ingin menanyakan tentang salah input nominal pajak keluaran yang seharusnya 240juta saya input 240ribu, dan statusnya sudah approval. faktur pajak tersebut belum lapor dan masuk dalam masa lapor bulan agustus. saya ingin membatalkan f.pajak tersebut.
apa langkah yang garus saya lakukan.
mohon bantuannya

admin
Admin

Untuk perbaikan kondisi tersebut dapat dengan menerbitkan faktur pajak pengganti

dwi
Guest
dwi

Siang pak,
maaf saya mau tanya, saya ada salah input di quantity barang di e-faktur yang sudah saya terbitkan. Apakah untuk mengubah quantity barang di e-faktur bisa dilakukan dengan faktur pajak pengganti?terima kasih

admin
Admin

Bisa Bu Dwi.

Hasan
Guest
Hasan

Dear Admin,
saya mau tanya, saya sudah meng-klik pengganti pada faktur pajak yang ingin saya ganti. Namun setelah itu yang muncul di layar hanya faktur pajak yang sudah diganti, dan faktur pajak normal-penggantinya tidak muncul. mohon solusinya terimakasih

admin
Admin

Sudah dicoba search menggunakan menu filter?

referensi:
https://pajak.efaktur.id/2018/05/22/filter-pencarian-faktur-pajak-keluaran/

Edy
Guest
Edy

Dear Admin
Saya mau menanyakan,
Bulan April 2018 saya menerbitkan faktur pajak keluaran ( sudah upload) , pada bulan Agustus 2018 Customer menginformasikan bahwa ada revisi PO dan nilai nya berubah dan customer belum lapor sebagai pajak masukan untuk fp tersebut.
Untuk faktur pajak tersebut apakah kami bisa menggantinya dengan nilai revisi atau
harus membatalkannya ?

Kalau misalkan Customer sudah melaporkannya sebagai pajak masukan, apa yang harus kami lakukan ?

Terimakasih

admin
Admin

Sudah dikreditkan ataupun belum pajak masukannya oleh pembeli, jika perbaikan dilakukan pada poin atau nilai BKP yang berubah maka dapat diperbaiki dengan menerbitkan faktur pengganti.

Ferry
Guest
Ferry

Dear Admin,
Saya mau menanyakan soal Faktur pajak yang lawan transaksi minta diganti nama perusahaannya dari PT. A menjadi PT. B dengan NPWP yang berbeda pula, apakah ada solusi untuk mengganti nama perusahaan PT. A menjadi PT. B tanpa muncul “reject” dan notifikasi bahwa “pembeli tidak dapat diganti” ya?

Mohon bantuannya untuk permasalahan ini, terima kasih

admin
Admin

Perbaikan trsebut dilakukan dengan membatalkan faktur yang lama lalu membuat lagi faktur nomor baru

Ferry
Guest
Ferry

Dear Admin,
Saya mau menanyakan apakah nama pembeli/ nama perusahaan dapat diganti di faktur pajak pengganti? Karena mengingat klien kami meminta untuk dilakukan perggantian nama perusahaan PT. A menjadi PT. B

Apabila tidak bisa, adakah solusi lain untuk mengganti nama perusahaan tersebut tanpa harus membatalkan faktur pajaknya?

admin
Admin

Perbaikan tersebut dilakukan dengan membatalkan faktur yang lama lalu membuat lagi faktur nomer baru, tidak bisa diterbitkan dengan faktur pengganti

Riska
Guest

Dear Admin,
Saya mau tanya mengenai faktur pajak yang dibatalkan setelah lapor SPT. Apakah cukup pembetulan SPT saja atau harus ada lampiran lain seperti misalnya nota pembatalan dari customer, sementara dia belum mengkreditkan faktur pajaknya?

admin
Admin

Mohon maaf Bu Riska, terlambat di response.
Anda Cukup lapor SPT saja.

Ema
Guest
Ema

Siang.. Saya mau menanyakan saya beserta di perusahan yang sudah PKP non PE jika ad customer say yang tidak mau memberikan alamat maupun KTP dan NPWP apakah faktur bisa dibuat hanya dengan contoh nama : Tukiyem alamat : Surakarta NPWP : 00 atau bisa dengan gunggungan..?

admin
Admin

Saat ini faktur dengan npwp 000 belum diwajibkan menambahkan info NIK, jadi bisa saja menerbitkan faktur, atau jika memang transaksinya dilakukan secara eceran bisa juga membuat faktur pajak digunggung

Ema
Guest
Ema

Halo min.. Tp status saya PKP bukan PE apa bisa menggunakan gunggungan? Bukankah akan kena sanksi? Trimakasih

Septa Wahyudi
Guest
Septa Wahyudi

Selamat Malam,
Sebelum ke pertanyaan, berikut adalah kejadian yang saya alami:
1. Pada saat rekam faktur, nilai PPN no. seri faktur 0001 (misal), adalah 94.000.000, stlh faktur saya serahkan ke bendahara terkait, ternyata nilai tersebut salah.
2. Merevisi point 1 diatas, saya rekam faktur lagi dng no. seri faktur 0002 (misal), dng nilai yang benar yaitu 90.000.000.
3. No. seri faktur 0001 (94.000.000) pada point 1 diatas kemudian saya batalkan.

PERTANYAAN SAYA ADALAH=
– Apakah yang saya lakukan pada poin 3 diatas betul, atau salah? jika salah mohon pencerahannya.
– Pada saat sya menyampaikan SPT masa PPN 1111 (misal masa bulan 09) ternyata didalam lampiran pdf nya, PPN 94.000.000 juga ikut masuk dalam daftar pajak keluaran, harusnya hanya yang 90.000.000 bukan? karna yang 94.000.000 saya rasa sdh saya batalkan. Jadi seolah-olah dalam lampiran tersebut terdapat 2 kali pembayaran dalam 1kali termin. dan kira2 menjadi sebuah permasalahan atau tidak ya Pak/Bu? mohon solusinya. TERIMA KASIH.

admin
Admin

1. Poin 3 sudah betul tidak masalah, mengingat kejadiannya sudah dilakukan. Namun mestinya merevisi faktur cukup dengan menerbitkan faktur pengganti dengan nomer fakturnya masih sama.
2. Hal itu bisa terjadi karena saat posting SPT dilakukan sebelum pembatalan faktur dilakukan. Jadi hapus SPT dulu, lalu pastikan memang faktur yang salah sudah benar-benar batal, barulah posting SPT lagi

Septa Wahyudi
Guest
Septa Wahyudi

Selamat Siang,
– Menindaklanjuti jawaban bapak/ibu pada point 2, perlukah saya melakukan pembetulan atas SPT yg sudah terlapor?
– Menimbulkan asumsi atau tidak dari Pajak, saya takut dianggap Kurang Bayar atas input nilai PPN yang salah (94.000.000 > yang sudah saya batalkan).

TERIMA KASIH.

admin
Admin

Perubahan apapun yang terjadi setelah SPT dilaporkan harus diikuti dengan penyampaikan SPT pembetulan.
Pembatalan faktur adalah hal yang wajar dan sangat biasa terjadi

Mellyana
Guest

Selamat siang,
Perusahaan kami membuat FP keluaran pada bulan Desember 2017, pihak konsumen tersebut minta revisi FP tersebut di bulan oktober tahun 2018.
Bagaimana solusinya? Terima kasih

admin
Admin

Sebelum merevisi, apakah saat Desember 2017 penjual sudah menerima uang atau menyerahkan barangnya? Jika sudah maka mestinya tidak perlu direvisi, jika belum silahkan merevisi dengan membatalkan faktur yang lama dan menerbitkan faktur baru

Mellyana
Guest

Bagaimana kalau, FP tersebut hanya merevisi alamatnya saja?

admin
Admin

Mohon maaf, sepertinya pesan ini terlewat kami reply.
Jika revisinya adalah penulisan alamat, maka bisa dengan membuat faktur pengganti, nomor fakturnya akan sama dengan yang awal, kapanpun diterbitkan faktur pengganti tidak masalah

Dwi Nurmida
Guest

Dear Admin, saya telah membatalkan faktur pajak milik non PKP di bulan November 2017, apakah bisa diterbitkan di 2018 tetapi dia sudah bayar pajaknya. Mohon solusinya, karna saya bingung sekali

admin
Admin

Jika hanya sekedar bisa terbit bisa saja, namun dengan terbit faktur sekarang jadinya faktur terlambat terbit, nanti jika ada surat tagihan keterlambatan tinggal dibayar saja πŸ™‚

Dedew
Guest

Admin, saya mau tanya, saya tidak sengaja membatalkan fp non pkp di 2017, apa yang harus saya lakukan yah ? Pembetulan saja atau bisa ga yah buat fp gabungan di nama customer yang sama

admin
Admin

Ini pembetulan apa yang dimaksud? Pembetulan faktur atau bagaimana? Pembuatan faktur gabungan bisa saja dilakukan

Nedi
Guest
Nedi

Selamat malam Pak Admin
Saya Sudah Terbitkan FP Keluaran tgl. 20 Sept 2018…(berarti laporan pajak sy masanya bulan Sept 2018 sesuai dgn FP yg diterbitkan), tapi pihak bendahara blm melakukan pembayaran dan belum menyetor PPN dan PPh psl 22 hingga saat ini dan mungkin sd tgl 15 Okt 2018 blm dibayarkan (krn proses administrasi blm selesai)

Pertanyaan :
1. Jika dilakukan Pembayan/penyetoran oleh Bendahara PPn dan PPh psl 22 biasanya
masa pajaknya dibuat masa Okt 2018 (krn pembayaran dilakukan pd bln Okt 2018)
-. Apakah saya harus mengganti FP menjadi bulan Okt 2018 atau sy cukup melakukan
Pemindahbukuan setelah PPn dan PPh psl 22 disetor Bendahawaran.

2. Sementara saya akan membayar PPh Final 0,5 % Masa September 2018
(terakhir pembayaran tgl. 15 setiap bulannya…)
-. Apakah penyetoran PPh Final tersebut diatas saya lakukan pd Masa Sept atau Okt
(Krn kalo menurut FP diterbitkan bulan Sept 2018 berarti masuk dalam Omset Sep
2018, sementara pajak yg disetor oleh Bendahara bulan Okt 2018

Mohon Bantuan, Petunjuk dan Solusinya, Terima Kasih.

admin
Admin

1. Tidak perlu melakukan apa-apa, yang terjadi adalah terlambatnya setoran yang dilakukan bendahara jadi kekeliruan ada disana, buat kita tidak perlu merubah faktur.
2. Semestinya jika kita termasuk yang membayar 0,5% maka tidak perlu ada pph 22 atau sebaliknya jika kita dipotong pph 22 maka tidak perlu bayar 0,5%, hal itu dapat dilakukan jika kita sudah punya Surat Keterangan. Namun jika belum punya dan mau bayar yang 0,5% maka masa pajak acuannya adalah saat uang diterima, jadi bisa saja beda masa dengan faktur pajaknya, dan ini tidak masalah

Indah P
Guest
Indah P

Dear Admin,
Perusahaan kami pindah KPP dan telah melakukan permintaan kode aktivasi dan password yang baru. Masalahnya semua efaktur batal di efaktur lama keluar di efaktur baru ternyata Belum diapprove , padahal faktur batal etrsebut telah di batalkan.
Sampais ekarang belum ada solusi dari Help desk KPP baru walaupun saya telah bolak balik ke KPP, padahal saya akan melakukan pembetulan E Faktur.
Jadi perpindahan KPP di bulan Agustus lalu, dan faktur pajak batal semua berubah menjadi belum di approve, saran dari IT KPP, saya melakukan pembuatan untuk Pembetulan bulan januari – Juli dengan menggunakan E Faktur lama, tetapi masalahnya jika ada nomer faktur peridoe Januari yang saya batalkan di bulan September kalau saya tetap menggunakan E Faktur lama, kan tidak bisa masuk dan jumlah faktur dan nilai nominal faktur pajak keluaran jadi tidak sama.
Apakah Pak admin punya solusinya pak ?
Mohon bantuannya, terima kasih.

admin
Admin

Dear Ibu Indah, untuk masalah dengan detil seperti ini, baru bisa memberikan jawaban jika bisa langsung cek kondisi datanya, jadi agak sulit jika menggunakan fasilitas chat/komentasr seperti ini. Kami sarankan coba lebih diintens kan saja dulu komunikasi ke KPP nya.

Nedi
Guest
Nedi

A. Saya Rekanan (CV) Di Dinas, dan saya Tidak Ada SKB, untuk PPN, Pph Psl 22 dan Pph
Psl 23 tetap dipotong oleh Bendahara dan Bukti pembayaran/penyetoran pajak
tersebut selalu saya minta berupa photo copy.
B. Omset CV tidak sampai 4,8 Milyar/Tahun, sesuai PP No. 46 (PPh Final) saya tetap
melakukan penyetoran setiap bulannya : 1 % dari Omset Maret s/d Juni 2018 dan
0,5 % dari Omset Juli s/d Sept 2018 (peraturan baru)
C. untuk SPT Tahunannya selalu Nihil
PERTANYAAN :
1, Apakah PPh Psl 22 dan PPh Psl 23 yg telah dipotong/Dipungut oleh Bendahara tersebut
bisa di Restitusi atau di Kreditkan kembali ke CV kami
2. Kapankah restitusi / pengkreditan tersebut dapat dilakukan ?
3. Bagaimanakah syarat-syaratnya, aturan dan cara melakukannya.
Mohon Bantuan dan Pencerahannya..karena saya Sangat Awam dalam Perpajakan, atas Bantuannya kami ucapkan Terima Kasih.

admin
Admin

Dear Pak Nedi,
mohon maaf kami terlewat mereply komentar ini.
1. Karena kita sudah membayar pph yang final (tarif 1% atau 0.5%) maka potongan pph 22 dan 23 dr bendahara dapat dikreditkan juga untuk direstitusi
2. Pengkreditan dan restitusi dilakukan bersamaan dengan laporan SPT Tahunan PPh badan dengan adanya status Lebih Bayar pada SPT
3. Syaratnya adalah mengisi SPT dengan benar sehingga status Lebih Bayar dan diajukan permohonan restitusi, setelah itu KPP akan mulai prosesnya dengan melakukan pemeriksaan, silahkan ikuti prosesnya dan penuhi semua dokumen-dokumen yg akan diminta, jika kelengkapan dokumen tidak tersedia maka bisa saja restutusinya tidak disetujui

Riska
Guest

selamat siang pak,
saya mau tanya mengenai nilai invoice dan faktur pajak berbeda.
apabila invoice yang diterbitkan sudah tidak bisa direvisi jadi kami hanya terbitkan credit note untuk revisi invoice tersebut.
apakah boleh membuatkan FP pengganti walaupun nilai di invoicenya masih dengan nilai yang lama?
sedangkan di faktur pajak sudah ada pengganti dengan nilai yang baru.
apakah boleh demikian?
jadi untuk pengganti kita hanya terbitkan dengan credit note sebagai acuan bukan invoice.

admin
Admin

Bisa seperti itu, tidak masalah

Rizkia Noermaazni
Guest

dear admin..

saya mau tanya, saya sudah melakukan pembatalan retur masukan, lalu saya upload faktur pengganti nya. ketika saya mau melakukan pembetulan kenapa upload tan retur masukan yg sudah saya upload kenapa tidak masuk ya? padahal faktur yg saya batalkan nilai nya sudah 0?
mohon pencerahannya. terimakasih Admin πŸ™‚

admin
Admin

Hi.. Maksudnya tidak masuk itu tidak ada di lampiran SPT atau bagaimana? Coba hapus SPT dan coba ulangi posting SPT lagi, perhatikan juga tentang masa pajak posting returnya, bisa jadi tidak sama dengan masa pajak faktur yang diretur

Intan
Guest

Dear admin

saya mau tanya, ada 6 faktur pajak keluaran di efaktur kami tidak muncul tetapi sudah pernah di upload dan di cetak, cara mengembalikannya kembali bagaimana ya ?
Terimakasih

admin
Admin

Tidak muncul di tampilan Daftar Faktur Keluaran atau tidak muncul saat posting SPT? Apakah pernah ganti-ganti menggunakan file DB?

Budiman
Guest
Budiman

Dear Admin
Pada masa agustus 2018 saya salah menginput faktur pajak dg npwp 000, padahal ada nomor npwp yang benar, dan saya sudah melakukan pembatalan dan menerbitkan kembali faktur pajak yang baru dan sudah berhasil dengan jumlah yang persis sama, dan atas perubahan tsb saya posting spt ppn agustus pembetulan ke 1, dengan nilai PPN lebih / kurang dibayar menjadi Rp 0, tetapi di kolom II H tidak bisa dicentang apapun untuk menyimpan dan membuat SPT pembetulan tersebut. Mohon pencerahan..

admin
Admin

Untuk isian di baris II D, II E, dan II F seperti apa?

Reni
Guest
Reni

Dear admin,
Min apakah faktur pajak yang salah di nama penandatangannya bisa dibuatkan faktur pengganti ? Kan katanya penandatangan faktur pajak harus nama orang orang yang ada di akta perusahaan. Apakah ada sanksi nya ? Mohon dijelaskan min beserta pasal yg mengatur hal tersebut. Terimakasih min

admin
Admin

Bisa menggunakan faktur pengganti, penandatangan faktur bukan harus orang yang ada di akta perusahaan tapi nama orang yang sudah diberitahukan ke KPP bahwa dia akan menandatangani faktur untuk perusahaannya, ini dikenal dengan istilah pemberitahuan spesiment tanda tangan, jika penandatangan tidak memenuhi kondisi ini maka faktur dianggap tidak memenuhi syarat formal penerbitan faktur pajak

Marsudi
Guest
Marsudi

Dear admin

Saya sudah buat faktur pajak..namum tgl yang saya masukan salah..saya harusnya masukan di tanggal 27 agustus sedangkan yg saya masukan 25 oktober..bagaimana caranya mengganti..
Catatan saya..faktur pajak saya terbit/di buat tgl 23 oktober..apakah ada solusi untuk mengganyinya

admin
Admin

Perbaikan isian tersebut harus dengan membatalkan faktur pajak yang lama dan menerbitkan faktur pajak baru

Aneka Pandaan
Guest
Aneka Pandaan

Selamat siang,
kami ada kendala terkait e-faktur pada Faktur Pajak Masukan,
Supplier kami, tidak memberikan informasi jika faktur pajaknya diganti, tiba-tiba dikirim faktur pajak pengganti tanpa mengirimkan faktur pajak yang diganti,
oleh admin kami, Faktur Pajak penggantinya diinput dan diupload, dan diketahui bahwa faktur pajak melebihi masa pelaporan (padahal faktur pengganti bulan Juli, dan akan dikreditkan di masa Oktober) sehingga di reject.
Karena terjadi kendala ini, akhirnya kami meminta supplier untuk mengirimkan Faktur Pajak Normal dan baru diketahui Faktur tersebut dibuat bulan Juni, sehingga kami rencana akan mengubah pengkreditan ke bulan September.
tetapi ketika kami upload terjadi error dengan status reject, tertuliskan Faktur Pajak tidak ditemukan atau sudah di ganti.
ketika kami upload Faktur Pajak Pengganti dan input ulang, juga terjadi error dengan status reject, tertuliskan nomor pengganti sudah ada atau nomor faktur yang akan diganti belum diupload.
jadi kondisi Faktur pajak masukan kami baik yang normal maupun yang pengganti direject keduanya dan tidak bisa diupload ke e-faktur.
apa yang harus kami lakukan untuk mengatasi masalah ini pak?
terima kasih.

admin
Admin

Masa pengkreditan faktur pajak pengganti tetap mengacu pada masa pengkreditan faktur pajak normal (acuan sesuai tanggal pada faktur pajak normal), untuk upload datanya langsung menggunakan data faktur pengganti tanpa didahului upload data faktur normalnya, jadi faktur normal hanya dilihat untuk acuan tanggal atau hitungan masa pajaknya saja. Jika sebelumnya sudah sempat entry data faktur pengganti dan reject dengan masalah masa pajaknya, maka cukup perbaiki lagi isian data yaitu ubah masa pajaknya lalu upload lagi, pastikan saat upload memang hanya ada 1 data faktur pengganti

Aneka Pandaan
Guest
Aneka Pandaan

terima kasih atas masukkannya, kami sudah melakukan tetapi tetap tidak bisa diupload, akhirnya kami menanyakan ke kring pajak, dan data faktur pajak penggantinya tersangkut di server, harus di refresh dan di hapus dari pusat supaya bisa diinput kembali di e faktur kami. terima kasih pak.

Azmi
Guest
Azmi

dear admin

saya ingin bertanya, apakah bisa faktur pajak keluaran yg sudah terlanjur batal untuk kembali di aktifkan? saya ada ketidak sengajaan membatalkan 1 fp keluaran.

terima kasih

admin
Admin

Hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Azmi
Guest
Azmi

baik

terima kasih admin

admin
Admin

sama-sama πŸ™‚

Fauzi
Guest
Fauzi

Admin.. tny donk… wp salah nerbitkan kode faktur. Harusnya 010 tapi dibuat 030. Pas mau bikin fp pengganti kan mestinya 030 menjadi 011. Di aplikasi ga mau. Maunya 031. Tolong masukannya. Terima kasih

admin
Admin

Seharusnya bisa jadi kode pengganti 011.
Coba klik saja di bagian kode transaksi dan pilih ke kode 01

Fauzi
Guest
Fauzi

Tetap ga bs min. Dia mengacu faktur normalnya. Krn normalnya 030 pas fp pengganti jdnya 031, ga mau 011. Sdh sy tny ke beberapa teman ktnya memang bgitu. Tolong solusinya utk pembetulan spt masa ppn 2016. Trima ksh min

admin
Admin

Apakah sudah klik buat pilih kode transaksi?
Bisa di screenshot?
screenshot bisa pakai prntscr.com

iphat
Guest

dear admin

mohon pencerahannya, apakah faktur yang sudah diterbitkan bisa dibatalkan penyebabnya adalah salah input nama barang dan nominalnya. terimakasih

admin
Admin

Bisa dibatalkan, namun jika kekeliruan di isian nama barang dan nominal maka masih bisa dibuat faktur pengganti

Atika
Guest
Atika

Dear admin. Mohon bantuannya. Jadi saya pertama sudah upload FK , kemudian ada kesalahan. Dan saya pilih pengganti maka ada yg statusnya “diganti” dan status “normal-pengganti”. Nah status “normal-pengganti” itu saya tidak sengaja terhapus dan belum di upload kembali. Bagaimana ya cara mengembalikan data FK yang status “normal-pengganti” tersebut? Karena saya ingin melakukan penggantian kembali. Sedangkan di FK yang status “diganti” tidak terdapat pilihan pengganti.
Mohon bantuan dan solusi nya min. Terimakasih banyak.

admin
Admin

Apakah memang betul data normal pengganti belum diupload?
Apakah sudah dicoba entry data dengan cara impor?

Atika
Guest
Atika

Iya betul blm di upload makanya bisa di hapus min. Karna kalau sudah di upload maka yg “normal-pengganti” tidak bisa di hapus. Saya sudah coba import dan datanya memang tidak ada. Kemudian saya tlpn kring pajak. Dan di suruh cari backupan data yg faktur keluaran masih status “normal” alias blm di ganti menjadi status “diganti” . Dan sudah ketemu backup datanya. Saya anggap db backup data lama adalah db “B” dan db terbaru adalah db “A”. Yang jadi pertanyaan saya apakah data FK yg status normal di fb “B” dapat di gabungkan ke db “A” ? Karna kan di db “A” terdapat data tersebut hanya saja statusnya “ganti”. Atau saya coba ganti saja FK yg ada di db B dgn status “normal” maka akan muncul status “normal-pengganti” dan tanpa menggabungkannya ke db A?

admin
Admin

Silahkan utak atik lagi data di DB B untuk pembuatan faktur penggantinya, lalu jika sudah jadi faktur pengganti nantinya dapat dipindahkan/digabungkan ke DB A. Untuk memindahkan bisa menggunakan ekspor dan import.

mik
Guest
mik

Dear admin,

Mau tanya, saya ada menerbitkan faktur ke pelanggan bulan september 2018 tetapi baru sekarang pelanggan menginformasikan bahwa NPWPnya salah. Untuk jatah nomor faktur keluaran yang saya miliki masih ada sejak Juli 2018. Pertanyaannya, kalau saya membatalkan faktur pajak yang lama (september 2018) dan membuat faktur pajak baru sekarang dengan tanggal yang sama (september 2018) dan melakukan SPT pembetulan september 2018, apakah ada resiko denda 2%?

Terima kasih

admin
Admin

Tidak ada resiko sanksi terlambat bayar sepanjang data baru yang masuk tidak mengubah nilai kurang bayar SPT

Mariana
Guest
Mariana

Saya ingin bertanya apakah faktur normal yang saya telah terbitkan bisa saya ganti dengan faktur pangganti akan tetapi faktur pengganti tersebut apakah dapat berbeda bulan?

admin
Admin

Faktur pengganti tetap dapat diganti lagi seterusnya sampai tidak terbatas. Tanggal faktur pengganti adalah tanggal saat dibuatnya faktur pengganti tersebut, tidak ada masalah beda bulan ataupun beda tahun, namun tetap perhatikan bahwa nantinya faktur pengganti (berapapun tanggalnya) akan masuk di SPT bulan yang sama dengan faktur normalnya

achmad
Guest
achmad

Dear admin
mohon ijin bertanya, saya buat faktur pajak tertanggal 30 september 2018 namun belum saya upload dan saya printscreen untuk diajukan ke lawan transaksi yg kebetulan “Pemungut Bendaharawan”. Selanjutnya diproses dan dibayarlah PPN tersebut oleh lawan transaksi, kemudian faktur pajak yg tadi saya upload “error” setelah itu saya hapus dan bikin baru namun lupa mengganti tanggal sehingga tanggal yg tertera adalah tanggal sekarang 07 Desember 2018. Kondisi seperti ini apa yang harus saya lakukan??

terimakasih

admin
Admin

Jadi faktur yang terupload tanggalnya salah? Silahkan fakturnya dapat dibatalkan saja

achmad
Guest
achmad

jika lawan transaksi tidak mau mengganti bgmn? karena no fakturnya harus sama seperti yang kami serahkan dan karena PPNnya sudah dibayar. apa tetap saya biarkan nanti pembetulan di lapor tahunan?

admin
Admin

Secara substansi sepanjang nilai PPN terutang tetap tdk berubah maka tanggal faktur keliru tdk terlalu masalah, jadi jika memang saat ini ingin tetap pake faktur yang lama, tidak apa.

galang
Guest
galang

mohon ijin bertanya, saya buat faktur dengan nilai kontrak 75.681 sekian namun salah, setelah itu sudah saya ganti tapi masih ada yang salah, lalu faktur pengganti yang salah tersebut sudah saya batalkan, saya mau mebuat faktur pengganti yang baru tapi tidak ada tombol di menunya, apa yang harus saya lakukan

terima kasih

admin
Admin

Faktur pengganti jika telah dibatalkan maka tidak akan dapat diapa-apakan lagi, sudah selesai dengan batal. Jadi yang perlu dilakukan adalah membuat faktur nomor baru.

resa
Guest
resa

faktur status reject keterangan ETAX API 10005…tidak bisa diedit karna salah tanggal kode ETAX 200027..apabila dihapus apakah nomor faktur tersebut masih bisa digunakan…karna status reject berarti belum aprove .mohon solusi

admin
Admin

Masih bisa digunakan fakturnya.

Fifi
Guest
Fifi

Dear admin,
Ada beberapa faktur pajak yang salah transaksi di masa kemarin. Dan itu karena double faktur. Apakah harus dibatalkan?
Sedangkan saya terbersit ide, daripada dibatalkan mendingan diganti dengan transaksi masa sekarang. Apakah itu bisa dilakukan? Apakah double faktur di masa kemarin harus dibatalkan? Mohon pencerahannya
Trimakasih

admin
Admin

Mestinya itu dibatalkan, jika digunakan untuk transaksi yang sekarang ada 2 masalah karena faktur pengganti itu tidak bisa merubah masa pajak dan tidak bisa berubah identitas pembelinya

Masariku
Guest
Masariku

Min, mau tanya. Saya awam soal e faktur. Kemaren bikin faktur keluaran untuk BUMN dengan kode lawan transaksi 01, dan sudah dibayar PPNnya. Mungkin mereka ga ngecek juga.
Cara menggantinya bagaimana?

admin
Admin

Untuk memperbaiki kode fakturnya bisa dengan penerbitan faktur pengganti.

Agus
Guest
Agus

Selamat siang Admin, Jika ada dobel transaksi di tahun lalu ( 2017 ) bagaimana perlakuan untuk faktur pajaknya?apakah masih bisa di batalkan dan dilakukan pembetulan SPT?

admin
Admin

betul, silahkan batalkan faktur dan buat SPT Pembetulan

ady
Guest
ady

saya salah memuat lawan transaksi, dan faktur sdh terlanjur saya batalkan, masalahnya untuk mmembuat faktur pengganti saya sdh kehabisan NSFP, sementara untuk meminta NSFP baru tidak bisa krn SPT masa belum diperbaiki/tidak dapat mencetak CSV bgmn solusinya

admin
Admin

untuk SPT yang gagal membuat CSV ini masalahnya kenapa? untuk faktur yang sudah terlanjur batal memang perlu untuk membuat faktur lagi dengan nomor baru

frans
Guest
frans

Dear Admin,
Saya ingin menanyakan jika faktur pajak yang dibuat terdapat kesalahan dalam jenis itemnya sehingga saya harus membuat faktur pengganti.
Pertanyaannya apakah saya harus membuat spt pembetulan atas faktur pengganti tersebut jika saya sudah melaporkan spt yang normal?

admin
Admin

betul, apapun data yang berubah pada SPT yang telah dilaporkan perlu dilakukan laporan SPT Pembetulan

Nuke
Guest
Nuke

Dear Admin,
Saya sudah membuat FP dengan nomor seri 010, namun saya baru dapat kabar lagi dari custommer saya bahwa ingin mengganti FP dengan seri 070. Karena daerah pekerjaannya di Batam, dimana merupakan daerah free trade zone. Apa solusinya bisa dengan mengganti FP seperti yang telah disebutkan diatas? atau membatalkan faktur terlebih dahulu lalu menerbitkan faktur yang baru?

admin
Admin

Bisa dibuat faktur pengganti, nanti kode menjadi 071

Lori
Guest

Berapa batas waktu untuk lapor SPT masa pembetulan setelah terkena sanksi denda?

admin
Admin

Ini sanksi denda keterlambatan lapor atau sanksi bunga keterlambatan setor?

Atika
Guest
Atika

Dear admin.saya ingin bertanya. Apakah database 2018 dan 2019 harus di pisah? Atau di gabung tidak apa”? Jika harus di pisah dan saya sudah terlanjur membuat faktur baru tahun 2019 di database tahun 2018 apa yang harus saya lakukan? Dan dalam pembuatan faktur 2019 saya sudah menggunakan nomer faktur untuk tahun 2019.

admin
Admin

Tidak harus dipisah, tidak ada masalah

Atika
Guest
Atika

Baik admin terimakasih. Kalau untuk pengembalian nomer faktur THN 2018 baru saya urus bsk boleh tidak ya? Atau harus di urus secepatnya?? dan cara pengembalian nya bagaimana ya? Harus bawa laptop ke KPP atau tidak ya?

admin
Admin

Dikembalikan bersamaan dengan penyampaikan laporan ppn masa desember, namun dikembalikannya secara manual dengan mengisi formulir.
formulir bisa di download disini: https://flazztax.com/download-formulir-pajak/

Soli
Guest
Soli

Min saya pegawai baru di perusahaan, nah faktur yg sayabbuat itu ke klik batal, selanjutnya saya rekam ulang dengan isian yg sama dengan faktur yg di batalkan tadi, apakah tidak masalah nantinya? Di spt masa misalnya

admin
Admin

Entry lagi datanya dan itu dianggap faktur baru karena nomor fakturnya baru

Ilham
Guest
Ilham

Halo admin, saya mau tanya soal faktur pajak yg sukses terupload di efaktur, namun ketika di cek ulang ternyata terjadi kesalahan nama keterangan dan dpp nya. Sementara saya harus lapor untuk PPN masanya. Menurut admin bagaimana ya?

admin
Admin

silahkan menerbitkan faktur pajak pengganti

Ilham
Guest
Ilham

Boleh kasih tau caranya min?

admin
Admin

Silahkan coba link ini:
https://goo.gl/9qMAeV

Ilham
Guest
Ilham

Terimakasih untuk ilmunya min

admin
Admin

sama-sama Pak Ilham

Ines
Guest
Ines

Faktur pajak nominal salah.dan sudah Terbayar.apakah bisa dilakukan penggantian faktur?

admin
Admin

Bisa dilakukan

Fendy
Guest

Siang Admin, saya salah buat tanggal faktur keluaran , jadi beda masa, harusnya masuk masa desember 2018 , tapi saya buat di masa januari 2019. untuk mengganti ke masa sebelumnya ini bagaimana ya? Terima Kasih sebelumnya.

admin
Admin

Tidak bisa, Harus dengan menerbitkan faktur baru dan membatalkan faktur yang keliru

Laras
Guest
Laras

Siang min , saya upload pajak masukan tapi setelah di cek nomor seri faktur nya salah ketik , sedangkan pajak masukan tidak seperti pajak keluaran yang ada tanda klik ubah , cara mengubahnya bagaimana ya ? terima kasih

admin
Admin

statusnya apakah sudah approval sukses?

Soli
Guest
Soli

Min kalo salah input masa pajak masukan gimana yah? Harusnya masa bulan 2, jadi faktur pajak masukan ga ada keterangan approve sukses… gimana yah itu?

admin
Admin

Isi status aprovalnya apa?

Soli
Guest
Soli

Siap approve min… gimana tuh?

Anis
Guest
Anis

Saya upload spt bulan desember 2018 pada bulan januari 2019. tapi ternyata saya tidak sadar kalau spt bulan desember yang saya buat itu tahun 2019. mohon untuk solusinya segera.
Terima Kasih

admin
Admin

SPT Desember 2019 bisa dihapus, ada menu Hapus SPT di menu SPT

ami
Guest
ami

dear admin,
mau tanya mengenai retur pajak keluaran.
pd bln 11 kami ada penjualan ke PT. X, lalu dia pd tgl 30nov menerbitkan nota retur dgn DPP : 39.000.000
PPN : 3.900.000
lalu tbtb retur ini dibatalkan oleh PT. X dan di kita statusnya juga batal. lalu PT X mengeluarkan nota retur lagi dengan nomor seri yang sama dan nominal yg sama sprti yg pertama diterbitkan, hanya saja tanggal retur nya jadi tgl 1des dan no dokumennya dibedakan. lalu pas kami mau input di retur keluaran tdk bisa senilai diatas, karena sdh limit nominalnya. itu gimna ya min? tolong beri solusinya. thx

admin
Admin

Apakah terhadap data retur yang pertama, status di penjual sudah batal?

ami
Guest
ami

Sudah batal min, dia sudah kirim ss nya bahwa yg pertama batal

ami
Guest
ami

itu gimana ya min solusinya? jadi ngegantung dong itu?

devi
Guest
devi

dear admin,
saya mau mengganti alamat pada faktur pajak keluaran yang sudah diapprov apakah bisa?? kalua memang tidak bisa, apakah faktur pajak nya bisa di batalkan? kalau membuat faktur pajak baru, apakah tanggal sama bulannya bisa seperti FK yang lama?? terima kasih -_-

admin
Admin

Bisa menerbitkan faktur pajak pengganti

Riki
Guest
Riki

Dear admin, saya mau tanya, apabila ada kasus double invoice, dimana invoice diterbitkan dengan dua nomor invoice dan nomor faktur pajak yg berbeda, tetapi sebenarnya invoice dan faktur pajak tsb utk satu transaksi yang sama. Apakah bisa dilakukan pembatalan terhadap salah satu faktur pajak tsb? Dan jika dilakukan pembatalan faktur pajak yang sudah dilaporkan, apakah ada sanksi/denda utk perusahaan? Mohon bantuannya, terima kasih

admin
Admin

Faktur dapat dibatalkan, tidak ada sanksi/denda

shely
Guest
shely

Selamat sore min,mau tanya nih pajak masukan sudah di input tapi keterangan di status efaktur batal.
setelah di input lagi dan mau di apload muncul error etax 20011.solusinya apa yah min.?
terima kasih

admin
Admin

Konfirmasi ke penjual, disana/di penjual artinya telah dibatalkan

Farida
Guest

Admin mohon dibantu,
Saya input pajak masukan, terus keterangan di status faktur itu batal, sedangkan dia tidak batal. Itu batal karena salah pencet atau memang dari pihak si penjual ya ?
Terimakasih

admin
Admin

Pihak penjual telah membatalkan sebelum pembeli entry/upload

Hasan
Guest
Hasan

Admin mohon dibantu,
Kami sebagai pemungut, Rekanan menerbitkan faktur pajak bulan January dengan kode 030. namun belum kami terima. Pada bulan February mereka menerbitkan kode faktur pajak pengganti 031.dengan nomor Faktur pajak yang sama. untuk tanggal Invoice mereka membuat sama dengan tanggal faktur pajak pengganti di bulan February. Untuk kejadian seperti ini apakah diperbolehkan atau harus dilakukan faktur pajak pembatalan oleh supplier/ rekanan. Mohon pencerahannya. jika bisa bersama aturannya.

Terima kasih

admin
Admin

Tidak ada masalah terhadap faktur pengganti tersebut, namun untuk kelengkapan informasi usahakan tetap mendapatkan lembar faktur yang normal dan penggantinya

Lia
Guest
Lia

Dear admin,

mohon pencerahan nya, FPK kami ganti sebanyak 2x yaitu yang 1. perubahan keterangan stempel elektronik untuk faktur pajak 070. kemudian yang 2. dikarenakan pihak pembeli tidak menghendaki ada nya faktur gabungan yang di maksudkan ada nya surat jalan sebanyak 2x yaitu kekurangan pengiriman dan pelunasan pengiriman barang. sehingga mereka minta fpk di jadikan 2 yaitu pada tgl surat jalan yg pertama dan pada surat jalan yang ke dua. kemudian di karenakan telah berlalunya bulan pada bln transaksi tsb. pihak penjual tdk menghendaki penerbitan nomor seri baru untuk kekurangan nya. dimana untuk fpk pengganti terlanjur sudah aprrove untuk srt jalan 1 dengan nominal DPP yg berbeda. kemudian kami sepakat untuk mengembalikan kembali Fpk sesuai yg 070. tetapi sewaktu input fpk pengganti yg 3x status reject keterangan sdh pernah di input. apakah memang ada batasan untuk jumlah fpk penggantiny