Aplikasi e-Faktur

  • Aplikasi e-Faktur diartikan sebagai aplikasi yang digunakan untuk menerbitkan faktur pajak. Aplikasi ini juga digunakan untuk membuat SPT PPN 1111 (aplikasi efaktur akan menggantikan Espt PPN).

  • Pembuatan faktur pajak secara elektronik/e-Faktur wajib dilakukan oleh PKP di Jawa dan Bali mulai untuk transaksi yang dilakukan tanggal 1 Juli 2015. Sedangkan diwajibkan untuk seluruh PKP di seluruh Indonesia mulai tanggal 1 Juli 2016.

  • Latar belakang diluncurkannya kebijakan ini ternyata disebabkan dari maraknya penggunaan Faktur Pajak Fiktif (faktur pajak yang tidak sesuai ketentuan) sehingga banyak pihak telah dirugikan dan juga bertujuan untuk lebih merapikan data faktur pajak yang selama ini masih ditemui belum sesuai.

  • Dalam menjalankan aplikasi e-Faktur diperlukan koneksi internet yang digunakan untuk upload data faktur sebelum faktur pajak bisa dicetak. Upload data dilakukan untuk memperoleh approval/validasi/persetujuan dari DJP terhadap data faktur yang dibuat.

  • Bentuk persetujuan tersebut adalah berupa QR Code (quick response code) yang secara otomatis akan tertempel di lembaran faktur pajak setelah proses upload berhasil dilakukan. Jika faktur pajak tertanggal setelah 1 Juli 2015 namun tidak ada QR Code, maka faktur tersebut dianggap tidak sah.

  • Dalam menjalankan e-Faktur terdapat tahapan upload data via internet, sehingga harus dibuat mekanisme yang bisa mengatur legalitas subjek hukum yang melakukan upload data tadi, atau dapat diistilahkan sebagai pengaman agar hanya pihak yang bertanggungjawablah yang bisa melakukan upload. Pihak tersebut adalah Pengurus/Direktur (yang mewakili PKP/perusahaan).

  • Pengaman yang dimaksud adalah berupa Sertifikat Digital dan Passphrase. Dua hal tersebut harus diurus terlebih dahulu ke KPP sebelum bisa menjalankan aplikasi e-Faktur, dan diurus langsung oleh Pengurus tanpa bisa diwakilkan/dikuasakan.

  • Aplikasi ini nantinya harus dijalankan melalui komputer, baik itu PC, notebook ataupun jenis lainnya. Lalu bagaimana jika PKP tidak punya Komputer? Jawabannya ya harus punya komputer. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan komputer, antara lain:

    • Perangkat Keras:

      • Processor Dual Core

      • 3 GB RAM

      • 50 GB Harddisk space

      • VGA dengan minimal resolusi layar 1024×768

      • Mouse

      • Keyboard

    • Perangkat Lunak:

      • Sistem Operasi : Linux / Mac OS / Microsoft Windows

      • Java versi 1.7/lebih tinggi

      • Adobe Reader

      • Terhubung dengan jaringan internet baik direct connection ataupun proxy. (disarankan direct connection)

    • Pastikan Versi Operating System

      • Windows 32 bit

      • Windows 64 bit

      • Linux 32 bit

      • Linux 64 bit

      • Mac 32 bit

      • Mac 64 bit

  • Dengan memenuhi spesifikasi diatas, maka aplikasi e-Faktur dapat dijalankan dengan lancar. Sebagai tambahan, bahwa aplikasi e-Faktur bukanlah aplikasi yang diinstall ke PC (berbeda dengan espt). e-Faktur bersifat plug and play, sehingga dalam pengoperasiannya pun bisa lebih mudah dan dapat disimpan dalam media simpan eksternal.

  • Aplikasi e-Faktur juga telah menyediakan pengaturan hubungan antar beberapa komputer melalui LAN (Local Area Network). Misalnya, pada suatu divisi pajak beranggotakan beberapa orang staf yang dikepalai oleh seorang manager maka dapat dibuatkan pembagian tugas yang spesifik. Staf akan melakukan entry data faktur, sedangkan manager akan melakukan review. Semua dilakukan menggunakan komputernya masing-masing dengan hubungan server-client melalui LAN.

  • e-Faktur pada prinsipnya tidak mengubah aturan umum tentang PPN, seperti tentang saat dan tempat terutangnya PPN, penggunaan jatah Nomor Seri Faktur Pajak, maupun tentang penggolongan Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak sebagai objek PPN. Hal yang berubah hanya berkisar tentang bagaimana cara teknis menerbitkan faktur pajak.

Author: @infoefaktur

Artikel ditulis oleh @infoefaktur

25 thoughts on “Aplikasi e-Faktur

    1. Hi Pak Edwin,
      Untuk Mac versi 32bit memang tidak diprovide oleh DJP.
      Mac hanya support versi 64 bit.
      Jika hanya ada 1 platform di tempat Bapak, bisa menggunakan virtualisasi misalnya Virtual Box, di install Linux atau OS lainnya.
      Terima kasih

    1. Samapai hari ini saya coba untuk Download juga belum bisa… padahal tagihan ke Customer sudah kepending lama..lama… dan tidak bisa diproses tanpa adanya faktur pajak hik..hik…

          1. Admin, kami sudah migrasi EFaktur dari Lin32 bit ke 64 bit. Jika ada rekan-rekan yang bermasalah dalam menjalankan Efaktur di linux, misalnya pengen supaya user non-root bisa running Efaktur, boleh tanyakan ke saya. Saya juga sudah buat script (shortcut di dekstop user) supaya user biasa bisa running atau kill efaktur (jika aplikasi hang) dengan akses non-root. Terima-kasih atas bantuannya, admin.

          2. Terima kasih. Rekan-rekan yang kesulitan bisa reply disini, nanti akan dibantu rekan Markisa 🙂
            Btw, jika Anda bisa membuat summary-nya boleh dikirim ya. Sukses ya

          3. Boleh di komentar ini, atau di email ke support at barcodefaktur.com, jika di-ijinkan kami akan jadikan artikel.

      1. Itu dia, Pak. Masalahnya, server kami rusak dan kami harus migrasi ke linux 64 bit. Kami saat ini cuma punya master yang paling pertama dulu, dan saat dijalankan, aplikasi coba update ke versi 1.0.0.46, yang tentu saja tidak bisa dilakukan karena server efaktur rusak. Sebenarnya yang dibutukan cuma file ETax* karena file-file itulah yang menentukan, library *.86_64 (64 bit) atau i586/i686 (32 bit) yang dipanggil, serta direktori update. Direktori java dan lib sendiri tidak banyak berbeda (berisi file jar; tidak banyak perubahan sejak 2014/2015). Mengapa dirjen pajak kesulitan membuat server ftp sederhana, ya?
        Btw, terima-kasih sebelumnya.

  1. Dear Admin
    Saya memiliki kendala saat hendak import sertifikat, dikatakan bahwa passphrase saya salah. dan saya mendapatkan pemberitahuan bahwa saya harus reset aplikasi saya, namun saat saya hendak reset sertifikat login saya tidak dapat diterima.
    Bagaimana cara untuk reset aplikasi e-faktur saya?
    Terima Kasih

    1. Jika memang keliru passphrase maka coba cek lagi penulisannya, cocokan dengan passphrase yg dulu pernah dibuat, bisa cek juga lewat email. Tidak ada hubungan keliru passphrase dengan melakukan reset aplikasi, itu untuk 2 hal yg sangat beda.
      Reset dilakukan hanya jika: pindah domisili KPP terdaftar dan hilang file database

        1. Apakah Anda yakin ini kekeliruannya soal passphrase? Bukan password enofa ya? Coba bisa diinfokan tampilan error yg ditemui seperti apa.

          Jadi Anda akan menerima email salinan passphrase ke email terdaftar. Pastikan password yang dimasukkan adalah password passphrase bukan password lainnya.

          Sebagai informasi tambahan mengenai passphrase
          https://pajak.efaktur.id/2016/07/15/sertifikat-digital-dan-passphrase/

          Tambahan lainnya
          Solusi jika salah passphrase bukan reset aplikasi

  2. semi spec requirement Sudan lengkap pak
    sewaktu menjalankan ./ETaxInvoice
    saya kena error problem
    Error occurred during initialization of VM
    java/lang/NoClassDefFoundError: java/lang/Object

    kira2 apa ya pak solusinya ??

      1. terimakasih atas feedbacknya pak
        sudah beres pak , ternyata programnya yang crash gara2 saya cleaning pake aplikasi cleanmymac , kemarin sy download file efaktur baru sudah berhasil tinggal copy db

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *