Upload Faktur dan Reject

  • Data faktur pajak, baik faktur pajak keluaran ataupun pajak masukan, harus dilakukan proses upload. Jika semua data telah sesuai aturan maka hasil proses upload akan menjadikan status faktur menjadi approval sukses. Namun, jika status yang ditemui adalah reject maka dapat dipastikan masih terdapat kekeliruan pada pengisian data faktur atau memang sedang terjadi gangguan koneksi pada sistem e-Faktur. Dalam hal ini penyebab yang disebutkan pertama lebih banyak terjadi.

  • Berikut adalah gambaran variasi dari isian kolom status approval, yaitu:

    1. Belum Approve (untuk faktur yang belum di upload

    2. Siap Approve (untuk Faktur yang sudah diupload, tidak dapat diubah, dan sedang menunggu dilakukannya start uploader pada menu management upload-upload faktur)

    3. Approval Sukses (menunjukkan Faktur yang telah diupload dan memperoleh persetujuan DJP)

    4. Reject (menunjukkan Faktur yang ditolak sistem disebabkan hal tertentu, misal NSFP bukan jatah PKP)

    5. Bukan Faktur e-Tax (merupakan status Approval khusus untuk Pajak Masukan yang diperoleh dari PKP yang belum menggunakan e-Faktur)

  • Jika yang ditemukan adalah status reject, maka cek pada kolom keterangan yang berada di sebelah kanannya. Di dalamnya akan dituliskan alasan atas reject tersebut. Perlu diketahui bahwa variasi reject ada bermacam-macam dan solusinya pun juga akan bervariasi. Penting untuk membaca isian kolom keterangan sehingga dapat dipahami kondisi apa yang menyebabkan reject dan perbaikan apa saja yang diperlukan.

  • Sebagai contoh, reject dapat disebabkan oleh keterangan terkait Data Lawan Transaksi. Saat membuat data faktur ada kalanya kita tidak mengetahui data lawan transaksi dengan benar. Setelah upload, barulah diketahui kepastian apakah data lawan transaksi telah sesuai dengan data pada sistem DJP. Reject karena data lawan transaksi, yaitu ETAXSERVICE-20015 (NPWP lawan transaksi tidak ditemukan, telah dicabut, ataupun Non Efektif), ETAXSERVICE-20001 (Faktur harus ETax, lawan transaksi wajib efaktur namun belum menggunakannya), dan ETAXSERVICE-20020 (NSFP tidak falid, penjual menerbitkan faktur bukan dengan jatah NSFP miliknya, hanya terjadi pada faktur yang belum ETax). Pihak penerbit faktur harus melakukan komunikasi dengan lawan transaksi untuk memastikan data yang dimaksud.

  • Contoh reject yang lain yaitu disebabkan karena data faktur menyalahi aturan tentang Penerbitan Faktur Pajak. Aplikasi e-Faktur tidak mengubah aturan-aturan dasar tentang penerbitan faktur pajak. Tidak ada yang berubah pada hal-hal seperti kapan tanggal faktur diterbitkan, bagaimana penggunaan jatah Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP), ataupun tentang pengisian kode digit nomor faktur. Dasar hukum penerbitan faktur pajak dapat kembali dilihat pada PP 1 Tahun 2012, PMK-151/PMK.03/2013 dan PER-16/PJ/2016. Saat menemui status reject, kita harus teliti dan memahami panduan dari isian kolom Keterangan. Misalnya saat tanggal faktur yang diisikan mendahului dari tanggal diberikannya jatah NSFP maka akan Reject (ETAXSERVICE-20027), ataupun melakukan upload untuk data NSFP yang pernah Approval Sukses (ETAXSERVICE-20008). Pahami secara teliti dan lakukan perbaikan yang diperlukan.

  • Contoh reject yang terkait dengan gangguan pada sistem e-Faktur, yaitu Service master file error, lakukan upload ulang (ETAXSERVICE-40004, DAN ETAXSERVICE-40008). Pada waktu-waktu tertentu tanpa didahului pemberitahuan, dapat terjadi kegagalan mengakses sistem server e-Faktur. Hal ini dapat disebabkan karena sistem sedang dilakukan perbaikan (maintenance) ataupun karena kapasitas sistem sedang berada pada beban puncak sehingga koneksi antara User dan Server tidak lancar. Atas semua kondisi ini, User harus menunggu dan mengulangi upload pada waktu-waktu berikutnya. Dalam hal membutuhkan informasi terkait dengan keadaan sistem e-Faktur, silahkan dapat menghubungi akun twitter @infoefaktur.

  • Dengan cukup banyaknya variasi penyebab reject, maka yang terpenting adalah membaca dan memahami isian pada kolom keterangan. Gunakan petunjuk tersebut untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

 

Author: @infoefaktur

Artikel ditulis oleh @infoefaktur

212 thoughts on “Upload Faktur dan Reject

  1. pak, faktur pajak saya ada yang di “reject” setelah upload namun dalam kolom “keterangan” tidak ada informasi apa-apa (blank). mohon penjelasannya apa yang perlu saya lakukan. trimakasih

    1. Mohon maaf, terlewat dibalas.
      Jika masih problem, coba restart PC lalu jalankan aplikasi efakturnya lagi, sebelum upload perbaharui dulu file sertifikat digitalnya pada menu Referensi -> Adm.Sertifikat.

          1. Sama dengan sdri. lia amelia,
            Iya, sebelumnya pernah upload untuk data yg sama. karena terjadi kesalahan dlm penentuan masa pajak, akhirnya mencoba mengganti masa pajak dg cara mengganti lewat tehnik Data Base. untuk masa yg sama dg tgl faktur, meskipun udah diupload sebelumnya, setelah penggantian tetep bisa di upload kembali, tapi untuk masa yg beda dg tgl faktur di reject dg keterangan FAKTUR TELAH DIKREDITKAN. mohon solusinya, makasih

          2. Selamat sore Pak Taufik,
            Upload ulang data PM hanya dapat dilakukan untuk masa pengkreditan yang sama.
            Karena diatas kondisinya merubah masa pajak, maka menjadi gagal.
            Jadi silahkan tetap kreditkan di masa pajak yang awal telah terlanjur dipilih.
            Nanti di masa tersebut jika ada nilai LB bisa dikompensasikan lagi ke masa yang lain.

  2. Mau tanya, ada kasus saya pernah upload dan approve untuk FP Keluaran di bulan lalu dan berhasil. akan tetapi pada bulan berikutnya untuk nama dan no NPWP yang sama itu saya upload dan approve dengan keterangan Reject NPWP lawan transaksi tidak ditemukan. bagaimana solusi agar tidak reject. terima kasih

    1. Dear Bu Rinn,
      Bisa didetailkan errornya?
      Caranya ketika ada error warna merah, ditarik kekanan grid/kolom-nya.
      Nanti akan kelihatan error yang lebih detail

  3. Pak mau tanya, Faktur normal di upload sukses, tpi pas melakukan faktur pengganti, pas d upload faktur reject dengan keterangan ETAXSERVICE 20001: No Fktur tdk ditemukan, Pak blh minta solusinya

    1. Pastikan tidak ada kekeliruan entry data pada nomor faktur dan faktur normal benar-benar sudah approval sukses, restart aplikasi dan ulangi upload

  4. Mohon dibantu, saya coba upload faktur pajak masukan tapi “reject” dengan keterangan approval kode sukses.
    mohon pencerahan.
    terima kasih

    1. Mohon bisa kirimkan capture image nya ya agar bisa lebih jelas maksudnya. Nanti bisa kirim ke support @ barcodefaktur.com
      Terima kasih

  5. Faktur sudah pernah di upload dan sukses. Namun saat besoknya di buka kembali aplikasi efakturnya, Faktur pajak yang pernah sukses di upload tsb, masih ada keterangan “belum aprove”. Dan saat di upload ulang, di Reject dengan keterangan “Faktur pajak sudah pernah digunakan”. Bagaimana solusinya ya pak?

    1. Pastikan file folder efaktur dan database efaktur yang digunakan memang hanya satu, tidak ada database lain yang juga sedang digunakan.

  6. pak, E-Faktur saya di “Reject” keterangan nya “ETAXSERVICE-20021: Upload Faktur Corrupt, ulang kembali.” gimana solusi nya??

  7. Pak, saya bulan november telah melaporkan e-faktur spt masa ppn, krn keterlambatan ssp atau bukit potong maka bulan berikut saya mau melakukan pembetulan f-faktur masa bulan november, setelah saya upload tp balasannya reject. mohon solusinya untuk pelaporan e-faktur spt masa ppn?
    terima kasih

    1. Hi,
      Apa keterangan reject yg ditemui? keterangan ada di kolom sebelah kanan dari reject, ada banyak variasi reject dan ada banyak pula solusi nya.

  8. Siang, saya coba upload kembali faktur pajak yang datanya sudah hilang, ketika saya upload untuk no seri 030 dan 070 statusnya reject padahal untuk faktur pajak yang no serinya 010 statusnya aproval sukses tetapi ada keterangan di kolom sampingnya (Faktur sudah pernah diupload).
    Mohon bantu jawabnya.
    Terima kasih.

        1. Untuk data yang sudah pernah berhasil upload memang hanya akan bisa upload jika isian data 100% sama, untuk langkah aman dan mudahnya lebih baik minta data backup faktur yang telah approve ke KPP, baru nanti datanya diimpor ke aplikasi

  9. Malam Mas, saya membuat ulang efaktur pajak ganti 010 ke 030
    pas saya coba upload efaktur statusnya reject keterangannya etax20008
    (padahal data2nya sudah benar semua, referensi dan lain lain), mohon di beri pencerahan mas terima kasih,

  10. Yg reject keterangannya : etaxservice-20008 nomor faktur sudah digunakan.
    ini solusinya bagaimana ya? kayanya data yg sdah dibuat hilang lalu buat baru lg jd reject, sedangkan PK sdah diserahkan ke pihak lain,klau buat baru lg nnt double bayar tdk?

    1. Data faktur yang pernah upload tisak bisa upload lagi, untuk mengembalikan data yang sudah upload sebelumnya dengan cara minta backup data ke KPP

      1. Cek lagi isian nomor faktur yg digunakan, jika data PK cek isian di menu Referensi Nomor Faktur, jika data PM cek penulisan nomor faktur dan npwp penjual

  11. Selamat siang pak, saya ada kasus efaktur REJECT keterangannya: “ETAXSERVICE-20008: Nomor faktur sudah digunakan”. Mohon solusinya pak. Terima kasih

    1. Cek kembali penulisan nomor faktur nya, atas nomor tersebut pernah digunakan/diterbitkan faktur pajaknya. Nomor yang sama tidak bisa digunakan 2 kali.

        1. Apakah pernah membuat database lebih dari 1? Atau menjalankan efaktur dalam beberapa komputer yang tidak tersambung LAN?
          Error tersebut artinya bahwa sistem efaktur sebelumnya pernah menerima upload faktur nomor yang dimaksud

  12. Saya kan perna upload sukses lalu ada kesalahan saya batalkan dan saya mau buat kembali dengan custame yang sama kenapa pas mau uplaod di rijek ya …

    mohon jawaban nya.

  13. Pagi pak, sy ada masalah wktu upload PK, semuasdh sy klik untuk upload dan ternyata bagian pelaporan aeal ada reject karena tangal faktur lebih kecil dari tanggal nsfp, bagaimana solusinya pak, mohon pencerahannya…

    1. Tanggal faktur pajak harus dibuat dengan tanggal yang sama atau setelah tanggal jatah NSFP, aturannya ya memang tidak boleh mendahului.
      Perbaiki isian tanggal fakturnya, sesuaikan dengan tanggal jatah NSFP.

  14. Saya membuat faktur pajak retur pembelian, statusnya sudaj approval sukses, tp ketika saya klik tombol pdf, keluar error. Jadi saya tidak bisa lihat hasil cetak faktur pajak retur pembeliannya. Itu bagaimana ya ?
    Terima kasih

    1. Bisa dituliskan errornya?
      Pada beberapa kondisi memang fungsi cetak/pdf belum bisa dilakukan, biasanya disebabkan karena ada field yang belum terisi lengkap, untuk cek isian bisa dengan lihat detil.

  15. jika kita membeli barang dari supplier dan mendapatkan faktur pajak atas pembelian tersebut kemudian dari pihak supplier memberitahukan bahwa faktur pajak tsb dibatalkan karena terdapat kesalahan.
    kemudian atas faktur pajak yang dibatalkan tersebut tidak bisa dibatalkan oleh pihak kami sebagai pembeli. dari laporan e-tax supplier ditulis reject.. tetapi pihak supplier bilang itu sudah dilakukan pembetulan SPM PPN dimana faktur pajak itu sudah dianggap batal. tapi dari pihak kami (pembeli) tidak bisa dibatalkan.
    dalam hal ini apakah faktur pajak yang dibatalkan pihak penjual.. tetapi reject dianggap sudah dibatalkan atau belum?
    mohon pencerahannya pak.
    thanks

    1. Faktur yang tadi akan dibatalkan adalah faktur yang awal kan? Posisi di penjual sudah beneran batal?
      Lalu sudah pasti ya ini ada pembatalan, bukan pengganti ya?

  16. iya faktur yang awal, dan penjual bilang sudah dibatalkan tapi dari pihak kami (pembeli) tidak bisa dibatalkan pak..
    setelah konfirm ke penjual mrk mengirim hasil yang diupload tapi itu reject.
    tapi mereka tetap bilang sudah dibatalkan dan tidak dilaporkan dalam SPM PPN. apakah bisa pak faktur pajak yang reject itu dianggap sudah dibatalkan?
    mohon pencerahannya ya pak.
    thanks

    1. 1. Jika dari awal faktur diupload hasilnya reject itu artinya faktur belum bisa dikatakan sebagai faktur yang sah
      2. Faktur yang bisa dibatalkan adalah faktur yang telah sah, proses upload berhasil
      3. Jika faktur masih reject maka otomatis juga tidak akan masuk ke SPT
      4. Hanya faktur yang sah saja (upload telah berhasih) yang bs diupload juga di sisi pembeli

  17. mohon petunjuknya pak, perusahaan ditempat saya bekerja bergerak di bidang kontraktor. dan kami mendapat proyek di batam.
    untuk melaksanakan proyek tersebut kami ingin mengirimkan mesin yang dibutuhkan ke batam. tapi secara peraturan itu harus ada PPBTT.
    Dalam mengajukan PPBTT di kantor pajak salah satu syarat yang harus ada BP Kawasan dan NPWP perusahaan yang dibatam.
    sedangkan perusahaan tersebut belum ada BP Kawasan dan NPWP karena itu baru mau dibangun pabriknya dan IMB baru mau diurus.
    jika tidak ada BP Kawasan dan NPWP maka PPBTT tidak bisa dikeluarkan oleh Kantor Pajak.

    jadi solusinya bagaimana pak?
    dan jika kami bersedia membayar PPN 10% maka dokumen yang diperlukan itu apa saja dan apakah tetap harus menggunakan nama PT. BP Kawasan dan NPWP
    di kawasan Batam tersebut.?

    terima kasih.

    1. Jika kita akan menjual barang ke batam (batam teramasuk dlm Kawasan Bebas) maka kita membuat faktur dengan kode 07 (PPN tidak dipungut). Syaratnya pada identitas pembeli harus memang berkedudukan di kawasan yg dimaksud, jadi nanti saat barang mau masuk akan ada Endorsement dari KPP untuk memastikan bahwa fasilitas PPN tidak dipungut sudah melewati proses dengan benar.
      Coba komunikasikan dengan pembeli, terkait teknis Endorsement nya mau bagaimana? Dari sisi penjual, secara administratif sebatas menerbitkan faktur dengan benar saja

  18. tapi ini kita tidak menjual barang ke batam pak, tapi kita punya proyek bangun pabrik di batam. dan kita mau bawa mesin roll baja sebagai salah satu alat untuk bangun pabrik tanki minyak kelapa sawit. itu kan harus pakai PPBTT sedangkan salah satu syarat pengajuan PPBTT di kpp harus punya NPWP dan BP Kawasan sedangkan dari pihak owner itu blm ada BP Kawasan dan NPWP di Batam. jadi bagaimana pak?
    mohon pencerahannya ya pak.
    thanks

    1. Sepengetahuan kami, jika kondisi seperti ini sepertinya harus mendirikan entitas usaha dulu disana, artinya secara legal harus ada pihak yang menerima barang yang domisilinya disana.
      Entitas baru ini bisa pihak yang berafiliasi dengan yang menyerahkan ataupun tidak ada afiliasi.

  19. siang pak
    kami punya masalah dengan upload retur pajak keluaran.Padahal kami dan pembeli sudah input dengan benar.ketika kami upload retur tersebut direject dengan keterangan “Retur Faktur Ditemukan”.Mohon Solusinya

    1. Siang. Jika tidak ada kekeliruan tulis coba silahkan minta ke pembeli data retur yang hasil ekspor dari aplikasi efaktur, nanti buka data di notepad/text editor dan cek isian karakter nomor returnya. Cocokan lagi, Kemungkinan ada karakter spasi yang ikut

  20. siang pak, faktur yang saya approve “reject” dengan keterangan “tanggal faktur lebih kecil dari tanggal nomor seri faktur pajak” mohon solusinya pak

  21. Malam
    Maaf admin mau tanya. Hari ini tgl 21 Agustus2017 dan saya juga membuat faktur untuk tanggal 21 Agustus 2017. Tapi setelah saya approve statusnya rejected. Apakah besoknya masih bisa di upload lagi?

  22. Selamat Sore Pak,
    saya mau tanya pak jika saya mau ubah retur pembelian atau menghapus dan mengganti dengan yang baru caranya bagaimana ya?
    karena ada salah pengetikan nama supplier yang harusnya Suardi Tiono tapi diketiknya Suardi Ticno apakah hanya beda satu huruf aja itu harus diganti atau tidak? sedangkan no npwp nya semua sama.

  23. dear admin
    pada saat Bulan juli 2017 kita melakukan retur dengan kode faktur 010 (faktur pajak dapat dikreditkan) dengan no faktur pajak
    010,000-16.xxxxxxx
    010,031-16.xxxxxx

    setelah di upload ke DJP, dan kemudian diposting, efaktur versi 1.0.0.46 mengelompokan retur faktur pajak tersebut dalam formulir 1111 B3 (daftar pajak masukan yang tidak dapat dikreditkan atau yang mendapat fasilitas)
    karena retur faktur pajak dengan kode faktur 010 (faktur pajak dapat dikreditkan) seharusnya masuk dalam formulir 1111 B2

    pertanyaanya

    1. kenapa efaktur versi 1.0.0.46 mengelompokan retur faktur pajak tersebut dalam formulir 1111 B3 (daftar pajak masukan yang tidak dapat dikreditkan atau yang mendapat fasilitas)?
    2. jika sudah terlapor, bagaimana memperbaiki faktur pajak yg di retur tersebut mejadi kelompok 1111 B2

    1. Jika ada kekeliruan tentang pengkreditan ini dapat diubah melalui menu “Ubah Pengkreditan Pajak Masukan”, pastikan posisinya sudah benar dari fakturnya dulu baru kemudian data returnya, jika yang sudah dilaporkan terlanjur keliru silahkan ubah lalu laporkan kembali dengan SPT pembetulan

      1. terima kasih untuk responnya

        pada saat input diawal sebelum upload sudah dipastikan di pilih “ya” pada pilihan “apakah faktur pajak dapat dikreditkan”

        mau pilihan “ya” atau “tidak” pada menu tsb
        efaktur mengelompokan B3

        data input yg di retur sudah dipastikan sama dengan yang di fisik.. biasanya jika ada kesalahan data, efaktur menolak untuk melakukan upload

          1. kode faktur yang kita retur
            010.000-16.38603713
            010.031-16.70295128
            kode tersebut
            sudah berhasil di upload
            dan sudah ada bukti pelaporan nota retur…

          2. OK. Kode tersebut memang dapat dikreditkan, silahkan sekarang pada faktur tersebut coba rubah pengkreditannya, lalu setelahnya posting SPT (jika sudah ada SPT sebelumnya harus posting pembetulan selanjutnya), cek lagi di SPT.
            Nantinya SPT pembetulan ini bisa dihapus jika ada yang tidak sesuai.
            Lakukan posting lagi SPT Pembetulan/selanjutnya untuk memastikan efek perubahan pada pengkreditan tadi.
            *yang dilihat bukan kondisi SPT yang sebelumnya telah diposting

  24. malam pak ..mau nanya apakah nsfp yg telah diisikan di faktur pajak namun ketika upload malah direjct apakah nomor serinya masih bisa digunakan lagi, makasih bantuannya

    1. Reject itu artinya faktur tersebut belum dianggap sebagai faktur yang sudah terbit, silahkan lihat kolom keterangan di sebelah kanan kolom reject, terdapat keteranan yang menjelaskan alasan reject tersebut.
      Atas alasan tersebut dapat diperbaiki data fakturnya lalu upload lagi

  25. Fakturnya sudah Approve sukses , tapi dalam data lawan transaksinya saya salah menuliskan nomer NPWPnya lalu fakturnya saya rejeck?

  26. selamat siang pak,
    jika kita pembetulan SPM PPN bulan april 2017 dan terdapat lebih bayar apakah itu harus di kompensasikan ke bulan berikutnya (mei 2017)? jika langsung di kompensasikan ke bulan agustus 2017 boleh atau tidak pak?

  27. Assalammualaikum,maaf min ketika saya mengaprovel pajak muncul laporan Reject,terus sy baca di keteranganya yaitu ETAX-API-20008- Nilai DPP tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran (9631826) ,artinya apa ya min? saya sdh mencoba mengganti angka digit paling belakang tetapi tetap di reject, trima kasih

    1. Jika upload data pajak masukan cek dan teliti lagi isian angkanya, salin semua sama persis dengan yang ada di lembar fakturnya.

  28. Dear admin…saya ada kendala ketika upload faktur pajak,pertama terjadi reject kemudian saya upload ulang kembali statusnya brubah jadi siap approve diketerangan muncul ETAXSERVICE-40008: Server Error,Lakukan upload ulang kemudian faktur pajak yang lain status siap approve dikolom keterangan muncul JDBC exception on Hibernate data access: SQL Exception for SQL [n/a]; SQL states [72000]; error code [1691];….

  29. Dear admin…saya ada kendala ketika upload faktur pajak,pertama terjadi reject kemudian saya upload ulang kembali statusnya brubah jadi siap approve diketerangan muncul ETAXSERVICE-40008: Server Error,Lakukan upload ulang kemudian faktur pajak yang lain status siap approve dikolom keterangan muncul JDBC exception on Hibernate data access: SQL Exception for SQL [n/a]; SQL states [72000]; error code [1691];….solusinya gimana ya ?? Please comment bantuin gan

  30. SELAMAT SIANG MIN..SAYA BARU MELAKUKAN PERMINATAAN NO SERI FAKTUR PAJAK TAMBAHAN DAN SUDAH DIAPROVE TRUS SAYA INPUT DIPALIKASI E FAKTUR PAS SAYA UPLOAD DIREJECT DENGAN ALASAN BUKAN JATAH PENJUAL..SOLUSINYA GMN YA…MHN DIBANTU

      1. untuk memunculkan file yang terbaru di menu faktur pajak masukan,
        hal 1 . hal 2 dst, itu kami klik tanda panah >> tidak ada respon sama sekali pada programnya min.

  31. min e-faktur saya di reject keterangan nya : ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual” itu kenapa ya? trs solusinya bagaimana?

  32. min, E-faktur sy di reject keterangan nya “ETAX-API-00003: nomor seri faktur pajak bukan jatah penjual” solusinya gmn ya min?

      1. sama dengan Diah, saya pun faktur keluaran di reject karena “E-TAX-API-00003: nomor seri faktur pajak bukan jatah penjual”. padahal sudah saya cek kembali semua nomor benar diinputnya. sudah sama dengan e-nofa. bagaimana ya solusinya?

        1. Coba perlihatkan datanya, data yang diinput disandingkan dengan data history NSFP, silahkan screenshoot agar bisa kami bantu cek via pesan di facebook.com/efaktur

  33. Selamat Pagi Pak,

    Faktur yang saya buat reject dan pada keterangan muncul lakukan upload ulang “ETAXSERVICE-40008”, apakah sistem sedang dalam perbaikan atau bagaimana ya pak? mohon pencerahannya pak?

  34. sudah min, karna dari penjualnya diinput itu ada dikurangi potongan harga. Sy sudah input yang Harga Jual/Pengganti tapi tetap keluarnya ETAX-API-20008- Nilai DPP tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran. Dan sy coba input Dasar Pengenaan Pajaknya tetap yang keluar ETAX-API-20008- Nilai DPP tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran. Bagaimana solusinya min?

  35. Dear Admin,

    Mohon bantuannya Pak atas masalah saat akan Mengimpor retur Pajak Masukan, saat data sudah dipilih dan mengklik Import, muncul keterangan ERROR ETAX-10004: DATA TIDAK DITEMUKAN FAKTUR PAJAK ATAS RETUR INI TIDAK DAPAT DITEMUKAN.

    Mohon Solusinya Pak, dimana letak kesalahannya.

  36. Mohon bantuannya..
    saya mau bertanya jika saya upload Faktur Pajak Keluaran selalu reject dengan keterangan ” ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrup, lakukan upload ulang”, apa penyebabnya dan mohon solusinya..

    1. Coba cek isian data fakturnya, ada karakter simbol atau tidak standar UTF-8 misalnya symbol-symbol. Perbaiki data faktur tersebut dan upload lagi

  37. Saya sudah upload fakturnya tapi terjadi reject dengan error etax 00003 yaitu nsfp bukan jatah penjual. Padahal sudah saya cek berkali kali dan nsfp nya benar. Saya udah cek di website dan file pdf yg saya download tetapi tetap reject.

  38. Dear admin…saya ada kendala ketika upload faktur pajak,pertama terjadi reject kemudian saya upload ulang kembali statusnya brubah jadi siap approve diketerangan muncul ETAXSERVICE-40008: Server Error,Lakukan upload ulang kemudian faktur pajak yang lain status siap approve dikolom keterangan muncul JDBC exception on Hibernate data access: SQL Exception for SQL [n/a]; SQL states [72000]; error code [1691];….solusinya gimana ya ?? Please comment bantuin min

  39. JDBC exception on Hibernate data access: SQL Exception for SQL [n/a]; SQL states [72000]; error code [1691]
    Berkali2 seperti itu. Apa solusinya. Thx

      1. Dicoba kembali apakah maksudnya yang status reject dicoba diupload ulang?
        sebab hal yang sama kami alami dan berkali-kali upload ulang tidak berhasil.

        Apakah harus delelte dan entri ulang dan upload lagi?

  40. pagi Pak.. saya sedang meng-upload faktur pajak pengganti namun setelah diganti dan faktur pajak pengganti ingin di upload tetapi tidak bisa / reject. dengan keteranganJDBC exception on hibernate data access: SQL Exception for SQL n/a] SQL state. bagaimanakah solusinya? terima kasih

  41. Hallo admin, saya buat fp pengganti dengan NPWP berbeda namun nama Dan alamat WP tetap sama.. namun setelah say upload malah reject.. mohon bantuannya

  42. Min mau tanya, saya sudah upload faktur pajak masukan ternyata masa pelaporanya salah input, itu gmna ya gantinya,,?? di situ keteranganya faktur sudah pernah di kreditkan.

  43. Pak Admin, sy minta tolong data pajak keluaran status siap approved, tapi setelah dilakukan uploader sampai berjam2 sedang memproses terus alias loading tidak ada hasil, tolong dibantu pak , apakah ada yg salah dari data saya atau kesalahan dari server pajaknya..makasih

      1. saya sudah kirim screenshort nya pak, dari e-nofa pas mau lihat surat elektroniknya koq nggak ada kenapa ya pak? mohon penjelasannya

  44. Siang, Saya mau menanyakan perihal upload retur masukan. Retur masukan yang saya upload reject terus mulai seminggu yang lalu. keterangan rejectnya :ETAX-30004 error upload faktur more than one row with the given identifier was found :585349103 bla bla bla…. Mohon informasi dan solusinya

    1. Mohon maaf ini kami tidak bisa menjawabnya karena kurang informasi mengenai kasus ini. Apakah bisa menyampaikan detailnya ke KPP atau ke Kring Pajak?

    1. Yang 003 dan 025 silahkan periksa kembali pengisian data fakturnya, cocokan dengan lebih teliti, masih ada yang belum sama.
      Yang 004 coba tanyakan dulu ke penjual apakah mereka pernah pindah KPP terdaftar?

      1. Dear Admin,
        Terima kasih atas responnya.
        Sebagai informasi, terdapat faktur April 2015 (belum e Faktur) yang kami kreditkan pada masa Juli 2015 (SPT sudah e Faktur) sbb:
        27/04/2015 990.486 99.048
        namun yang muncul ETAX-API-20025 Nilai DPP harus lebih besar dari 0.
        Bagaimana min? DPP sudah lebih besar dari 0 dan sesuai dokumen fisik
        Makasih

  45. Dear admin,
    saya mau nanya, saya suda melakukan upload dan rejeck dengan keterangan 00003: no. seri pajak bukan jatah penjual.. sudah saya cek kembali semua no seri berdasarkan e-nofa yang di berikan… akan saya screen shoot dan kirim ke https://prnt.sc/
    Terima kasih..

    1. Saat entry data PM cek dengan teliti data-data yang ada di lembaran faktur, terutama penulisan npwp pembeli, apakah sudah benar tertulis NPWP kita? Jika benar silahkan entry semua data dengan teliti juga ke aplikasi

  46. Dear Admin, saat pihak pemberi kerja mau upload faktur pajak, ternyata ditolak dengan keterangan ETAX-API-20002:Faktur yang akan dikreditkan. Sebagai info, kami sebagai pelaksana kerja, saat membuat faktur pajak, status faktur pajaknya sudah 2 kali diganti karena ada kesalahan penulisan alamat NPWP, namun semua sudah sukses uploadnya. Mohon solusinya. Terima kasih.

    1. Faktur Pajak yang akan dikreditkan sudah diganti oleh Penjual, pastikan data yang dientry adalah data faktur pajak paling terakhir

  47. Pak, saya mau temak kantor sya upload faktur pajak masukan dan aproval sukse tetapi di status faktur batal. Jika teman saya tidak sengaja membatalkan faktur tersebut apakah bisa di input ulang? Karena setelah saya coba input ulang tidak bisa dengan keterngan faktur pajak sudah di input. Bgaimana solusunya ya pak?

  48. Dear Pak Admin, untuk faktur masukan yang saya terimam kemudian saya approve dan upload, namun di reject ( nilai transaksi tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran). Apakah ada salah input data Supplier ke saya ? dikarenakan Faktur masukan yang saya terima sudah benar dengan P.O yang saya buat…

    1. Coba cek dan teliti lagi penulisan data-data yang diisikan ke aplikasi efaktur, pastikan telah benar-benar sama dengan yang tercetak di lembaran fakturnya

  49. Dear Admin,

    Jika FP Masukan belum pernah diupload, namun setelah di upload muncul Error ETAX-API-20011 (Faktur Sudah Pernah Dikreditkan), masalahnya dimana ya pak??? Ada 31 FPM yang reject dan semuanya di Masa Sep-17, FP Masukan tsb sudah di cek di Tahun 2017 JAN-DES 17, bisa dilihat pada kolom Filternya pojok kanan atas pada SC.
    u/ SC salah satunya ada di: https://prnt.sc/ht8aep

    1. Kemungkinan besar memang faktur tersebut pernah dikreditkan sebelumnya di masa pajak yang berbeda dengan masa pajak yang skarang dipilih.
      Coba salah satu fakturnya diupload lagi dengan diganti masa pajak.
      Di efaktur versi skarang upload PM bisa diulangi sepanjang sama masa pajaknya.
      Data upload yang sebelumnya bisa jadi ada di file DB yang berbeda.

  50. Dear Admin, tgl 2 JANUARI 2018 saya entry Pajak Keluaran untuk tanggal 21 DESEMBER 2017 dan semua data masukan sdh benar. Kenapa ketika diupload status rejeck ya dan pada kolom “keterangan” tidak ada informasi apa-apa (blank). mohon penjelasannya apa yang perlu saya lakukan. trimakasih

  51. Saya mau tanya… Apakah bisa jika ada FP yang sudah tercetak atau terupload tanggal 15an dan 20an bulan desember 2017 tapi karena ada sebuah sedikit masalah di invoice, jadinya mengharuskan faktur pajak di revisi tanggal 1 januari 2018…… Apakah bisa direvisi menjadi tanggal tersebut?

  52. Saya mau nanya faktur pajak 030 ada salah pengetikan dan saya ganti berubah jadi 031 dan sdh terganti menjadi faktur pengganti apakah saya bisa melihat lagi faktur pajak yg terjadi kesalahn di 030 soal nya perusahaan yg bekerja sama mau melihat contoh yg 030 sebagai lampiran.makasih

  53. kami ada pertanyaan.. pada bulan februari kantor kami berubah npwp. dari perseorangan menjadi badan. npwp pribadi dalam proses penghapusan.. pada bulan maret kami bertransaksi dengan suplier, kemudian menerbitkan FP masukan bagi kami. Tapi masih memakai npwp yg lama, kami meminta diganti, tetapi pihak suplier menolak dengan alasan sudah sistem.. solusiny yang baik bagaimana ?? terima kasih

    1. 1. yang dimaksud berubah npwp dari perorangan jd badan itu sprti apa ya? Jika memang mendirikan badan (misal PT, CV, Firma) maka subjek badan memiliki npwp sendiri dan subjek perorangan (pemilik modal dari badan) juga akan ada npwp sendiri. Dua entitas itu akan tetap ada
      2. Npwp pribadi hanya bisa dihapus jika meninggal dunia atau yang awalnya subjek luar negeri akan meninggalkan indonesia untuk selama-lamanya
      3. Faktur pajak dari supplier prinsipnya tetap bisa diperbaiki, jika yang akan diubah adalah isian data npwp pembeli maka mekanismenya adalah pembatalan faktur yang lama dan menerbitkan lagi faktur dengan nomor baru. Silahkan dikomunikasikan lagi dengan supplier, tapi memang ada kerepotan untuk melakukan itu, jadi mungkin supplier enggan melakukan itu

  54. saya mau nanya pak jika e faktur tidak bias di upload dengan tulisan tidak terhubung pada jaringan padahal jaringan baik baik saja itu kenapa ya ? mohon solusinya trms

  55. Selamat Pagi Pak,

    Faktur yang saya buat reject dan pada keterangan muncul “ETAX-API-10004 Faktur Pajak sudah pernah diupload”,saya sudah lakukan eksport dan import berkali-kali tapi masih saja reject.
    bagaimana solusinya ya pak? mohon pencerahannya pak?

        1. Jika data faktur awalnya sudah approval sukses maka saat ekspor impor tidak perlu diupload lagi, statusnya akan langsung approval

          1. Tapi ini Statusnya belum approval pak jika sudah import.
            Dan faktur tersebut jika ingin diubah menjadi faktur pengganti tidak bisa karna faktur statusnya blm approval.

            Mohon solusinya pak

        2. Jika dibuat pengganti memang tidak akan bisa sebelum approval sukses, bisa diperlihatkan screenshoot faktur yang dimaksud pada DB saat approval sukses dan saat diimpor ke DB yang baru

  56. Permisih mau tanyak, gimana ya solusinya jika faktur yang saya mau uplod eror karna ada simbol derajat, nah di posisi ini derajatnya kami tidak boleh di hapus harus di cantumkan, ada yang punya solusi lain gak ?
    Terima kasih

    1. Jika harus simbolnya derajat maka di efaktur tidak bisa diupload, karakter derajat tadi bukan trmasuk standar karakter UTF-8, coba simbolnya diganti pake ejaan kata-kata saja, misalnya “derajat”

  57. Kalau saya etax-api-10004 : nomor faktur sudah pernah digunakan dan status approval nya ” SIAP APPROVE”
    Mohon dibantu solusinya :'(

    1. Kemungkinan besar nomor tersebut sudah pernah diupload, bisa jadi juga saat menggunakan file DB yang lain.
      Solusinya bisa ganti nomor faktur.

      Dan telusuri data nomor yang sudah pernah terupload tadi dengan minta data backup ke KPP.

  58. maaf mau tanya kalau beda data base faktur pajak di data base yang dulu sudah di upload tapi di data base yang baru reject solusi nya gimana ya ?

  59. Selamat Pagi Pak,

    Faktur yang saya buat reject dan pada keterangan muncul “ETAX-20011 : Tidak dapat mengupload Faktur data yang sama sudah pernah diupload dan diganti”,
    bagaimana solusinya ya pak? mohon pencerahannya pak?

        1. Ini memang re-entry data atau bagaimana? Coba cek kembali dulu bahwa memang sebelumnya nomor faktur tersebut belum pernah digunakan.
          Jika memang re-entry data, maka hanya bisa menggunakan data backup yang dikeluarkan oleh KPP

  60. selamat siang pak, mohon bantuannya setiap saya buat faktur dan setelah proses upload selalu reject di keterangan ETAX API 10004 nomor faktur sudah pernah di gunakan. dan ini beberapa solusi yang sudah saya gunakan tapi tidak berhasi.
    1. mengganti tanggal faktur
    2. tanggal faktur dan sesuai tanggal hari ini
    3. nomor faktur sudah saya ubah
    NB. sebelumnya saya sudah buat 2 x faktur yang sama pada tanggal 18 dan 19 oktober 2018 namun berhubung jumlah nominal salah sehingga saya batalkan.

    mohon sekiranya bapak / ibu bersedia memberi solusi
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  61. pa mau tanya jika saya sudah melapor lewat online pajak , tapi masih berstatus sedang proses. trus saya pindah ke aplikasi efaktur dan saya memasukan kemabali data tersebut dan ketika di upload statusnya reject keterangannya etax10004 nomor faktur pernah dignakan itu bagaimana menyelesaikannya

  62. mohon solusinya untuk ETAX-API 20011 faktur sudah pernah di kreditkan. fp masukan bulan september tetapi sya masukan di bulan oktober karena baru menerima fp tersebut di bulan oktober.

  63. pak, upload faktur reject dengan keterangan ” ETAX-API-10001 :Upload Faktur Corrupt, lakukan upload ulang” itu knpa pak..
    sedangkan saya coba hapus faktur dan pakai nomor faktur baru tapi setelah upload lagi tetap seperti itu. dengan nama PT yang sama
    sedangkan saya upload untuk beda PT itu berhasil.

    1. pesan error tersebut muncul karena ada karakter simbol (tidak standar) pada data faktur, coba cek dan teliti kembali. Misalnya symbol derajat, diameter, kali (bukan huruf x), dst-nya

  64. Admin. Saya mau tanya. Saya mengalami trouble dalam peng-upload-an FK. Selama 1 bulan , saya mengupload seluruh FK bulan tsb sebelum di serahkan kepada staff konsultan pajak. Namun, pada saat FK tsb di buka oleh staff pajak, FK yg saya upload malah statusnya belum approve. Dan ini terjadi 2 bulan berturut turut. Bagaimana solusinya? Mohon pencerahan.

      1. saya kan proses nota retur di aplikasi e-faktur, ada 100 aproval sukses dan 50 yang reject, saya lihat penyebab rejectnya, salah satunya total retur melebihi nilai faktur, saya gak tau itu kesalahan penjual apa pembeli pak, kalau seperti itu kesalahan siapa ya pak? itu gimana solusinya nya supaya msalah reject tersebut tidak berulang terus pak? tks

  65. setelah saya kelompokan dari aplikasi e-faktur tadi, nilai DPP yang reject sebesar 50 jt, nilai tersebut apa ya pak pengaruhnya bagi perushaan tmpt sya bkerja pak? tks

    1. Jika data retur PK reject, artinya nilai yang diretur belum mengurangi nilai PPN atas PK, coba cek kembali jumlah atau volume penjualan pada catatan accounting dengan yang tercatat pada SPT PPN

      1. Terima kasih pak jawabannya,
        *(setelah saya kelompokan dari aplikasi e-faktur tadi, nilai DPP yang reject sebesar 50 jt, nilai tersebut apa ya pak pengaruhnya bagi perushaan tmpt sya bkerja pak?)* tks. untuk pertanyaan ini belom di jawab pak, mohon di jawab ya pak, ditunggu jawabannya pak thx

  66. jika pm di rejecet denga ETAX-API-20011. Padahal ketika di filter berdasarkan no faktur tsb hanya ada 1. bagaimana solusinya?

      1. jadi sebelumnya saya ada ganti db untuk merubah masa fp.
        jadi casenya, saya dapat fp dengan tgl 26 des, mau di kreditkan di bulan jan 2019. ketika saya upload di reject dengan keteranga tanggal salah. ketika saya cek tanggalnya sudah betul, jadi saya coba upload ulang. tapi ketika selesai di upload dan sukses, ternyata menjadi masa des 2018. sedangkan laporan seccara akuntansi untuk 2018 sudah di close. jadi saya coba ganti melalui db.
        semua berjalan lancar, semua fp yang saya input tidak ada masalah. hanya 1 saja yang di reject. apakah ada solusi lain?

        1. Jika ada PM diupload ulang memang tidak bisa merubah masa pajak pengkreditannya.
          Jadi tetap harus kreditkan di Desember lalu lapor SPT pembetulan

  67. Saya upload spt bulan desember 2018 pada bulan januari 2019. tapi ternyata saya tidak sadar kalau spt bulan desember yang saya buat itu tahun 2019. mohon untuk solusinya segera.
    Terima Kasih

  68. Kak mohon solusi
    Ini kan saya kerjakan faktur pajak masukan bulan januari setelah saya upload ternyata hasilnya reject,,, tapi sama teman saya langsung di hapus,, itu bagaimna ya kak ??

  69. Selamat Malam kak..
    Mohon bantuannya , Karna gagal update aplikasi e-faktur jadi saya langsung instal aplikasi versi terbaru, dan melakukan import db dari db versi lama ke aplikasi baru dan setelah selesai import ko pajak masukannya jadi belum upload semua dan rekam laporan spt lama juga tidak ada ? Apa yg harus saya lakukan apakah harus upload ulang semua fp masukannya lalu posting ulang semua masa spt? Atau bagaimana kak?

  70. selamat sore
    mau tanya nih min,kalau pajak keluar sudah di input pas di cek efaktur pajak keluaran tersebut tidak ada tapi untuk nomor seri sudah terganti.mohon solusinya.
    terima kasih

    1. Apakah masudnya atas nomor tersebut sudah diterbitkan faktur pengganti? Dan yang ditanyakan adalah tentang data faktur normalnya yang tidak muncul?

  71. Pak Admin, saya mau tanya,begini ceritanya. klien saya meminta faktur baru pada bulan september 2018.saya buat fakturnya trus sudah diapproved.trus ada kesalahan saya batalkan fakturnya.trus saya buat lagi di database berbeda dengan nomor seri faktur yang sama dengan yang dibatalkan tadi.trus saya upload dan sukses approved.dan pada bulan itu jua (masa pajak september 2018) pajak sudah disetor diawal bulan oktober 2018 dan sudah lapor pajak bulanan(PPN).na sekarang pada bulan februari 2019 ini. mereka mau masukkan faktur pajak tersebut, tapi statusnya ” BATAL “.Na… itu solusinya ngimana ya Pak….apakah dibuat faktur pajak pengganti terhadap faktur yang dibatalkan tersebut atau buat faktur pajak baru dengan data dan tanggal yang sama dengan faktur dibatalkan tadi.sementara pajak sudah dibayarkan.kalau kita buat faktur pajak yang baru lagi (nomor seri pajak terbaru) dengan data/tanggal yang sama.apakah bisa….mengenai laporan pajaknya ngimana Pak..trus ada denda pajaknya ya Pak…..mohon pencerahannya.Terima Kasih.soalnya AR saya tanya gak ada solusi Pak.

    1. Terhadap faktur pajak yang telah batal tidak dapat dilakukan penggantian, jadi bisanya dengan menerbitkan faktur dengan nomor baru. Lalu nanti lakukan pembetulan SPT dan laporkan lagi. Hati-hari dengan adanya 2 database, jika penggunaannya tidak teliti dan hati-hati maka resiko bermasalah

  72. trus saya mau tanya Pak…kalau saya buat database lebih dari 1 ngimana ya Pak??? karena saya mau buat database khusus SPT nihil dan database klien lebih dari 1 juga Pak.jadi otomatis kalau ada pembetulan, saya harus transfer data lagi ke database nihil tadi Pak. itu solusinya ngimana Pak?

    1. Database bisa dibuat lebih dari 1, caranya ada di menu Help. Untuk pindah-pindah data lakukan dengan ekspor impor

  73. faktur pajak saya awalannya 0 kenapa kok tidak bisa masuk program, misal nya 074 gitu saya excell kan jadi 74. bagaimana solusinya ?

  74. pagi pak, saya buat faktu pajak pengganti dan reject karena etax api 10010 : npwp pembeli tidak dapat di ganti.
    solusi nya gimana ya pak? mohon bantuannya

    1. Faktur pengganti memang tidak dapat merubah isian npwp pembeli, jika memang ada keliru di npwp pembeli maka betulkan dengan membatalkan faktur lama dan buat faktur nomor baru

  75. Pak Admin saya mau tanya, kami mengalami permasalahnan. ketika membuat faktur pajak keluaran dan sdh aprrov muncul etax-api-10010 npwp pembeli tidak terdaftar di djp, kami konsultasikan ke kring pajak harus diaktifkan kembali, kami hub.pembeli yg ternyata keberatan untuk mengaktifkan npwp ke KPP. bila seperti itu solusinya bagaimana ya Pak, mohon bantuannya, apakah bisa faktur tersebut dihapus?

    1. Faktur yang belum approval sukses masih bisa dihapus atau diedit kembali isian datanya, silahkan terbitkan faktur dengan isian npwp 000

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *