Password Enofa dan Kode Aktivasi

  • Tahap awal yang harus dilakukan oleh PKP adalah mengajukan permohonan untuk mendapatkan Kode Aktivasi dan Password Enofa (diajukan dalam satu surat) ke KPP tempat PKP terdaftar. Persetujuan Kode Aktivasi diberikan melalui Surat Pemberitahuan Kode Aktivasi yang dikirim via pos ke alamat PKP. Hal ini ditujukan untuk menguji kebenaran alamat korespondensi PKP. Sedangkan, pemberitahuan Password Aktivasi/Enofa disampaikan melalui Surat Elektronik/email sesuai dengan alamat email yang didafarkan PKP. Tidak diperlukan persyaratan khusus untuk mengajukan permohonan ini, cukup mengisi dan menyampaikan formulir permohonan.

  • Setelah menerima keduanya, gunakan Password Enofa untuk mengakses alamat web Enofa pada URL https://efaktur.pajak.go.id/login. Pada halaman tersebut akan ditemui data Profil PKP dan berbagai data terkait lainnya, serta menu untuk mengubah data sekunder seperti alamat email yang didaftarkan.

  • Kode Aktivasi juga dapat di cek melalui web Enofa dengan masuk ke Menu Profile User. “Kode Aktivasi” digunakan untuk Regiter ETaxInvoice untuk yang pertama kalinya, sedangkan isian “Kode Aktivasi Efaktur Desktop” hanya akan digunakan jika User pernah melakukan Reset Aplikasi Client.

    enofa_ss_kode_aktivasi

  • Password Aktivasi/Enofa dapat dicek kembali pada inbox email sesuai alamat email yang didaftarkan. Email otomatis dikirimkan dari sistem efaktur DJP setelah mendapatkan persetujuan dari petugas KPP. Nama pengirim email adalah efaktur@pajak.go.id dengan nama Subject Permohonan Kode Aktivasi.

  • Di dalam menu Profile User pada web Enofa juga tersedia pilihan untuk melakukan perubahan Password Enofa dan juga perubahan alamat email. Kedua hal tersebut memang diberikan kebebasan untuk diubah sendiri sesuai kondisi dan kebutuhan PKP. Namun, disarankan untuk tidak perlu mengubahnya demi meminimalisir kekeliruan dan konsekuensi lanjutan atas perubahan tersebut.

 

  • Beberapa peraturan yang terkait dengan Kode Aktivasi, Password Enofa, Sertifikat Digital dan Passphrase, yaitu:

  • Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-20/PJ/2014 tentang tata cara permohonan kode aktivasi dan password, permintaan aktivasi akun pengusaha kena pajak dan sertifikat elektronik, serta permintaan, pengembalian, dan pengawasan nomor seri faktur pajak; dan

  • Pengumuman Direktur Peraturan Perpajakan I DJP Nomor PENG-3/PJ.02/2014 (tanggal 19 Desember 2014) tentang syarat dan ketentuan pemberian sertifikat elektronik.

51
Tinggalkan Komentar

avatar
18 Comment threads
33 Thread replies
0 Followers
 
Komentar dengan Voting terbanyak
Komentar dengan Balasan terbanyak
23 Comment authors
emasanudiRizalalbertNano Recent comment authors
  Subscribe  
terbaru terdahulu voting terbanyak
Notify of
emon
Guest
emon

aktivasi PKP sampai sekarang masih misteri.. tidak kerja seharian cuma urus aplikasi pajak yang sepertinya belum siap sama sekali ya

Admin
Admin

Pertanyaannya bagaimana?
Jika masukan atau keluhan bisa disampaikan langsung ke KPP atau kringpajak.

chandra
Guest
chandra

saya mau masuk ke enofa online untuk minta nomor faktur baru untuk tahun 2020, namun kok saya tidak bisa masuk ya? padahal password tidak pernah saya ubah2…. namun hari ini tgl 02 januari 2020 tiba2 saya tidak bisa masuk login dengan NPWP dan password yang sama ( dan tidak pernah saya ubah2 )

terpaksa saya harus masuk ke halaman lupa password, namun disana disuru isi NPWP, kode aktivasi dan email, tapi kode aktivasinya dapat dari mana? kalau dari halaman ini, dijelaskan saya harus dapat kode aktivasi setelah masuk ke halaman login, lah masuk saja tidak bisa gimana caranya dapet kode aktivasinya?

mohon bantuannya

Admin
Admin

Kode aktivasi selain cek dari dalam sistem setelah login, dapat cek juga melalui surat yang dikirimkan oleh KPP.

Apakah password tidak pernah diubah atau pernah pindah KPP?

ardel
Guest
ardel

saya mengalami hal yang sama, sudah masukkan kode aktivasi yang dikirimkan oleh KPP, password juga tidak pernah berubah, akan tetapi kami pindah KPP, adakah yang tau solusinya ? mohon infonya, terimakasih.

Admin
Admin

Jika pindah KPP akan ada password baru dari KPP yang baru dan melakukan register etax lagi

aisyah
Guest
aisyah

min, mau tanya apabila ingin pengajuan kode aktivasi kembali apakah direktur harus ikut juga atau boleh dikuasakan?

Admin
Admin

jika hanya terkait permintaan kode aktivasi maka Pengurus atau Direktur tidak perlu ikut, berbeda jika mengajukan Sertifikat Elektronik yang Direktur harus ikut

chandra
Guest
chandra

saya sudah bisa, ternyata harus daftsr ulang ke KPP pindahan dan minta kode aktivasi kembali, AR saya yg lama bilang katanya otomatis, ternyata tidak

Admin
Admin

Terima kasih Pak Chandra atas penjelasannya. Sehat selalu dan sukses ya Pak.

Riko
Guest
Riko

Pajak itu Rumit….sudah mau disetor banyak syarat…Rumit Banget pokoknya

Riko
Guest
Riko

Orang-orang di KPP Terlalu Minus Ilmunya….Yang Datang Udah Gak Paham…..Tapi di Rumitkan lagi

imelda
Guest
imelda

saya belum dapat no seri dan password tidak pernah di rubah tapi tidak bisa.mohon penjelasan harus bagaimana untuk mendapatkan no seri faktur pajak

Admin
Admin

Anda bisa ajukan permintaan ulang password ke KPP

Leksi
Guest
Leksi

Ini gmn carax sy mau urus SPPT Cv tapi di minta pasword Inofa sama no Efaktur.

Admin
Admin

Mohon dapat dijelaskan kembali pertanyannya? SPPT itu adalah formulir untuk Pajak Bumi Bangunan, beda dengan SPT

CV KARYA BARU
Guest
CV KARYA BARU

Bagaimana caranya kalau password enofa sudah lupa?

Admin
Admin

Bisa request kembali ke KPP, ajukan permohonan

raka
Guest
raka

Ketika mau log in ke e nofa, tidak bisa masuk. padahal password tidak pernah di rubah sama sekali. ko bisa ya? untuk klik lupa password juga, harus ada masukan kode aktifasi, sedangkan saya tidak tau kode aktifasiny. solusinya bagaimana ya? Terima kasih.

Admin
Admin

Apakah sekarang masih bermasalah?
Karena sempat down sistem DJP

velo
Guest
velo

apakah server DJP down kembali? karena dari kemarin saya mau log in ke E-nofa tapi tidak bisa sama sekali, telpon kring pajak juga tidak bisa. mohon infonya rekan.

Admin
Admin

Untuk memantau kondisi sistem DJP tiap waktunya coba install aplikasi A-JAK dari playstore.

sanudi
Guest
sanudi

terlalu banyak aplikasi yg harus dikuasai, kerjaan kita apa hanya ngurusi aplikasi?

via
Guest
via

Saya ingin masuk ke web enofa online, namun Error! Username dan password yang Anda masukkan Salah ! padahal tidak pernah ganti password dan terakhir login enofa sepertinya awal tahun, bagaimana solusinya ya? Karena saya coba dengan password yang ada tidak ada yg match

Admin
Admin

ini sudah yakin tidak ada salah ketik ya? gagal masuknya kapan terjadinya? ada kemungkinan sistem memang sedang ada trouble

defi
Guest
defi

saya juga tidak bisa login ke web enofa, tapi error pasword salah padahal beberapa hari yg lalu saya baru login dan pasword sdh sya save jadi biasanya tinggal klik login sdh bisa masuk. tapi hari ni tidak bisa login.
mohon bantuannya

Admin
Admin

jika sudah yakin tidak ada typo maka silahkan coba kembali esok hari ya, karena pada beberapa hari terakhir ada trouble

via
Guest
via

apakah password enofa sama dengan password yg diminta KPP saat permintaan data efaktur? karena pada saat saya minta data efaktur ke KPP diminta password enofa. kalau memang sama, saya yakin sudah benar. gagal masuknya terjadinya hari ini Pak/Ibu

Admin
Admin

ya betul password yang itu (selama memang tidak diubah-ubah sendiri), coba akses lagi besok ya, beberapa hari ini juga ada trouble server

via
Guest
via

apakah ada kemungkinan jika password enofa (misal tidak sengaja diubah), namun saat upload faktur pajak menggunakan password yg sama selalu berhasil?
karena saya pernah menanyakan apa itu password enofa (saat hendak meminta data faktur pajak di KPP), dan saya diberi info bahwa password enofa sama dengan password yg dimasukkan pada saat hendak upload faktur pajak di efaktur.
sampai dengan hari ini saya belum berhasil masuk ke enofa

Admin
Admin

Betul, password untuk login ke web enofa adalah sama dengan password untuk start uploader efaktur. Secara standar password diberikan oleh KPP namun WP bisa saja melakukan perubahan sendiri

Arif Rahman Hakim
Guest
Arif Rahman Hakim

Kode aktivasi selain cek dari dalam sistem setelah login, dapat cek juga melalui surat yang dikirimkan oleh KPP.
yang dipertanyakan kode aktivasi melalui surat yang dikirimkan oleh KPP belum kami terima ataupun kalau memang sudah dikirim ke alamat kantor kami tercecer entah kemana sehinga sampai saat ini kami belum bisa mengaktifkan enofa online nya.
mohon solusinya dari Admin … Terima kasih

Admin
Admin

Bisa mengajukan permintaan kembali ke KPP

Siwika
Guest

untuk pengguna baru Kode aktivasi tetap harus nunggu yang di kirim via pos, soalnya saya login di enofa harus masukkan kode aktivasi

Admin
Admin

betul, prosedur standar seperti itu, silahkan jika ada kesulitan atau menunggunya terlalu lama bisa konsultasi ke KPP

ade
Guest
ade

aplikasi enofa biasa error user dan password salah padahal sudah memasukkan yang bener…?

Admin
Admin

Silahkan teliti lagi penulisan username dan password, jika masih gagal, bisa cek status sistem menggunakan aplikasi ajak

bee
Guest
bee

Saya Mau lapor SPT, Namun Lupa Passphrase.
Saya mau dapatkan dari E Nofa, namun Passwordnya salah terus. Mau ganti Password juga Tidak tau kode akivasinya
Lapor ke KPP libur hari ini. Bukanya hari senin. Ada solusi?

Admin
Admin

lupa passphrase solusinya harus ajukan ulang sertifikat elektronik, lupa password solusinya minta ke KPP untuk dikirmi ulang, sebelum itu semua dilakukan bisa juga cek inbox email karena sewaktu awal dulu password dan passphrase juga dikirim lewat email, jika cek inbox email tidak ada maka harus ke KPP

bee
Guest
bee

Saya lupa password E Nofa
Saya juga Lupa kode Aktivasi dan tidak ada email bahkan sudah cari surat dari Pajak tidak ada
Apakah bisa d bantu?

Admin
Admin

jika kondisi begitu maka bisa minta ke KPP untuk dikirimi ulang password enofa

Riky
Guest
Riky

Bisa tidak minta surat elektronok tidak harus ke KPP? lewat online

Admin
Admin

Ini harus cek lagi ke KPP tempat terdaftarnya, bagi KPP yg saat ini masih meniadakan layanan tatap muka maka permintaan sertifikat jg dilakukan secara online

Nano
Guest

saya juga tidak bisa login ke web enofa, tapi error pasword salah padahal beberapa hari yg lalu saya baru login dan pasword sdh sya save jadi biasanya tinggal klik login sdh bisa masuk. tapi hari ni tidak bisa login.
mohon bantuannya

Admin
Admin

itu terjadinya kapan? beberapa waktu lalu memang sistem sedang ada trouble, silahkan dicoba lagi hari ini, untuk memantau kondisi sistem bisa jg dengan menginstal aplikasi Ajak pada handphone

albert
Guest
albert

sampai hari ini pun juga sama… tidak bisa login di efaktur.pajak.go.id padahal password ga pernah saya ubah. Anehnya password yang sama jika digunakan untuk cek faktur masukan prepopulated bisa berhasil.. tapi digunakan utk masuk ke laman efaktur.pajak.go.id tidak berhasil… system error kah ??

Admin
Admin

System tidak ada masalah, apakah pernah mengubah password enofa? Atau pindah KPP? Sudah coba pake private browser belum?

Rizal
Guest

FF 33

Admin
Admin

bisa diperjelas pertanyaannya?

ema
Guest
ema

selamat siang, saya pagi ini coba login ke E-Nofa
pertama kali login masih bisa masuk tapi ada error kalo Tidak terdaftar PKP padahal sudah terdaftar sejak lama.

Kemudian sata coba logout dan login lagi malah ada keterangan usernam atau password salah padahal saya tidak mengganti password..

Apakah ini sistem error ataukah saya harus aktivasi ulang ya?

Admin
Admin

ini dilakukannya kapan ya? beberapa waktu terakhir kondisi sistem memang sedang tidak stabil, jadi silahkan coba2 kembali di lain waktu