Aplikasi Efaktur, Versi Simulasi

  • Diperlukan kehati-hatian yang lebih dalam untuk dapat mengoperasikan aplikasi e-Faktur. Terdapat juga tahapan yang tidak dapat dijadikan sebagai latihan atau coba-coba dan hanya dapat dilakukan sekali saja untuk tiap NPWP. Di samping aplikasi e-Faktur versi Live, sebagai sarana latihan juga disediakan versi aplikasi e-Faktur offline yang lebih dikenal dengan istilah Aplikasi Simulasi/Dummy. Sangat disarankan untuk menggunakan Aplikasi Simulasi terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan Aplikasi Live.

  • Karena aplikasi versi Simulasi/Dummy hanya diperuntukan untuk latihan dan bersifat offline, maka terdapat beberapa menu yang berbeda/ditutup dengan aplikasi versi live. Namun dari itu semua sebenarnya sudah cukup untuk dijadikan sarana berlatih.

  • Aplikasi Simulasi/Dummy akan menutup tahapan Register Etax Invoice (didalamnya terdapat impor Sertifikat Digital) dan Register User. Pada Aplikasi Simulasi/Dummy, preview awal yang akan muncul langsung meminta untuk Login Etax Invoice. User pada Aplikasi Simulasi telah dibuat standar yaitu Admin dengan password 123. Tahapan/menu yang tidak dapat dibuka pada Aplikasi Simulasi dapat dilihat panduannya melalui video tutorial.

  • Lakukan percobaan/simulasi entry data pada tiap menu untuk mengetahui gambaran informasinya. Jangan segan-segan untuk membuka Menu Help yang berisi panduan rinci tentang cara penggunaan tiap Menu yang ada.

  • Aplikasi Simulasi/Dummy juga sudah mengakomodir untuk setting LAN ataupun mekanisme ekspor-impor data. Hanya yang berhubungan dengan koneksi internet dan data primer confidential yang melekat pada PKP saja yang ditutup aksesnya.

  • Berikut hal yang harus dilakukan untuk menjalankan aplikasi:

    • Ekstrak efaktur-dummy.zip dengan aplikasi untuk membuka file zip (contohnya menggunakan winrar atau winzip)

    • Double klik pada file ETaxInvoice.exe untuk membuka aplikasi

    • Akan muncul error ETAX-40001 (terjadi karena tidak tersedia koneksi internet, abaikan saja lalu klik Ok)

    • Pada Menu Pilih Database Pastikan “Lokal Database” lalu klik Connect

    • Pada menu Login ETax Invoice, isi Nama User: Admin (A huruf Kapital) dan Password: 123

    • Klik Login

    • Jika nama PT Sinchan telah muncul maka aplikasi sudah dapat digunakan. Input lebih dulu data jatah NSFP pada menu Referensi. Menu management upload ditutup aksesnya karena terkait dengan koneksi internet yang hanya digunakan pada versi aplikasi live.

6
Tinggalkan Komentar

avatar
3 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Komentar dengan Voting terbanyak
Komentar dengan Balasan terbanyak
3 Comment authors
AdminAsri Aacas Recent comment authors
  Subscribe  
terbaru terdahulu voting terbanyak
Notify of
trackback

[…] Sumber: efaktur.id […]

acas
Guest
acas

Terima Kasih banyak…. Sangat membantu

Asri A
Guest
Asri A

Terima kasih, semoga bisa belajar lewat sini akunya. Tapi ini aman kan ya kalau di pake untuk input berulang ulang kali?

Admin
Admin

Aplikasi efaktur versi simulasi ini aman digunakan untuk coba-coba dengan data apapun.

Asri A
Guest
Asri A

Saya lagi coba faktur keluaran, min. Di input faktur > tab Dokumen Transaksi > Nomor Seri Faktur sama Referensi Faktur.
Saya mau tanya min, Nomor Seri Faktur diisi berdasarkan apa ya? Kan saya lagi belajar. Soalnya tadi saya lanjutkan, gak bisa. Malah ada notifikasi sbb :
“ETAX – 30029 : Nomor Faktur tidak benar
NOMOR FAKTUR 010000150000001 tidak diperkenankan untuk tanggal faktur 12/03/2020”

Mohon arahannya, min
Terima kasih

Admin
Admin

Perhatikan ketika memasukkan range nomor efaktur pada referensi nomor efaktur. Kode contoh diatas untuk digunakan tahun 2015. Sehingga muncul error tersebut.