Password Enofa dan Kode Aktivasi

  • Tahap awal yang harus dilakukan oleh PKP adalah mengajukan permohonan untuk mendapatkan Kode Aktivasi dan Password Enofa (diajukan dalam satu surat) ke KPP tempat PKP terdaftar. Persetujuan Kode Aktivasi diberikan melalui Surat Pemberitahuan Kode Aktivasi yang dikirim via pos ke alamat PKP. Hal ini ditujukan untuk menguji kebenaran alamat korespondensi PKP. Sedangkan, pemberitahuan Password Aktivasi/Enofa disampaikan melalui Surat Elektronik/email sesuai dengan alamat email yang didafarkan PKP. Tidak diperlukan persyaratan khusus untuk mengajukan permohonan ini, cukup mengisi dan menyampaikan formulir permohonan.

  • Setelah menerima keduanya, gunakan Password Enofa untuk mengakses alamat web Enofa pada URL https://efaktur.pajak.go.id/login. Pada halaman tersebut akan ditemui data Profil PKP dan berbagai data terkait lainnya, serta menu untuk mengubah data sekunder seperti alamat email yang didaftarkan.

  • Kode Aktivasi juga dapat di cek melalui web Enofa dengan masuk ke Menu Profile User. “Kode Aktivasi” digunakan untuk Regiter ETaxInvoice untuk yang pertama kalinya, sedangkan isian “Kode Aktivasi Efaktur Desktop” hanya akan digunakan jika User pernah melakukan Reset Aplikasi Client.

    enofa_ss_kode_aktivasi

  • Password Aktivasi/Enofa dapat dicek kembali pada inbox email sesuai alamat email yang didaftarkan. Email otomatis dikirimkan dari sistem efaktur DJP setelah mendapatkan persetujuan dari petugas KPP. Nama pengirim email adalah efaktur@pajak.go.id dengan nama Subject Permohonan Kode Aktivasi.

  • Di dalam menu Profile User pada web Enofa juga tersedia pilihan untuk melakukan perubahan Password Enofa dan juga perubahan alamat email. Kedua hal tersebut memang diberikan kebebasan untuk diubah sendiri sesuai kondisi dan kebutuhan PKP. Namun, disarankan untuk tidak perlu mengubahnya demi meminimalisir kekeliruan dan konsekuensi lanjutan atas perubahan tersebut.

 

  • Beberapa peraturan yang terkait dengan Kode Aktivasi, Password Enofa, Sertifikat Digital dan Passphrase, yaitu:

  • Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-20/PJ/2014 tentang tata cara permohonan kode aktivasi dan password, permintaan aktivasi akun pengusaha kena pajak dan sertifikat elektronik, serta permintaan, pengembalian, dan pengawasan nomor seri faktur pajak; dan

  • Pengumuman Direktur Peraturan Perpajakan I DJP Nomor PENG-3/PJ.02/2014 (tanggal 19 Desember 2014) tentang syarat dan ketentuan pemberian sertifikat elektronik.

14
Tinggalkan Komentar

avatar
6 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Komentar dengan Voting terbanyak
Komentar dengan Balasan terbanyak
7 Comment authors
LeksiimeldaRikoardelchandra Recent comment authors
  Subscribe  
terbaru terdahulu voting terbanyak
Notify of
emon
Guest
emon

aktivasi PKP sampai sekarang masih misteri.. tidak kerja seharian cuma urus aplikasi pajak yang sepertinya belum siap sama sekali ya

Admin
Admin

Pertanyaannya bagaimana?
Jika masukan atau keluhan bisa disampaikan langsung ke KPP atau kringpajak.

chandra
Guest
chandra

saya mau masuk ke enofa online untuk minta nomor faktur baru untuk tahun 2020, namun kok saya tidak bisa masuk ya? padahal password tidak pernah saya ubah2…. namun hari ini tgl 02 januari 2020 tiba2 saya tidak bisa masuk login dengan NPWP dan password yang sama ( dan tidak pernah saya ubah2 )

terpaksa saya harus masuk ke halaman lupa password, namun disana disuru isi NPWP, kode aktivasi dan email, tapi kode aktivasinya dapat dari mana? kalau dari halaman ini, dijelaskan saya harus dapat kode aktivasi setelah masuk ke halaman login, lah masuk saja tidak bisa gimana caranya dapet kode aktivasinya?

mohon bantuannya

Admin
Admin

Kode aktivasi selain cek dari dalam sistem setelah login, dapat cek juga melalui surat yang dikirimkan oleh KPP.

Apakah password tidak pernah diubah atau pernah pindah KPP?

ardel
Guest
ardel

saya mengalami hal yang sama, sudah masukkan kode aktivasi yang dikirimkan oleh KPP, password juga tidak pernah berubah, akan tetapi kami pindah KPP, adakah yang tau solusinya ? mohon infonya, terimakasih.

Admin
Admin

Jika pindah KPP akan ada password baru dari KPP yang baru dan melakukan register etax lagi

chandra
Guest
chandra

saya sudah bisa, ternyata harus daftsr ulang ke KPP pindahan dan minta kode aktivasi kembali, AR saya yg lama bilang katanya otomatis, ternyata tidak

Admin
Admin

Terima kasih Pak Chandra atas penjelasannya. Sehat selalu dan sukses ya Pak.

Riko
Guest
Riko

Pajak itu Rumit….sudah mau disetor banyak syarat…Rumit Banget pokoknya

Riko
Guest
Riko

Orang-orang di KPP Terlalu Minus Ilmunya….Yang Datang Udah Gak Paham…..Tapi di Rumitkan lagi

imelda
Guest
imelda

saya belum dapat no seri dan password tidak pernah di rubah tapi tidak bisa.mohon penjelasan harus bagaimana untuk mendapatkan no seri faktur pajak

Admin
Admin

Anda bisa ajukan permintaan ulang password ke KPP

Leksi
Guest
Leksi

Ini gmn carax sy mau urus SPPT Cv tapi di minta pasword Inofa sama no Efaktur.

Admin
Admin

Mohon dapat dijelaskan kembali pertanyannya? SPPT itu adalah formulir untuk Pajak Bumi Bangunan, beda dengan SPT